RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Program Pengayaan
SMP/MTs : SMP..................
Mata pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas/ Semester : IX/ 1
Waktu :
Standar Kompetensi :
12. Mengungkapkan makna dalam teks tulis fungsional dan esei pendek sederhana berbentuk narrative dan report untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari (menulis).
Kompetensi Dasar :
12.2 Mengungkapkan makna dan langkah retorika dalam esei pendek sederhana dengan menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari dalam teks berbentuk narrative dan report.
Indikator :
a. Menulis frasa untuk mendeskripsikan sesuatu (misalnya tentang anjing)
b. Menulis kalimat untuk mendeskripsikan sesuatu (misalnya tentang anjing) secara umum.
c. Menulis paragraph dengan langkah retorika general classification dan description.
d. Menulis teks report sederhana misalnya tentang binatang anjing.
I. Tujuan Pembelajaran
Pada akhir pembelajaran, siswa dapat
a. menulis frasa untuk mendeskripsikan sesuatu (anjing),
b. menulis kalimat untuk mendeskripsikan sesuatu (anjing),
c. menulis paragraph dengan langkah retorika general classification dan description, dan
d. menulis teks report di atas sederhana misalnya tentang binatang anjing.
II. Materi pembelajaran
1. Vocabulary yang terkait dengan binatang anjing, misalnya dog, ears, fangs, loyal, watch, dan bark, dan latihannya (lihat bahan ajar/ power point)
2. Spelling and punctuation dan latihannya (lihat bahan ajar/power point)
3. Phrases, misalnya sharp fangs, dog food, its tail,dan the dog in the cage, dan latihannya (lihat bahan ajar/point)
4. Communicative purpose dari teks report dan latihannya (lihat bahan ajar/power point)
5. Sentences dan latihannya (lihat bahan ajar/power point):
Misalnya:
Ø Dogs are pet animals.
Ø They are men’s best friends because they are very loyal.
Ø They watch their masters’ homes very well.
6. Paragraf dan latihannya (lihat bahan ajar dan power point)
Misalnya
Dogs are pet animals. They are men’s best friends because they are very loyal. They eat meat.
7. Contoh teks esei report dan langkah retorikanya dan latihannya (lihat bahan ajar/power point):
Langkah retorika | Contoh teks |
General classification | Galaxies A galaxy is a collection of stars and other astronomical bodies, including planets, comets and asteroids, held together by gravity. |
Description | Galaxies come in different shapes and sizes. These include the spiral, barrel-spiral and elliptical. Our galaxy, called the Milky Way, is approximately 100,000 light years in width and contains over 100 billion stars. The centre of galaxies can contain many young, very hot stars as well as older stars. Swirling clouds that have been energized by magnetic forces also exist in the centre. At this point in time, no one knows the exact number of galaxies in the universe. Astronomers are, however, learning more and more about them everyday. |
III. Metode Pembelajaran / teknik:
Pembelajaran bersifat individual atau dalam kelompok kecil sesuai dengan kecepatan belajar masing-masing siswa atau kelompok kecil siswa.
IV. Langkah-langkah kegiatan Pembelajaran:
Siswa:
1. menjawab pertanyaan tentang tujuan komunikatif teks report dan langkah retorika teks report yang mereka telah pelajari sebelumnya.
2. mendeskripsikan anjing-anjing berdasarkan foto yang diberikan.
3. menterjemahkan frasa dan kalimat yang terkait dengan anjing.
4. secara berkelompok menulis teks report tentang anjing dengan empat langkah.
5. melakukan konferensi dengan guru untuk memperbaiki teksnya.
6. secara individu menulis teks report tentang benda, tempat, orang atau binatang yang ada disekitar kehidupan mereka pada tingkat yang lebih tinggi dari kegiatan menulis report sebelumnya.
7. memperhatikan tugas terstruktur yang diberikan guru untuk memantapkan kompetensi menulis report.
8. memperhatikan harapan-harapan dan nasehat yang disampaikan guru .
V. Sumber dan Media belajar:
a. Buku teks yang relevan
b. Power point.
c. Gambar-gambar binatang.
d. Laptop dan LCD
e. Handout
VI. Tugas Terstruktur
a. Siswa mengidentifikasi langkah retorika teks report dari clipping teks report tentang benda, tempat, binatang atau orang yang mereka kumpulkan.
b. Tugas menulis individu teks report sesuai dengan tema yang disukai pada tingkat yang lebih tinggidari kegiatan menulis report sebelumnya
VII. Penilaian
Guru melakukan penilaian dengan ketentuan sebagai berikut:
a. Teknik penilaian: Portofolio
b. Bentuk: tes tulis
c. Instrumen penilaian:
Writing test
SMP ......
Class......
SK no. 6 KD 6.1
Report text
Time ......
Instructions:
Write down:
1. Some phrases about elephant.
2. Develop your phrases into sentences.
3. Arrange your sentences into a good order.
4. Combine your sentences into 2 paragraphs following the generic structure of report text:
a. General classification
b. Description
d. Rubrik penilaian:
ASPEK | SKOR | KETERANGAN |
LANGKAH RETORIKA | 4 3 2 1 | Berstruktur sesuai jenis report secara maksimal. Berstruktur minimal sesuai jenis report. Pilihan teks tidak jelas Tidak berstruktur dan sulit dipahami |
TATA BAHASA DAN VOCABULARY | 4 3 2 1 | Benar dan tepat Terkadang kurang tepat tapi tidak mempengaruhi arti. Kurang tepat dan mempengaruhi arti. Sulit dimengerti. |
KEJELASAN MAKNA | 4 3 2 1 | Sangat jelas dan sangat efektif. Cukup jelas dan efektif. Jelas tapi tidak efektif Kurang jelas |
HUBUNGAN GAGASAN ANTAR GAGASAN | 4 3 2 1 | Sangat jelas. Cukup jelas. Kurang jelas. Tidak jelas |
e. Pedoman Penilaian:
1. Jumlah skor maksimal per siswa: 16.
2. Nilai siswa diperoleh dengan cara membagi jumlah nilai perolehan dengan 16 dikali 100.
Misal:
Mengetahui:
Kepala Sekolah
Guru Mata Pelajaran
Guru Mata Pelajaran
Great job. Your article provides valuable insights in a clear and engaging way.123B
BalasHapus