Model Pengayaan Bahasa Inggris

Model program pengayaan mata pelajaran bahasa Inggris SMP kelas IX



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Program Pengayaan
SMP/MTs : SMP..................
Mata pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas/ Semester : IX/ 1
Waktu :
Standar Kompetensi :
12. Mengungkapkan makna dalam teks tulis fungsional dan esei pendek sederhana berbentuk narrative dan report untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari (menulis).
Kompetensi Dasar :
12.2 Mengungkapkan makna dan langkah retorika dalam esei pendek sederhana dengan menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari dalam teks berbentuk narrative dan report.
Indikator :
a. Menulis frasa untuk mendeskripsikan sesuatu (misalnya tentang anjing)
b. Menulis kalimat untuk mendeskripsikan sesuatu (misalnya tentang anjing) secara umum.
c. Menulis paragraph dengan langkah retorika general classification dan description.
d. Menulis teks report sederhana misalnya tentang binatang anjing.
I. Tujuan Pembelajaran
Pada akhir pembelajaran, siswa dapat
a. menulis frasa untuk mendeskripsikan sesuatu (anjing),
b. menulis kalimat untuk mendeskripsikan sesuatu (anjing),
c. menulis paragraph dengan langkah retorika general classification dan description, dan
d. menulis teks report di atas sederhana misalnya tentang binatang anjing.
II. Materi pembelajaran
1. Vocabulary yang terkait dengan binatang anjing, misalnya dog, ears, fangs, loyal, watch, dan bark, dan latihannya (lihat bahan ajar/ power point)
2. Spelling and punctuation dan latihannya (lihat bahan ajar/power point)
3. Phrases, misalnya sharp fangs, dog food, its tail,dan the dog in the cage, dan latihannya (lihat bahan ajar/point)
4. Communicative purpose dari teks report dan latihannya (lihat bahan ajar/power point)
5. Sentences dan latihannya (lihat bahan ajar/power point):
Misalnya:
Ø Dogs are pet animals.
Ø They are men’s best friends because they are very loyal.
Ø They watch their masters’ homes very well.
6. Paragraf dan latihannya (lihat bahan ajar dan power point)
Misalnya
Dogs are pet animals. They are men’s best friends because they are very loyal. They eat meat.
7. Contoh teks esei report dan langkah retorikanya dan latihannya (lihat bahan ajar/power point):
Langkah retorika
Contoh teks
General classification
Galaxies
A galaxy is a collection of stars and other astronomical bodies, including planets, comets and asteroids, held together by gravity.
Description
Galaxies come in different shapes and sizes. These include the spiral, barrel-spiral and elliptical. Our galaxy, called the Milky Way, is approximately 100,000 light years in width and contains over 100 billion stars.
The centre of galaxies can contain many young, very hot stars as well as older stars. Swirling clouds that have been energized by magnetic forces also exist in the centre.
At this point in time, no one knows the exact number of galaxies in the universe. Astronomers are, however, learning more and more about them everyday.
III. Metode Pembelajaran / teknik:
Pembelajaran bersifat individual atau dalam kelompok kecil sesuai dengan kecepatan belajar masing-masing siswa atau kelompok kecil siswa.
IV. Langkah-langkah kegiatan Pembelajaran:
Siswa:
1. menjawab pertanyaan tentang tujuan komunikatif teks report dan langkah retorika teks report yang mereka telah pelajari sebelumnya.
2. mendeskripsikan anjing-anjing berdasarkan foto yang diberikan.
3. menterjemahkan frasa dan kalimat yang terkait dengan anjing.
4. secara berkelompok menulis teks report tentang anjing dengan empat langkah.
5. melakukan konferensi dengan guru untuk memperbaiki teksnya.
6. secara individu menulis teks report tentang benda, tempat, orang atau binatang yang ada disekitar kehidupan mereka pada tingkat yang lebih tinggi dari kegiatan menulis report sebelumnya.
7. memperhatikan tugas terstruktur yang diberikan guru untuk memantapkan kompetensi menulis report.
8. memperhatikan harapan-harapan dan nasehat yang disampaikan guru .
V. Sumber dan Media belajar:
a. Buku teks yang relevan
b. Power point.
c. Gambar-gambar binatang.
d. Laptop dan LCD
e. Handout
VI. Tugas Terstruktur
a. Siswa mengidentifikasi langkah retorika teks report dari clipping teks report tentang benda, tempat, binatang atau orang yang mereka kumpulkan.
b. Tugas menulis individu teks report sesuai dengan tema yang disukai pada tingkat yang lebih tinggidari kegiatan menulis report sebelumnya
VII. Penilaian
Guru melakukan penilaian dengan ketentuan sebagai berikut:
a. Teknik penilaian: Portofolio
b. Bentuk: tes tulis
c. Instrumen penilaian:
Writing test
SMP ......
Class......
SK no. 6 KD 6.1
Report text
Time ......
Instructions:
Write down:
1. Some phrases about elephant.
2. Develop your phrases into sentences.
3. Arrange your sentences into a good order.
4. Combine your sentences into 2 paragraphs following the generic structure of report text:
a. General classification
b. Description
d. Rubrik penilaian:
ASPEK
SKOR
KETERANGAN
LANGKAH RETORIKA
4
3
2
1
Berstruktur sesuai jenis report secara maksimal.
Berstruktur minimal sesuai jenis report.
Pilihan teks tidak jelas
Tidak berstruktur dan sulit dipahami
TATA BAHASA DAN VOCABULARY
4
3
2
1
Benar dan tepat
Terkadang kurang tepat tapi tidak mempengaruhi arti.
Kurang tepat dan mempengaruhi arti.
Sulit dimengerti.
KEJELASAN MAKNA
4
3
2
1
Sangat jelas dan sangat efektif.
Cukup jelas dan efektif.
Jelas tapi tidak efektif
Kurang jelas
HUBUNGAN GAGASAN ANTAR GAGASAN
4
3
2
1
Sangat jelas.
Cukup jelas.
Kurang jelas.
Tidak jelas
e. Pedoman Penilaian:
1. Jumlah skor maksimal per siswa: 16.
2. Nilai siswa diperoleh dengan cara membagi jumlah nilai perolehan dengan 16 dikali 100.
Misal:
Mengetahui:
Kepala Sekolah


Guru Mata Pelajaran

RPP Bahasa Inggris SMP Kelas 9

Salah satu pengunjung ada yang yang meminta agar postingan contoh RPP nya lebih lengkap, nah untuk itu berikut ini adalah RPP Bahasa Inggris untuk kelas IX pada semester 2 yang lebih lengkap. Mudah-mudahan bagi yang memerlukan ada mampaatnya. Tapi jangan lupa tuk kasih komentarnya ya...


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

SMP/MTs :

Kelas/Semester : IX (Sembilan) / 2

Standar Kompetensi : 7. Memahami makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal lisan pendek sederhana untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari

Kompetensi Dasar : 7.1 Merespon makna yang terdapat dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) pendek sederhana secara akurat, lancar, dan berterima untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari yang melibatkan tindak tutur mengungkapkan kesantunan

Jenis teks : Transactional / Interpersonal

Aspek/Skill : Mendengarkan

Alokasi Waktu : 2 x 40 menit

1. Tujuan Pembelajaran

Pada akhir pembelajaran siswa dapat:

  1. mengungkapan kesantunan
  2. merespon ungkapan kesantunan.

2. Materi Pembelajaran

  1. Teks transaksional/interpersonal yang menggunakan ungkapan kesantunan.

Susi : Good morning Mrs. Tuti.

Mrs. Tuti : Good morning Susi. What are you doing?

Susi : I’m looking for a book. Could you do a favor for me?

Mrs. Tuti : What is it?

Susi ; I need a book about art. Would you mind showing me about it.

Mrs. Tuti : No, of course not. Can you look for it on the shelf over there.

Susi : Umm… I have searched it but I haven’t found it.

Would you please look for it together.

Mrs. Tuti : I have two books of art. Both of them are “The Seven Wonders

of the World” and “Some Popular Indonesian Painters”.

Do you like both of them?

Susi : Really? Can you lend me the second, please?

Mrs. Tuti : I’ll lend it, if you give it back soon.

Susi : Certainty. I’ll return it immediately. Thank you.

Mrs. Tuti : You’re welcome.

Expressions to ask someone to do thing politely and the responses

Expressions

Responses

Please …

Could you please …

Can you please …

Would you please …

I would like you to …

I wish you would …

Could you do me a favor?

Could I ask you a favor?

Could you do a favor for me?

Would you mind …ing?

Would you mind if I ask you to …?

Ok.

All right.

Certainty.

Of course.

I’d be glad to.

I’d be happy to.

No, I wouldn’t mind.

No, of course not.

No, not at all.

No problem.

No trouble at all.

  1. Kosakata yang terkait tema/jenis teks,

3. Metode/Teknik Pembelajaran

Three-phase technique

4. Langkah-langkah Kegiatan

a. Kegiatan Pendahuluan

1) Salam dan tegur sapa

2) Mengabsen siswa

3) Memberikan motivasi dengan cara bertanya jawab tentang current issues.

b. Kegiatan Inti

1) Bertanya jawab tentang gambar yang berkaitan dengan tema.

2) Membahas kosakata dan tata bahasa yang dipakai dalam percakapan yang menggunakan ungkapan-ungkapan kesantunan.

3) Mendengarkan dan menirukan kalimat-kalimat yang diucapkan oleh guru.

4) Mendengarkan percakapan-percakapan yang menggunakan ungkapan-ungkapan kesantunan.

c. Kegiatan Penutup

1) Siswa mengungkapkan kesulitan yang dialami selama PBM

2) Menyimpulkan materi pembelajaran

3) Menugaskan siswa membuat percakapan pendek berisi ungkapan kesantunan.

5. Sumber Belajar

a. LKS Bahasa Inggris, Quadra Mitra melati, Majalengka, 2007

b. Let’s Talk, Pakar Raya, Bandung, 2005

c. Buku teks lain yang relevan

d. CD berisi rekaman kejadian bencana alam dan percakapan

6. Penilaian

a. Indikator : - Mengungkapkan kesantunan

- Merespon ungkapan kesantunan

b. Teknik : tes lisan, tertulis dan unjuk kerja

c. Bentuk : Merespon pertanyaan, pilihan ganda, melengkapi dialog rumpang

d. Instrumen :

I. Listen to the expressions and give your response orally!

1. Could you do a favor for me?

____________________________________________

2. I wish you would clean the gamelan instruments in the warehouse?

_____________________________________________

3. Would you mind showing mea new magazine?

____________________________________

4. Would you mind if I ask you to accompany me?

___________________________________________

5. Could you please support me to be an artist?

_______________________________________

II. Listen to your teacher carefully. As you listen, fill in the blanks with the words from the dialogue.

Irma : Hi, Gilang.

Gilang : Hi, Irma.

Irma : ……….. you ………. accompanying me to watch the dancing competition tomorrow?

Gilang : No, I wouldn’t mind.

Irma : …………? I don’t want to inconvenience you.

Gilang : …………... I’d be glad to.

Irma : Thank you. I really ………… it.

III. Choose the correct answer based on the dialog

1. Where does the dialog take place?

a. in the library b. In the market c. At home d. In the classroom

2. Who is involved in the dialog?

a. Susi and her friend c. Susi and her sister

b. Susi and a librarian d. Susi and her teacher

3. What is Susi looking for in the school library?

a. a novel b. a comic c. English book d. art book

4. Does Susi find the book she wants by herself?

a. Yes, she is b. Yes, she does c. No, she isn’t d. No, she doesn’t

5. Which book does Susi want to borrow, The Seven Wonders of the World or

Indonesian Painters?

a. Indonesian painters c. Both of them

b. 7 wonder of the word d. None

e. Pedoman Penilaian

1. Untuk bagian I, tiap jawaban yang benar skornya 3.

2. Untuk bagian II, tiap jawaban yang benar, diberi skor 2.

3. Untuk bagian III, tiap jawaban yang benar skornya 1.

4. Jumlah skor maksimal I 5 x 3 = 15

II 5 x 2 = 10

III 5 x 1 = 5

Jumlah 30

5. Nilai maksimal = 10

6. Nilai Siswa =

f. Rubrik Penilaian

Bagian

Uraian

Skor

I

Isi benar, tata bahasa benar

Isi benar, tata bahasa kurang tepat

Isi dan tata bahasa kurang tepat

Tidak menjawab

3

2

1

0

II

Setiap jawaban yang benar

Setiap jawaban yang salah/tidak dijawab

2

0

III

Setiap jawaban yang benar

Setiap jawaban yang salah/tidak dijawab

1

0

Majalengka,

Mengetahui

Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

SMP/MTs :

Kelas/Semester : IX (Sembilan) / 2

Standar Kompetensi : 7 Memahami makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal lisan pendek sederhana untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari

Kompetensi Dasar : 7.2 Merespon makna yang terdapat dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) pendek sederhana secara akurat, lancar, dan berterima untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari yang melibatkan tindak tutur memberi berita yang menarik perhatian, dan memberi komentar terhadap berita

Indikator : - Merespon ungkapan memberi berita yang menarik perhatian

- Merespon ungkapan memberi komentar terhadap berita

Jenis teks : Transactional / Interpersonal

Tema : Public Service

Aspek/Skill : Mendengarkan

Alokasi Waktu : 2 x 40 menit

1. Tujuan Pembelajaran

Pada akhir pembelajaran, siswa dapat:

a. Merespon ungkapan memberi berita yang menarik perhatian

b. Merespon ungkapan memberi komentar terhadap berita

2. Materi Pembelajaran

Listen to the dialogue then answer the questions.

Farida : You don’t look yourself today. What’s up, Dad?

Mr. Hasan : I’ve got bad news.

Farida : Well, tell me about it.

Mr. Hasan : I dropped my credit card on the way to the office this morning.

Farida : You haven’t found it, have you?

Mr. Hasan : No, I haven’t. I went to the police station to report it. Then, I called the bank to block my account.

Farida : I’m sorry to hear that. I hope you find it as soon as possible.

a. Ways of expressing yourself when you want to attract someone’s attention to what you are going to say.

Ø Believe it or not.

Ø Do you know something?

Ø Do you know what?

Ø Guess what?

Ø Hey, have you heard that ….?

Ø I’ve got hot news.

Ø I’ve got something to tell you.

Ø Know something?

Ø Know what?

Ø Let me tell you about it.

Ø Listen to this.

Ø Listen. This is about ….

Ø That’s about ….

Ø Want to know something?

b. Ways of expressing yourself when someone tells you interesting news.

Ø Are you joking?

Ø Oh?

Ø Oh, that’s good news.

Ø Oh really? Tell me (more) about it.

Ø That’s fantastic!

Ø That’s terrific!

Ø That’s surprising!

Ø Unbelievable.

Ø What?

Ø Well, tell me (more) about it (that).

Ø Well, what can I say?

Ø Wow, that’s great!

Ø Where? Show me.

Ø You don’t mean that.

Ø You’re not serious, (are you?)

Ø You must be joking.

3. Metode Pembelajaran: three-phase technique

4. Langkah-langkah Kegiatan

a. Kegiatan Pendahuluan

1. Salam dan tegur sapa

2. Mengabsen siswa

3. Memberikan motivasi dengan cara bertanya jawab tentang current issues.

b. Kegiatan Inti

1. Bertanya jawab tentang gambar yang berkaitan dengan tema.

2. Membahas kosakata dan tata bahasa yang dipakai dalam percakapan yang menggunakan ungkapan-ungkapan memberi berita yang menarik perhatian, dan memberi komentar terhadap berita.

3. Mendengarkan dan menirukan kalimat-kalimat yang diucapkan oleh guru.

4. Mendengarkan percakapan-percakapan yang menggunakan ungkapan-ungkapan memberi berita yang menarik perhatian, dan memberi komentar terhadap berita.

c. Kegiatan Penutup

1. Siswa mengungkapkan kesulitan yang dialami selama PBM

2. Menyimpulkan materi pembelajaran

3. Menugaskan siswa membuat percakapan pendek berisi ungkapan memberi berita yang menarik perhatian, dan memberi komentar terhadap berita.

5. Sumber belajar

a. LKS Bahasa Inggris, Quadra Mitra melati, Majalengka, 2007

b. Let’s Talk, Pakar Raya, Bandung, 2005

c. Script percakapan dan/atau rekaman percakapan

d. Gambar-gambar yang relevan

6. Penilaian

a. Teknik: tes tertulis

b. Bentuk: isian

c. Instrumen:

Complete the following short dialogues with the suitable expressions .

1. X : Listen to this! Sissy is falling in love again.

Y : _________________________________________________________________

2. X : Have you heard that rupiah has risen significantly recently.

Y : _________________________________________________________________

3. X : Believe it or not. Ancient people didn’t go to a bank to save their money. They keep it in their houses.

Y : _________________________________________________________________

4. X : Want to know something? The customers can cash travelers’ checks here.

Y : _________________________________________________________________

5. X : Do you know what? We do not have to bring money anymore if we have an ATM card.

Y : _________________________________________________________________

d. Pedoman Penilaian

1. Untuk tiap nomor, tiap jawaban benar skor 3

2. Jumlah skor maksimal x 3 = 15

3. Nilai maksimal = 10

4. Nilai Siswa =

e. Rubrik Penilaian

Uraian

Skor

Isi benar, tata bahasa benar

Isi benar, tata bahasa kurang tepat

Isi dan tata bahasa kurang tepat

Tidak menjawab

3

2

1

0

Majalengka,

Mengetahui

Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

SMP/MTs :

Kelas/Semester : IX(Sembilan) / 2

Standar Kompetensi : 8. Memahami makna dalam teks lisan fungsional dan monolog pendek sederhana berbentuk narrative dan report untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari

Kompetensi Dasar : 8.1 Merespon makna yang terdapat dalam teks lisan fungsional pendek sederhana secara akurat, lancar, dan berterima untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari

Indikator :

· Mengidentifikasi informasi dalam teks fungsional surat

· Mengidentifikasi makna dalam teks lisan fungsional surat

· Mengidentifikasi ciri-ciri kebahasaan surat pribadi

Jenis teks : teks lisan fungsional

Tema : Arts

Aspek/Skill : Mendengarkan

Alokasi Waktu : 2 x 40 menit

1. Tujuan Pembelajaran

Pada akhir pembelajaran, siswa dapat:

a. Mengidentifikasi informasi dalam teks fungsional surat

b. Melengkapi teks fungsional surat dengan kata yang tepat

c. Mengidentifikasi makna dalam teks lisan fungsional surat

d. Mengidentifikasi ciri-ciri kebahasaan surat pribadi

2. Materi Pembelajaran

a. Teks fungsional pendek Surat pribadi

b. Timetable dan rekaman

3. Metode Pembelajaran: three-phase technique

4. Langkah-langkah Kegiatan

a. Kegiatan Pendahuluan

1) Salam dan tegur sapa

2) Mengabsen siswa

3) Memberikan motivasi dengan cara bertanya jawab tentang current issues.

b. Kegiatan Inti

1) Bertanya jawab tentang berbagai hal terkait tema / topik dan ungkapan terkait materi.

2) Mengembangkan kosa kata terkait tema / topik yang dipilih.

3) Melengkapi sebuah surat pribadi yang menggunakan kata-kata yang diperdengarkan.

4) Menjawab pertanyaan tentang isi dan struktur percakapan.

c. Kegiatan Penutup

1) Siswa mengungkapkan kesulitan yang dialami selama PBM

2) Menyimpulkan materi pembelajaran

.

5. Sumber belajar

a. LKS Bahasa Inggris, Quadra Mitra melati, Majalengka, 2007

b. Let’s Talk, Pakar Raya, Bandung, 2005

c. Surat Pribadi

d. Gambar-gambar yang relevan

6. Penilaian

a. Teknik: tes lisan

b. Bentuk: menjawab pertanyaan secara lisan

c. Instrumen:

You will hear the letter read by the teacher. Complete the letter while you’re listening

Jl. Gora 186

Majalengka

October20, 2007

Dear Cherly,

I am glad to write this letter to you. It’s nice to have a pen pal. We can ………….. letters. I hope you’re always fine. I have something about ……………. on Lebaran Day in my region.

On the eve of Idul Fitri, groups of people go in cars to announce the end of the fast and the beginning of Lebaran. On the long way we shout ………………. It is called “Malam Takbiran”.

In the morning after my family …………….. from the mass pray, it is time to ask for …………………. for all the sins committed, from parents and elderly people. After kneeling down and kissing ………. the whole family starts to take the special meal of the day called “…………..”. Do you know ketupat, Cherly? It is a …… cake in a rhombus-shaped wrap made of plaited young coconut ……………. It is usually eaten with rendang.

How about your …………………….. in your country, Singapore? Please tell me about it? I am looking forward from you soon.

Yours,

Delia

Write the missing words while listening to the teacher!

1. …………………………… 6. ………………………………

2. …………………………… 7. ………………………………

3. …………………………… 8. ………………………………

4. …………………………… 9. ………………………………

5. ………………………….. 10. …………………………….

Answer these questions below based on the letter above!

1. Who sends the letter?

…………………………………………………………………………

2. When is the letter written?

…………………………………………………………………………

3. Who is the letter addressed to?

…………………………………………………………………………

4. When do the people shout takbiran?

…………………………………………………………………………

5. When does the whole family ask for forgiveness for their sins committed?

…………………………………………………………………………

d. Pedoman Penilaian

1. Untuk bagian I, tiap jawaban yang benar skornya 1

2. Untuk bagian II, tiap jawaban yang benar, diberi skor 2.

3. Jumlah skor maksimal I 10 x 1 = 10

II 5 x 3 = 15

Jumlah 25

7. Nilai maksimal = 10

8. Nilai Siswa =

g. Rubrik Penilaian

Bagian

Uraian

Skor

I

Setiap jawaban yang benar

Setiap jawaban yang salah/tidak dijawab

1

0

II

Isi benar, tata bahasa benar

Isi benar, tata bahasa kurang tepat

Isi dan tata bahasa kurang tepat

Tidak menjawab

3

2

1

0

1.

Majalengka,

Mengetahui

Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

SMP/MTs :

Kelas/Semester : IX (Sembilan) / 2

Standar Kompetensi : 8. Memahami makna dalam teks lisan fungsional dan monolog pendek sederhana berbentuk narrative dan report untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari

Kompetensi Dasar : 8.2 Merespon makna yang terdapat dalam monolog pendek sederhana secara akurat, lancar, dan berterima untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari dalam teks berbentuk narrative dan report

Indikator :

· Merespon berbagai informasi yang terdapat dalam monolog

· Melengkapi monolog berdasarkan rekaman

Jenis teks : monologue (narative/report)

Tema : Sport Events

Aspek/Skill : Mendengarkan

Alokasi Waktu : 2 x 40 menit

1. Tujuan Pembelajaran

Pada akhir pembelajaran, siswa dapat merespon makna dalam:

a. Menulis hal-hal yang rinci dalam suatu rekaman monolog

b. Memilih jawaban yang tepat berdasarkan informasi dalam rekaman

c. Melengkapi monolog rumpang

2. Materi Pembelajaran

· Gambar, rekaman monolog dan pilihan jawaban

· Rekaman ‘Football in Great Britain’, daftar pertanyaan

· Rekaman suara dan gambar

3. Metode Pembelajaran: three-phase technique

4. Langkah-langkah Kegiatan

a. Kegiatan Pendahuluan

· Tanya jawab tentang rekaman yang akan dibaca

· Mendengarkan cerita tentang kisah yang tak terlupakan dari guru/siswa

b. Kegiatan Inti

· Menentukan jawaban dari kalimat-kalimat rumpang berdasarkan pilihan jawaban yang tersedia

· Memilih jawaban yang tepat untuk pertanyaan-pertanyaan berdasarkan rekaman monolog ‘Football in Great Britain

· Melihat apa saja yang terdapat dalam toko buah (dalam gambar)

· Menulis apa saja yang dibeli Jean di toko buah

· Melengkapi monolog rumpang ‘Martin Rogers and The Shepherd’

c. Kegiatan Penutup

· Menanyakan kesulitan siswa selama PBM.

· Menyimpulkan materi pembelajaran.

5. Sumber belajar

a. LKS Bahasa Inggris, Quadra Mitra melati, Majalengka, 2007

b. Let’s Talk, Pakar Raya, Bandung, 2005

c. Script percakapan dan/atau rekaman percakapan

d. Gambar-gambar yang relevan

6. Penilaian

a. Teknik: tes tertulis

b. Bentuk: isian

c. Instrumen:

Listen to the monologue o listening

Take notes on every persons’ opinion about football and make brief descriptions about that.

John: Sam

______________________________ __________________________

______________________________ __________________________

______________________________ __________________________

Juliet Peter

_____________________________ _________________________

_____________________________ _________________________

_____________________________ _________________________

d. Pedoman Penilaian\

Setiap jawaban yang sempurna diberi skor 5.

Jumlah skor maksimal keseluruhan 5 x 4 = 20

Nilai maksimal = 10

Nilai Siswa =

e. Rubrik Penilaian

-

Majalengka,

Mengetahui

Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

SMP/MTs :

Kelas/Semester : IX (Sembilan) / 2

Standar Kompetensi : 9. Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal dan monolog pendek sederhana berbentuk narrative dan report untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari

Kompetensi Dasar : 9.1 Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) pendek sederhana dengan menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari yang melibatkan tindak tutur mengungkapkan kesantunan

Indikator : - Mengungkapkan kesantunan

- Merespon ungkapan kesantunan

Jenis teks : transactional/interpersonal

Tema : Arts

Aspek/Skill : Berbicara

Alokasi Waktu : 4 x 40 menit

1. Tujuan Pembelajaran

Pada akhir pembelajaran, siswa dapat merespon makna dalam:

a. Bermain peran dalam dialog

b. Menggunakan ungkapan kesantunan yang tepat dalam meminta sesuatu

2. Materi Pembelajaran

Study the following sentences that we use to express something politely and the responses

Expressions

Responses

Please …

Could you please …

Can you please …

Would you please …

I would like you to …

I wish you would …

Could you do me a favor?

Could I ask you a favor?

Could you do a favor for me?

Would you mind …ing?

Would you mind if I ask you to …?

Ok.

All right.

Certainty.

Of course.

I’d be glad to.

I’d be happy to.

No, I wouldn’t mind.

No, of course not.

No, not at all.

No problem.

No trouble at all.

Listen to the following dialogyue

a. Irma meets Gilang on the way home from school. Irma wants to watch the dancing competition. She asks him to accompany her.

Irma : Hi, Gilang.

Gilang : Hi, Irma.

Irma : Would you mind accompanying me to watch the dancing competition tomorrow?

Gilang : No, I wouldn’t mind.

Irma : Really? I don’t want to inconvenience you.

Gilang : No problem. I’d be glad to.

Irma : Thank you. I really appreciate it.

b. Yanto and Rudi are on the phone. They are talking about a plan on their show.

Yanto : Hello. Can I talk to Rudi?

Rudi : Hello. I am speaking. What’s up?

Yanto : Would you mind if I ask you to play the piano on my concert next

week?

Rudi : I’d love to. But I’m afraid I can’t. I have to perform with Arman

Maulana on his show.

Yanto : Oh…

Rudi : I am awfully sorry.

Yanto : Don’t worry about it. I understand. OK. Bye.

Rudi : Bye-bye.

3. Metode Pembelajaran: three-phase technique

4. Langkah-langkah Kegiatan

Pertemuan Pertama

b. Kegiatan Pendahuluan

1) Salam dan tegur sapa

2) Mengabsen siswa

3) Memberikan motivasi dengan bertanya jawab tentang current issues

c. Kegiatan Inti

1) Bertanya jawab untuk menggali kosakata tyang berkaitan dengan topik/tema yang dipelajari.

2) Bertanya jawab dengan menggunakan ungkapan-ungkapan kesantunan

3) Mendengarkan percakapan yang menggunakan ungkapan yang telah dipelajari

4) Menjawab pertanyaan tentang isi percakapan

d. Kegiatan Penutup

1) Menanyakan kesulitan siswa selam PBM.

2) Menyimpulkan materi pembelajaran

3) Menugaskan siswa membuat percakapan yang berisi ungkapan yang dipelajari.

Pertemuan Kedua

a. Kegiatan Pendahuluan

1) Salam dan tegur sapa

2) Mengabsen siswa

3) Apersepsi

b. Kegiatan Inti

1) Mendengarkan percakapan yang menggunakan ungkapan yang telah dipelajari sebelumnya.

2) Menjawab pertanyaan tentang isi percakapan

3) Melakukan percakapan berdasarkan situasi yang diberikan

c. Kegiatan Penutup

1) Menanyakan kesulitan siswa selam PBM.

2) Menyimpulkan materi pembelajaran

3) Menugaskan siswa membuat percakapan yang berisi ungkapan yang dipelajari.

5. Sumber belajar

a. LKS Bahasa Inggris, Quadra Mitra melati, Majalengka, 2007

b. Let’s Talk, Pakar Raya, Bandung, 2005

c. Buku teks lain yang relevan

d. CD berisi percakapan

6. Penilaian

a. Teknik : Performansi

b. Bentuk : RolePlay

c. Instrumen :

Create a dialogue based on the given situation and perform it in front of the class!

d. Pedoman Penilaian Untuk bagian I, tiap jawaban yang benar skornya 5

1. Jumlah skor maksimal

Fluency = 20

Pronunciation = 20

Acuracy = 20

Content = 20

Expression = 20

Jumlah 100

2. Nilai maksimal = 10

3. Nilai Siswa =

e. Rubrik Penilaian

Aspek

Uraian

Skor

Fluency

Pronunciation

Accuracy

Content

Expression

- Jika lancar dan tidak ada hambatan dalam penuturan

- Jika terdapat maksimal 5 kali jeda

- Jika terdapat lebih dari 5 kali jeda.

- Jika sering kali terputus-putus dan berhenti

- Mudah dipahami dan memiliki aksen seperti Received Pronunciation

- Mudah dipahami meskipun seperti aksen tertentu

- Terdapat kesalahan pengucapan sehingga pendengar harus konsentrasi penuh

- Tidak bisa dipahami karena terlalu banyak permasalahan pengucapan

- Jika tidak terdapat kesalahan

- Jika terdapat maksimal 5 kalimat yang salah

- Jika terdapat lebih dari 5 kalimat yang salah

- Jika kalimat yang dihasilkan sama sekali tidak bermakna.

- Jika terdapat keterkaitan antara identification dan description.

- Jika identification dan description benar tapi tidak ada keterkaitan

- Jika salah satu antara identification atau description salah

- Jika tidak terdapat keterkaitan antara keduanya

- Jika ekspresi sesuai dengan ungkapan yang disampaikan

- Jika ekspresi kurang sesuai dengan ungkapan

- Jika ekspresi tidak sesuai dengan ungkapan

- Jika tidak ada ekspresi

16 - 20

11 – 15

6 – 10

1 - 5

16 - 20

11 – 15

6 - 10

1 - 5

16 - 20

11 – 15

6 - 10

1 – 5

16 - 20

11 – 15

6 – 10

1 – 5

16 - 20

11 – 15

6 – 10

1 – 5

Majalengka,

Mengetahui

Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

SMP/MTs :

Kelas/Semester : IX (Sembilan) / 2

Standar Kompetensi : 9. Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal dan monolog pendek sederhana berbentuk narrative dan report untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari

Kompetensi Dasar : 9.2 Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) pendek sederhana dengan menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari yang melibatkan tindak tutur: memberi berita yang menarik perhatian dan memberi komentar terhadap berita

Indikator :

· Bertanya dan menjawab tentang memberi berita yang menarik perhatian

· Bertanya dan menjawab tentang memberi komentar terhadap berita

Jenis teks : transactional/interpersonal

Tema : Public Service

Aspek/Skill : Berbicara

Alokasi Waktu : 4 x 40 menit

1. Tujuan Pembelajaran

Pada akhir pembelajaran, siswa dapat :

a. Bertanya dan menjawab tentang memberi berita yang menarik perhatian

b. Bertanya dan menjawab tentang memberi komentar terhadap berita

b. Bermain peran dalam dialog

2. Materi Pembelajaran

a. Ways of expressing yourself when you want to attract someone’s attention to what you are going to say.

Ø Believe it or not.

Ø Do you know something?

Ø Do you know what?

Ø Guess what?

Ø Hey, have you heard that ….?

Ø I’ve got hot news.

Ø I’ve got something to tell you.

Ø Know something?

Ø Know what?

Ø Let me tell you about it.

Ø Listen to this.

Ø Listen. This is about ….

Ø That’s about ….

Ø Want to know something?

b. Ways of expressing yourself when someone tells you interesting news.

Ø Are you joking?

Ø Oh?

Ø Oh, that’s good news.

Ø Oh really? Tell me (more) about it.

Ø That’s fantastic!

Ø That’s terrific!

Ø That’s surprising!

Ø Unbelievable.

Ø What?

Ø Well, tell me (more) about it (that).

Ø Well, what can I say?

Ø Wow, that’s great!

Ø Where? Show me.

Ø You don’t mean that.

Ø You’re not serious, (are you?)

Ø You must be joking.

3. Metode Pembelajaran: three-phase technique

4. Langkah-langkah Kegiatan

Pertemuan Pertama

e. Kegiatan Pendahuluan

1) Salam dan tegur sapa

2) Mengabsen siswa

3) Memberikan motivasi dengan bertanya jawab tentang current issues

f. Kegiatan Inti

1) Bertanya jawab untuk menggali kosakata tyang berkaitan dengan topik/tema yang dipelajari.

2) Bertanya jawab dengan menggunakan ungkapan-ungkapan meminta dan memberi kepastian dan mengungkapkan dan menanggapi keraguan

3) Mendengarkan percakapan yang menggunakan ungkapan yang telah dipelajari

4) Menjawab pertanyaan tentang isi percakapan

g. Kegiatan Penutup

4) Menanyakan kesulitan siswa selam PBM.

5) Menyimpulkan materi pembelajaran

6) Menugaskan siswa membuat percakapan yang berisi ungkapan yang dipelajari.

Pertemuan Kedua

a. Kegiatan Pendahuluan

1) Salam dan tegur sapa

4) Mengabsen siswa

5) Apersepsi

b. Kegiatan Inti

4) Mendengarkan percakapan yang menggunakan ungkapan yang telah dipelajari sebelumnya.

5) Menjawab pertanyaan tentang isi percakapan

6) Melakukan percakapan berdasarkan situasi yang diberikan

c. Kegiatan Penutup

4) Menanyakan kesulitan siswa selam PBM.

5) Menyimpulkan materi pembelajaran

6) Menugaskan siswa membuat percakapan yang berisi ungkapan yang dipelajari.

5. Sumber Belajar

a. LKS Bahasa Inggris, Quadra Mitra melati, Majalengka, 2007

b. Let’s Talk, Pakar Raya, Bandung, 2005

c. Buku teks lain yang relevan

d. CD berisi percakapan

6. Penilaian

Pedoman Penilaian Untuk bagian I, tiap jawaban yang benar skornya 5

1. Jumlah skor maksimal

Fluency = 20

Pronunciation = 20

Acuracy = 20

Content = 20

Expression = 20

Jumlah 100

2. Nilai maksimal = 10

3. Nilai Siswa =

e. Rubrik Penilaian

Aspek

Uraian

Skor

Fluency

Pronunciation

Accuracy

Content

Expression

- Jika lancar dan tidak ada hambatan dalam penuturan

- Jika terdapat maksimal 5 kali jeda

- Jika terdapat lebih dari 5 kali jeda.

- Jika sering kali terputus-putus dan berhenti

- Mudah dipahami dan memiliki aksen seperti Received Pronunciation

- Mudah dipahami meskipun seperti aksen tertentu

- Terdapat kesalahan pengucapan sehingga pendengar harus konsentrasi penuh

- Tidak bisa dipahami karena terlalu banyak permasalahan pengucapan

- Jika tidak terdapat kesalahan

- Jika terdapat maksimal 5 kalimat yang salah

- Jika terdapat lebih dari 5 kalimat yang salah

- Jika kalimat yang dihasilkan sama sekali tidak bermakna.

- Jika terdapat keterkaitan antara identification dan description.

- Jika identification dan description benar tapi tidak ada keterkaitan

- Jika salah satu antara identification atau description salah

- Jika tidak terdapat keterkaitan antara keduanya

- Jika ekspresi sesuai dengan ungkapan yang disampaikan

- Jika ekspresi kurang sesuai dengan ungkapan

- Jika ekspresi tidak sesuai dengan ungkapan

- Jika tidak ada ekspresi

16 - 20

11 – 15

6 – 10

1 - 5

16 - 20

11 – 15

6 - 10

1 - 5

16 - 20

11 – 15

6 - 10

1 – 5

16 - 20

11 – 15

6 – 10

1 – 5

16 - 20

11 – 15

6 – 10

1 – 5

Majalengka,

Mengetahui

Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

SMP/MTs :

Kelas/Semester : IX (Sembilan) / 2

Standar Kompetensi : 10. Mengungkapkan makna dalam teks lisan fungsional dan monolog pendek sederhana berbentuk narrative dan report untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari

Kompetensi Dasar : 10.1 Mengungkapkan makna dalam teks lisan fungsional pendek sederhana dengan menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari

Indikator :

· Membuat ringkasan dialog

· Mengidentifikasi informasi yang terdapat dalam brosur

Jenis teks : teks lisan fungsional

Tema : Public service

Aspek/Skill : Berbicara

Alokasi Waktu : 2 x 40 menit

1. Tujuan Pembelajaran

Pada akhir pembelajaran, siswa dapat merespon makna dalam:

a. Membuat ringkasan sebuah dialog dalam kalimat tidak langsung

b. Menyebutkan hal-hal yang terdapat dalam brosur

c. Memberikan deskripsi singkat

2. Materi Pembelajaran

a. Communication Practice

· Rekaman dan script dialog

b. Unit self-test

· Record your voice: record a short summary of the dialogue

· Record your voice: say what the advantages are for the members of the ‘Friends of Shakespeare’s Globe’ associate

3. Metode Pembelajaran: three-phase technique

4. Langkah-langkah Kegiatan

a. Kegiatan Pendahuluan

· Menyebutkan bagian-bagian yang terdapat dalam suatu brosur

b. Kegiatan Inti

· Membaca suatu contoh brosur

· Menyebutkan informasi yang terdapat dalam brosur tersebut

· Membaca brosur ‘Friends of Shakespeare’s Globe Associates’

· Menyebutkan hal-hal yang menjadi keuntungan bagi anggota Friends of Shakespeare’s Globe Associates

· Membuat hal-hal yang menjadi keuntungan tersebut menjadi sebuah monolog singkat untuk mengajak orang lain bergabung dalam suatu keanggotaan

· Membuat monolog ringkasan dialog yang mengacu pada halaman 132 dalam kalimat tidak langsung

· Menyebutkan apa saja yang dibeli oleh Jean di toko buah dengan bantuan gambar yang tersedia

c. Kegiatan Penutup

1. Menanyakan kesulitan siswa selama PBM.

2. Menyimpulkan materi pembelajaran.

5. Sumber belajar

a. LKS Bahasa Inggris, Quadra Mitra melati, Majalengka, 2007

b. Let’s Talk, Pakar Raya, Bandung, 2005

c. Buku teks lain yang relevan

d. CD berisi percakapan

6. Penilaian

a. Teknik: tes lisan

b. Bentuk: presentasi

c. Instrumen:

Bring any kind of brochure to the class. Make up a presentation (5’) about the content of the brochure. You can visit some websites to find out some supporting details of the brochure taken.

d. Pedoman Penilaian\

Jumlah skor maksimal keseluruhan 100

e. Rubrik Penilaian

Criteria

Score

Pronunciation

50

Delivery/supporting aids

50

Standard of Pronunciation and Delivery:

Excellent

41-50

Very good

31-40

Good

21-30

Average

11-20

Poor

≤10


Majalengka,

Mengetahui

Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

SMP/MTs :

Kelas/Semester : IX (Sembilan) / 2

Standar Kompetensi : 10. Mengungkapkan makna dalam teks lisan fungsional dan monolog pendek sederhana berbentuk narrative dan report untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari

Kompetensi Dasar : 10.2 Mengungkapkan makna dalam monolog pendek sederhana dengan menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar, dan berterima untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari berbentuk narrative dan report

Indikator :

· Memberikan monolog

· Menceritakan suatu petualangan

Jenis teks : monolog narrative/report

Tema : Arts

Aspek/Skill : Berbicara

Alokasi Waktu : 2 x 40 menit

1. Tujuan Pembelajaran

Pada akhir pembelajaran, siswa dapat merespon makna dalam:

a. Memberikan deskripsi tentang tempat yang dikunjungi

b. Menceritakan petualangan

c. Memberikan monolog atas suatu ringkasan singkat

2. Materi Pembelajaran

a. Unit self-test

· Record your voice: record a description of one/two sites you have visited

· Record your voice: in your own words, tell the story of the adventure at the Stonehenge

· Record your voice: say what happened to Nancy and Jean while they were in Camden Road

3. Metode Pembelajaran: three-phase technique

4. Langkah-langkah Kegiatan

a. Kegiatan Pendahuluan

1. Menyebutkan hal-hal yang diketahui tentang the Stonehenge

2. Menyebutkan tempat-tempat yang telah dikunjungi

b. Kegiatan Inti

1. Membuat deskripsi singkat tentang tempat yang telah dikunjungi

2. Group work: memberikan deskripsi singkat dalam kelompok kecil

3. Mencatat nama-nama tempat yan dideskripsikan oleh teman dalam satu kelompok

4. Salah satu perwakilan dari kelompok mempresentasikan hasil presentasi dari teman sekelomok

5. Membaca bacaan tentang petalangan karakter-karakter dalam buku di the Stonehenge

6. Menceritakan kembali petualangan tersebut dalam kelas

7. Membaca cerita tentang Jean dan Nancy

8. Menceritakan apa yang terjadi pada Nancy dan Jean ketika berada di Camden Road

9. Memberikan monolog tentang ringkasan singkat ‘School Life in Britain’

c. Kegiatan Penutup

1. Menanyakan kesulitan siswa selama PBM.

2. Menyimpulkan materi pembelajaran.

5. Sumber Belajar

a. LKS Bahasa Inggris, Quadra Mitra melati, Majalengka, 2007

b. Let’s Talk, Pakar Raya, Bandung, 2005

c. Buku teks lain yang relevan

d. CD berisi percakapan

5. Penilaian

a. Teknik: tes lisan

b. Bentuk: monolog

c. Instrumen:

Daftar petunjuk:

Role play:

You are a tour guide leading a tour to the Stonehenge. Give some descriptions about that place: location, hypothesis, etc. (5’)

d. Pedoman Penilaian

Jumlah skor maksimal keseluruhan 100

e. Rubrik Penilaian

Element

Score

Pronunciation

25

Delivery

25

Performance

25

Supporting aids

25

Standard of each element:

Excellent

21-25

Very good

16-20

Good

11-15

Average

6-10

Poor

≤5


Majalengka,

Mengetahui

Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

SMP/MTs :

Kelas/Semester : IX (Sembilan) / 2

Standar Kompetensi : 11. Memahami makna teks tulis fungsional dan esei pendek sederhana berbentuk narrative dan report untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari

Kompetensi Dasar : 11.1 Membaca nyaring bermakna teks tulis fungsional dan esei pendek sederhana berbentuk narrative dan report dengan ucapan, tekanan dan intonasi yang berterima untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari

Indikator :

· Membaca nyaring dan bermakna teks monolog berbentuk ; narrative

· Menjawab berbagai pertanyaan tentang isi bacaan

Jenis teks : monolog narrative

Tema : Arts

Aspek/Skill : Membaca

Alokasi Waktu : 2 x 40 menit

1. Tujuan Pembelajaran

Pada akhir pembelajaran, siswa dapat:

a. Membaca ‘nyaring teks berbentuk narrative dengan intonasi dan ekspresi yang tepat

b. Menjawab berbagai pertanyaan tentang isi bacaan

2. Materi Pembelajaran

· Teks Narrative berjudul “Sangkuriang”

3. Metode Pembelajaran: three-phase technique

4. Langkah-langkah Kegiatan

Pertemuan Pertama

a. Kegiatan Pendahuluan

1) Salam dan tegur sapa

2) Mengabsen siswa

3) Memberikan motivasi dengan bertanya jawab tentang current issues

a. Kegiatan Inti

1) Bertanya jawab tentang berbagai hal yang terkait tema

2) Mendengarkan teks narrative yang dibacakan guru/teman

3) Menirukan teks yang dibaca guru/ teman

4) Mengembangkan kosakata dan kalimat terkait tema / jenis teks narrative.

5) Membaca nyaring teks narrative dengan ucapan dan intonasi yang benar

6) Menjawab pertanyaan tentang berbagai informasi dalam teks narrative

d. Kegiatan Penutup

1) Menanyakan kesulitan siswa selam PBM.

2) Menyimpulkan materi pembelajaran

3) Menugaskan siswa menganalisa langkah retorika teks narrative.

Pertemuan Kedua

a. Kegiatan Pendahuluan

1) Salam dan tegur sapa

2) Mengabsen siswa

3) Apersepsi

b. Kegiatan Inti

1) Membaca teks narrative

2) Menjawab pertanyaan tentang berbagai informasi dalam teks narrative.

c. Kegiatan Penutup

1) Menanyakan kesulitan siswa selama PBM.

2) Menyimpulkan materi pembelajaran.

3) Menugaskan siswa menjawab pertanyaan berdasarkan teks narrative.

5. Sumber Belajar

a. LKS Bahasa Inggris, Quadra Mitra melati, Majalengka, 2007

b. Let’s Talk, Pakar Raya, Bandung, 2005

c. English on Sky 3, Erlangga, Jakarta, 2004

d. English Workbook, Titian Ilmu, Bandung,2007

6. Penilaian

a. Teknik : Tes lisan, tertulis

b. Bentuk : Membaca nyaring, essay

c. Instrumen :

Read the story about Sangkuriang loudly. Then answer the following

questions!

1. Who was the king of Galuh?

………………………………………………………………………….

2. What did he like to do in his spare time?

………………………………………………………………………….

3. What did he find in the forest?

………………………………………………………………………….

4. Whom did he give the baby to?

………………………………………………………………………….

5. What did she name the baby?

………………………………………………………………………….

6. What did Dayang Sumbi like to do when she was grown up?

………………………………………………………………………….

7. Why was the king of Galuh very angry to his daughter?

………………………………………………………………………….

8. Why did Sangkuriang leave his mother?

………………………………………………………………………….

9. What should Sangkuriang do to marry Dayang Sumbi?

………………………………………………………………………….

10. What happened to Sangkuriang after he failed to marry Dayang Sumbi?

………………………………………………………………………….

a. Pedoman Penilaian\

Jumlah skor maksimal keseluruhan 100

b. Rubrik Penilaian

Element

Score

Pronunciation

25

Delivery

25

Performance

25

Clarity

25

Standard of each element:

Excellent

21-25

Very good

16-20

Good

11-15

Average

6-10

Poor

≤5


Majalengka,

Mengetahui

Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

SMP/MTs :

Kelas/Semester : IX (Sembilan) / 2

Standar Kompetensi : 11. Memahami makna teks tulis fungsional dan esei pendek sederhana berbentuk narrative dan report untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari

Kompetensi Dasar : 11.2 Merespon makna dalam teks tulis fungsional pendek secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari

Indikator :

· Mengidentifikasi makna dalam teks fungsional schedule

· Mengidentifikasi berbagai informasi dalam teks fungsional schedule

Jenis teks : Fungsional

Tema : Sport Events

Aspek/Skill : Membaca

Alokasi Waktu : 2 x 40 menit

1. Tujuan Pembelajaran

Pada akhir pembelajaran, siswa dapat merespon makna dalam:

a. Menentukan makna dalam teks fungsional schedule

b. Menjawab berbagai pertanyaan mengenai berdasarkan teks fungsional schedule.

2. Materi Pembelajaran

The schedule of Women’s football World Cup 2007

Groups Division

Group A : Germany, English, Japan, Argentina.

Group B : Sweden, USA Nigeria, North Korea.

Group C :Norwegia, Australia, Canada, Ghana.

Group D : Brazil, China, Denmark, New Zealand.

Schedule of competition.

September 10 Shanghai Germany-Argentina.

September 11 Shanghai Japan-English.

Chengdu USA-N orth Korea.

Chengdu Nigeria-Sweden.

September 12 Hangzhou Ghana-Australia.

Hangzhou Norwegia-Canada.

Wuhan New Zealand-Brazil.

Wuhan China-Denmark.

September 14 Shanghai Argentina-Japan.

Shanghai English-Germany.

Chengdu Swedia-USA.

Chengdu North Korea-Nigeria.

September 15 Hangzhou Canada-Ghana.

Hangzhou Australia-Norwegia.

Wuhan Denmark-New Zealand.

Wuhan Brazil-China.

September 17 Hangzhou Germany-Japan.

Chengdu English-Argentina.

September 18 Shanghai Nigeria-USA.

Tianjin North Korea-Sweden.

September 19 Shanghai Norwegia-Ghana.

Changdu Australia-Canada.

Tianjin China-New Zealand.

Hangzhou Brazil-Denmark.

Quarter Final

September 22 Wuhan the winner A – position II B (1)

Tianjin the winner B – position II A (2)

September 23 Wuhan the winner C – position II D (3)

Tianjin the winner D – position II C (4)

Semi Final

September 26 Tianjin the winner (1) – the winner (3)

September 27 Tianjin the winner (2) – the winner (4)

The third position

September 30 Shanghai

Final

· September 30 Shanghai

3. Metode Pembelajaran: three-phase technique

4. Langkah-langkah Kegiatan

a. Kegiatan Pendahuluan

1. Salam dan tegur sapa

2. Mengabsen siswa

3. Memberikan motivasi dengan cara bertanya jawab tentang current issues.

b. Kegiatan Inti

a. Tanya jawab berbagai hal terkait materi

b. Membaca Teks fungsional schedule

c. Mencari makna dari kata-kata yang terdapat dalam teks

d. Menjawab pertanyaan tentang isi teks

c. Kegiatan Penutup

a. Menanyakan kesulitan siswa selama PBM.

b. Menyimpulkan materi pembelajaran.

5. Sumber Belajar

a. LKS Bahasa Inggris, Quadra Mitra melati, Majalengka, 2007

b. Let’s Talk, Pakar Raya, Bandung, 2005

c. Buku teks lain yang relevan

d. CD berisi percakapan

6. Penilaian

a. Teknik: tes tertulis

b. Bentuk: esei

c. Instrumen:

Answer the questions based on the schedule above !

  1. How many countries participated in the competition ?
  2. Where did Argentina Vs Japan take place ?
  3. When were Denmark Vs New Zealand held ?
  4. What countries did compete on September 10 ?
  5. When and where the final competition were held ?

d. Pedoman Penilaian

Nilai maksimal masing-masing elemen= 2

Nilai maksimal = 10

Nilai perolehan =

d. Rubrik Penilaian

No

Uraian

Skor

1 - 5

Setiap jawaban yang benar

Setiap jawaban yang salah/tidak dijawab

2

0

Majalengka,

Mengetahui

Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

SMP/MTs :

Kelas/Semester : IX (Sembilan) / 2

Standar Kompetensi : 11. Memahami makna teks tulis fungsional dan esei pendek sederhana berbentuk narrative dan report untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari

Kompetensi Dasar : 11.3 Merespon makna dan langkah retorika dalam esei pendek sederhana secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari dalam teks berbentuk narrative dan report

Indikator :

· Mengidentifikasi makna dalam teks monolog berbentuk report

· Mengidentifikasi informasi dalam teks monolog berbentuk report

· Melengkapi tabel

· Berdiskusi berdasarkan bacaan yang telah dibaca

Jenis teks : Teks monolog berbentuk report

Tema : Sport Events

Aspek/Skill : Membaca

Alokasi Waktu : 2 x 40 menit

1. Tujuan Pembelajaran

Pada akhir pembelajaran, siswa dapat merespon makna dalam:

a. Menentukan arti kata yang terdapat dalam teks monolog berbentuk report

b. Menjawab pertanyaan tentang isi teks monolog berbentuk report

c. Melegkapi tabel sesuai informasi yang terdapat dalam bacaan

d. Berdiskusi tentang berbagai informasi dalam suatu bacaan

2. Materi Pembelajaran

Teks monolog berbentuk report

Sports

One of the best ways to keep fit and healthy is by doing sports. Sports are competitions of fitness and skill, either between individuals or between teams, Millions of people enjoy sport, both by taking part and by watching them live or on television.

There are hundreds of different sport , ranging from simple running races to adventure sports likes hang-gliding and round the world sailing. Sports, such as squash or gymnastics test both skill and fitness.

Athletics include running, jumping, and throwing events. These are probably the oldest forms of sports . Modern athletics events take place in a large stadium , with a 400 metre track for running , and areas within the track for field events such as pole vault, long jump, javelin , and discus.

Many of the most popular sports are played in team. They are usually ball games, such as football, basketball, baseball, and cricket. Most team sports are played on a large field or on a court.

Tennis , squash , badminton, and table tennis are the most popular rackets sports. Most racket sports involve hitting a ball or shuttlecock over a net, but in squash players hit the ball against the wall of a court.

Like athletics combat sports such as boxing, fencing, wrestling, and judo are very ancient.

Target sports such as archery and shooting involve firing weapons at a target. Golf is also a target sport.

Water sports include swimming and diving competitions , which are held in swimming pool, and events such as yacht racing, canoeing, and water –skiing, which take place on rivers and likes or at sea. Swimming events were included in the first modern Olympic Games, in 1896 and today they still form an important part of the Olympic programme.

There are races for sports with wheels. The most popular wheeled sports are motor racing, cycling, and motorcycle, racing.

There are ;also other types of sports. Aerial sports include hang- gliding, and sky diving, snooker, chess, bridge, and board games.

3. Metode Pembelajaran: three-phase technique

4. Langkah-langkah Kegiatan

a. Kegiatan Pendahuluan

1. Salam dan tegur sapa

2. Mengabsen siswa

3. Memberikan motivasi dengan cara bertanya jawab tentang current issues.

b. Kegiatan Inti

a. Tanya jawab berbagai hal terkait materi

b. Membaca Teks monolog berbentuk report

c. Mencari makna dari kata-kata yang terdapat dalam teks

d. Menjawab pertanyaan sesuai dengan informasi dalam bacaan

e. Melengkapi tabel berdasarkan bacaan

f. Berdiskusi tentang jawaban-jawaban atas pertanyaan-pertanyaan dalam bacaan

c. Kegiatan Penutup

a. Menanyakan kesulitan siswa selama PBM.

b. Menyimpulkan materi pembelajaran.

5. Sumber Belajar

a. LKS Bahasa Inggris, Quadra Mitra melati, Majalengka, 2007

b. Let’s Talk, Pakar Raya, Bandung, 2005

c. Buku teks lain yang relevan

d. CD berisi percakapan

5. Penilaian

a. Teknik: tes tertulis

b. Bentuk: Essay, Melengkapi tabel

c. Instrumen:

I. Answer the.questions

  1. What is the text about ?
  2. What are the oldest forms of sport ?
  3. What sports are played in teh field?
  4. What does the squash test ?
  5. What sports belong to water sports ?

II. Fill in the table with the suitable kind of sport

Athletic

Ball game

Combat sport

Water sport

………………….

…………………..

…………………..

………………….

………………….

…………………..

………………….

………………….

…………………..

…………………...

…………………..

………………….

……………………

……………………

……………………

…………………...

……………………

……………………

…………………..

…………………..

………………….

………………….

………………….

…………………..

2. Pedoman Penilaian\

1. Untuk Bagian I, tiap jawaban benar skor 2

2. Untuk Bagian II tiap nomor, tiap jawaban benar skor 1

2. Jumlah skor maksimal : Bagian I : 5 x 2 = 10

Bagian II : 20 x 1 = 20

3. Nilai maksimal = 30

4. Nilai Siswa =

3. Rubrik Penilaian

-

e. Rubrik Penilaian

Bagian

No

Uraian

Skor

II

1 – 5

Setiap jawaban yang benar

Setiap jawaban yang salah/tidak dijawab

2

0

III

Setiap jawaban yang benar

Setiap jawaban yang salah/tidak dijawab

1

0


Majalengka,

Mengetahui

Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

SMP/MTs :

Kelas/Semester : IX (Sembilan) / 2

Standar Kompetensi : 12 Mengungkapkan makna dalam teks tulis fungsional dan esei pendek sederhana berbentuk narrative dan report untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari

Kompetensi Dasar : 12. 1 Mengungkapkan makna dalam bentuk teks tulis fungsional pendek sederhana dengan menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari

Indikator :

· Melengkapi surat

· Mengidentifikasi informasi dalam teks fungsional berbentuk surat

· Mengidentifikasi bagian-bagian surat

· Membuat surat

Jenis teks : Teks fungsional/surat pribadi

Tema : Arts

Aspek/Skill : Menulis

Alokasi Waktu : 2 x 40 menit

1. Tujuan Pembelajaran

Pada akhir pembelajaran, siswa dapat:

a. Melengkapi surat dengan kata yang sesuai

b. Menjawab pertanyaan tentang isi teks

c. Menentukan bagian-bagian dari surat

d. Menulis surat pribadi

2. Materi Pembelajaran

Jl. Gora 186

Majalengka

October20, 2007

Dear Cherly,

I am glad to write this letter to you. It’s nice to have a pen pal. We can ………….. letters. I hope you’re always fine. I have something about ……………. on Lebaran Day in my region.

On the eve of Idul Fitri, groups of people go in cars to announce the end of the fast and the beginning of Lebaran. On the long way we shout ………………. It is called “Malam Takbiran”.

In the morning after my family …………….. from the mass pray, it is time to ask for …………………. for all the sins committed, from parents and elderly people. After kneeling down and kissing hands, the whole family starts to take the special meal of the day called “…………..”. Do you know ketupat, Cherly? It is a rice cake in a rhombus-shaped wrap made of plaited young coconut ……………. It is usually eaten with rendang.

How about your …………………….. in your country, Singapore? Please tell me about it? I am looking forward from you soon.

Yours,

Delia


3. Metode Pembelajaran: three-phase technique

4. Langkah-langkah Kegiatan

a. Kegiatan Pendahuluan

1. Salam dan tegur sapa

2. Mengabsen siswa

3. Memberikan motivasi dengan cara bertanya jawab tentang current issues.

b. Kegiatan Inti

a. Tanya jawab berbagai hal terkait materi

b. Membaca Teks fungsional berbentuk surat pribadi

c. Melengkapi surat dengan kata yang sesuai

d. Menjawab pertanyaan sesuai dengan informasi dalam surat

e. Melengkapi tabel berdasarkan informasi dalam surat

f. Berdiskusi tentang jawaban-jawaban atas pertanyaan-pertanyaan dalam bacaan

c. Kegiatan Penutup

a. Menanyakan kesulitan siswa selama PBM.

b. Menyimpulkan materi pembelajarana.Kegiatan Pendahuluan

3. Menugaskan siswa membuat surat pribadi

5. Sumber Belajar

a. LKS Bahasa Inggris, Quadra Mitra melati, Majalengka, 2007

b. Let’s Talk, Pakar Raya, Bandung, 2005

c. Buku teks lain yang relevan

6. Penilaian

a. Teknik: tes tertulis

b. Bentuk: isian

c. Instrumen:

I. Fill in the the letter with teh suitable word

1. …………………………… 6. ………………………………

2. …………………………… 7. ………………………………

3. …………………………… 8. ………………………………

4. …………………………… 9. ………………………………

5. …………………………… 10. ………………………………

II. Answer these questions below based on the letter above!

1. Who sends the letter?

…………………………………………………………………………

2. When is the letter written?

…………………………………………………………………………

3. Who is the letter addressed to?

…………………………………………………………………………

4. When do the people shout takbiran?

…………………………………………………………………………

5. When does the whole family ask for forgiveness for their sins committed?

…………………………………………………………………………

III. Fill in the table with the information from the letter above!

Parts

Information

Heading/ Date

Address

Body

Salutation

Closing

Signature

…………………………………………

…………………………………………

…………………………………………

…………………………………………

…………………………………………

…………………………………………

…………………………………………

…………………………………………

…………………………………………

…………………………………………

…………………………………………

…………………………………………

4. Pedoman Penilaian\

1. Untuk Bagian I , tiap jawaban benar skor 1

2. Untuk Bagian II , tiap jawaban benar skor 2

3. Untuk Bagian III , tiap jawaban benar skor 2

4. Jumlah skor maksimal : Bagian I 10 x 1 = 10

Bagian II 5 x 2 = 10

Bagian III 5 x 2 = 10

3. Nilai maksimal = 30

4. Nilai Siswa =

5. Rubrik Penilaian

Bagian

No

Uraian

Skor

I

1 – 10

Setiap jawaban yang benar

Setiap jawaban yang salah/tidak dijawab

1

0

II

Setiap jawaban yang benar

Setiap jawaban yang salah/tidak dijawab

2

0

III

Setiap jawaban yang benar

Setiap jawaban yang salah/tidak dijawab

2

0


Majalengka,

Mengetahui

Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

SMP/MTs :

Kelas/Semester : IX (Sembilan) / 2

Standar Kompetensi : 12. Mengungkapkan makna dalam teks tulis fungsional dan esei pendek sederhana berbentuk narrative dan report untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari

Kompetensi Dasar : 12.2 Mengungkapkan makna dan langkah retorika dalam esei pendek sederhana dengan menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari dalam teks berbentuk narrative dan report

Indikator :

· Menyusun kalimat acak

· Menulis teks monolog berbentuk narrative

Jenis teks : Monolog Narrative

Tema :

Aspek/Skill : Menulis

Alokasi Waktu : 2 x 40 menit

7. Tujuan Pembelajaran

Pada akhir pembelajaran siswa dapat :

a. Menyusun kalimat acak menjadi teks essay berbentuk narrative

b. Menulis teks monolog berbentuk narrative

8. Materi Pembelajaran

Teks monolog berbentuk narrative

Sleeping Beauty

Once upon a time a beautiful princess was born in a rich kingdom.The king and the queen held a party. All the fairies twere invited except the thirteenth fairy.

The thirteenth fairy appeared at the party. She was angry for not being invited. She said,” the princess will prick her finger and die.” Then he dissapeared. The twelfth fairy then said, “She will not die but will fall into deep sleep.”

On her 16th birthday, the princess pricked her finger on the needle. She fell into a deep sleep. The twelfth fairy rushed to the castle. She put everyone in the castle to sleep. A forest of thorn grew around the castle.

One day, a prince went though the forest of thorns. He saw a castle and went in. He came to a room and found a beautiful princess.

When he kissed her, she woke up. So did anyone in the castle soon. The prince and the princess were married and live happily.

9. Metode Pembelajaran: Jigsaw (Model Tim Ahli)

10. Langkah-langkah Kegiatan

a. Kegiatan Pendahuluan

1. Salam dan tegur sapa

2. Mengabsen siswa

3. Memberikan motivasi dengan cara bertanya jawab tentang current issues.

b. Kegiatan Inti

1. Tanya jawab berbagai hal terkait materi

2. Guru membagikan 5 (lima) potongan cerita yang berbeda kepada tiap siswa.

3. Setiap siswa mengerjakan tugas yang diberikan

4. Siswa yang mendapatkan potongan cerita yang sama, masing-masing berkumpul membentuk sebuah kelompok

5. Setiap kelompok mendiskusikan materi masing-masing

6. Anggota dari tim yang berbeda yang telah mempelajari materi yang sama membentuk kelompok baru (kelompok ahli) untuk mendiskusikan materi mereka.

7. Tiap tim ahli mempresentasikan hasil diskusi

8. Guru memberikan evaluasi

c. Kegiatan Penutup

1. Menanyakan kesulitan siswa selama PBM

2. Menyimpulkan materi pembelajaran

3. Menugaskan siswa membuat teks monolog pendek berbentuk narrative

11. Sumber Belajar

a. LKS Bahasa Inggris, Quadra Mitra melati, Majalengka, 2007

b.Let’s Talk, Pakar Raya, Bandung, 2005

c. Buku teks lain yang relevan

12. Penilaian

a. Teknik: tes tertulis

b. Bentuk: esei

c. Instrumen:

Arrange the jumbled paragraph into good story

A

B

C

D

E

One day, a prince went though the forest of thorns. He saw a castle and went in. He came to a room and found a beautiful princess.

Once upon a time a beautiful princess was born in a rich kingdom.The king and the queen held a party. All the fairies twere invited except the thirteenth fairy.

When he kissed her, she woke up. So did anyone in the castle soon. The prince and the princess were married and live happily

On her 16th birthday, the princess pricked her finger on the needle. She fell into a deep sleep. The twelfth fairy rushed to the castle. She put everyone in the castle to sleep. A forest of thorn grew around the castle.

The thirteenth fairy appeared at the party. She was angry for not being invited. She said,” the princess will prick her finger and die.” Then he dissapeared. The twelfth fairy then said, “She will not die but will fall into deep sleep.”

.

d. Pedoman Penilaian

Nilai maksimal masing-masing elemen= 20

Nilai maksimal = 100

Nilai perolehan =

e. Rubrik Penilaian

Paragraph

Urutan cerita

Score

I

B

20

II

E

20

III

D

20

IV

A

20

V

C

20

Majalengka,

Mengetahui

Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran