Pada postingan sebelumnya telah ditulis contoh RPP Bahasa Inggris kelas IX semester 2 dengan aspek/skill Listening, untuk kali ini akan saya coba tulis contoh RPP Bahasa Inggris SMP Kelas VII semester 2 untuk aspek/skill Speaking. Bagi anda yang memerlukan silakan dicopy aja atau sebagai perbandingan silakan dibaca, tapi jangan lupa kasih comment ya :D
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
SMP / MTs : SMP Negeri 2 Bantarujeg
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas / Semester : VII / 2
Jenis Teks : Descriptive
Aspek / Skill : Speaking
Alokasi Waktu : 4 x 40 menit (2 x pertemuan)
Standar Kompetensi :
10.Mengungkapkan makna dalam teks lisan fungsional dan monolog pendek sangat sederhana berbentuk descriptive dan recount untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat.
Kompetensi Dasar
10.2 Mengungkapkan makna dalam monolog pendek sangat sederhana dengan menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat dalam teks berbentuk descriptive.
I. Tujuan Pembelajaran
Pada akhir pembelajaran siswa dapat :
a. Bertanya dan menjawab tentang binatang peliharaan di sekitar rumah dengan lancar.
b. Menyebutkan ciri-ciri dari salah satu binatang peliharaan.
c. Menggunakan kalimat berbentuk Simple present Tense.
d. Mendeskripsikan salah satu binatang peliharaan.
II. Materi Pembelajaran
1. Vocabulary yang terkait dengan teks yang berbentuk descriptive. Misalnya: pet, cat, tail, leg, fur, claws, tame,etc.
2. Penggunaan have/has dan to be : is, am, are.
3. Contoh teks descriptive
All right students, today I would like to tell you about a pet.
I have a pet. It is a cat. Its name is “Si Manis.”
It has black and white fur. It has four legs and long tail.
It likes fish, salty fish and milk.
It usually meows when it feels hungry.
III. Metode Pembelajaran/Teknik
a. Tanya jawab
b. Diskusi
c. Triple P ( Presentation, Practice, Product )
IV. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
a. Kegiatan Pendahuluan untuk pertemuan 1 dan 2
Siswa :
1. Merespon pertanyaan guru agar tercipta suasana kekeluargaan.
2. Merespon pertanyaan guru tentang kehadiran
3. Berpartisipasi aktif dalam proses pembelajaran
b. Kegiatan Inti
Pertemuan 1
Siswa :
1. Bertanya jawab tentang binatang yang ada di sekitar rumah.
2. Menentukan binatang yang termasuk binatang peliharaan.
3. Menyebutkan ciri-ciri dari salah satu binatang peliharaan.
4. Mengklasifikasikan kata-kata berdasarkan jenisnya
5. Mengucapkan kata-kata dengan pronunciation yang benar.
6. Memperhatikan penjelasan guru mengenai fungsi dan pola kalimat Simple Present Tense dan menekankan pada penggunaan have/has, to be : is, am, are.
7. Membuat kalimat sederhana berbentuk Simple Present Tense yang berhubungan dengan teks descriptive.
Pertemuan 2
Siswa :
8. Melakukan Tanya jawab berdasarkan gambar yang ditampilkan.
9. Mendengarkan deskripsi tentang binatang berdasarkan gambar.
10. Menjawab pertanyaan berdasarkan deskripsi yang diberikan oleh guru.
11. Membentuk kelompok beranggotakan 4 (empat) orang.
12. Mengisi lembar kerja tentang hewan peliharaan yang mereka amati dari gambar yang diberikan.
13. Bertanya jawab tentang hewan peliharaan yang mereka amati dengan kelompok yang lain.
14. Mendeskripsikan binatang yang diamati secara lisan di depan kelas.
c. Kegiatan Penutup untuk pertemuan 1 dan 2
Siswa :
1. Memperhatikan simpulan tentang hal-hal yang telah diajarkan guru.
2. Memberi refleksi/komentar tentang hal-hal yang telah dipelajari baik yang telah dipahami, yang belum dipahami maupun hal-hal yang menyenangkan dan yang tidak
3. Memperhatikan tugas terstruktur yang diberikan guru untuk memantapkan kompetensi berbicara tentang teks descriptive.
4. Memperhatikan harapan-harapan dan nasehat yang disampaikan guru
V. Sumber Belajar
1. Let’s Talk kelas VII
2. Expressive English For Junior High School Grade VII, PT Angkasa Bandung
3. Pictures of animal
4. Laptop dan LCD
5. Power Point
6. Handout
VI. Tugas Terstruktur:
Siswa membuat laporan lisan tentang deskripsi salah satu binatang peliharaan.
VII. Penilaian
Indikator | Penilaian | ||
Tehnik | Bentuk | Instrument | |
1. Bertanya dan menjawab berbagai informasi secara lisan dalam teks berbentuk descriptive | Lisan | Tanya jawab | Answer the questions based on the pictures given by the teacher. |
2. Melakukan monolog pendek dalam bentuk descriptive | Lisan | Performance | Tell about animals based on the picture. |
a. Rubrik Penilaian:
Aspek | Uraian | Skor |
Fluency Pronunciation Accuracy Content Expression | - Jika lancar dan tidak ada hambatan - Jika terdapat maksimal 5 kali jeda - Jika terdapat lebih dari 5 kali jeda. - Jika sering kali terputus-putus dan berhenti - - Mudah dipahami dan memiliki aksen seperti Received Pronunciation - Mudah dipahami meskipun seperti aksen tertentu - Terdapat kesalahan pengucapan sehingga pendengar harus konsentrasi penuh - Tidak bisa dipahami karena terlalu banyak permasalahan pengucapan - Jika tidak terdapat kesalahan - Jika terdapat maksimal 5 kalimat yang salah - Jika terdapat lebih dari 5 kalimat yang salah - Jika kalimat yang dihasilkan sama sekali tidak bermakna. - Jika terdapat keruntutan langkah-langkah - Jika salah satu langkah yang tidak urut. - Jika terrdapat dua kesalahan langkah-langkah cara melakukan sesuatu. - Jika langkah-langkah tidak berurutan semua. - Jika ekspresi sesuai dengan ungkapan yang disampaikan - Jika ekspresi kurang sesuai dengan ungkapan - Jika ekspresi tidak sesuai dengan ungkapan - Jika tidak ada ekspresi | 4 3 2 1 4 3 2 1 4 3 2 1 4 3 2 1 4 3 2 1 |
Skor maksimal
a. Bag 1 = 5 x 2 = 10
b. Bagian 2 = 5 x 4 = 20
Nilai siswa = Skor perolehan x 100
Skor maksimal
Bantarujeg, Juli 2008
Mengetahui Guru Mata Pelajaran
Kepala Sekolah
……………….. ……………………..
NIP. NIP.
LAMPIRAN
1. Do you have a pet?
2. What kind of pet do you have?
3. What is your pet’s name?
4. What does it looks like?
5. What kind of food does it eat?
6. What does it usually do when it feels hungry?
Kunci Jawaban
1. yes, I do
2. I have a cat
3. My cat is “ Si Manis “
4. It has white and black fur and it has long tail.
5. It usually eats fish, salty fish and milk.
6. It usually meows when it feels hungry.
BAHAN AJAR
SMP / MTs : SMP Negeri 2 Bantarujeg
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas / Semester : VIII / 1
Jenis Teks : Descriptive
Aspek / Skill : Speaking
Alokasi Waktu : 4 x 40 menit (2 x pertemuan)
I. The animals around the house.
1. Bird
2. Cat
3. Dog
4. Fish
5. Monkey
6. Rabbit
7. Hamster
8. Iguana
9. Cock
10. Parrot
II. What pet do you have at home?
III. Find the characteristics of this animal
Gold Fish : 1. .............
2. ............
3. ............
4. ............
5. ............
I. Classify the words above
No | Adjective | Noun |
1. 2. 3. 4. 5. 6. 7. 8. 9 10. | Small |
II. Grammar
a. The present form of To Be
Subject | To be | Noun /Adjective/Adv/Verb |
I She He It You We They | Am is are | happy |
b. Simple Present Tense
Look at the example of these sentences!
1. The dog has four legs.
2. Monkeys have long tail.
3. The rabbit likes carrot
4. My cat drinks milk.
5. The bird has two wings.
c.Study this table to know how to use have/has !
Subject | Have/has | Object |
I She He It You We They | Have has has has have have have | Gold fish |
III. Make the sentences about animals orally
Example : Monkey has a long tail
Wah... Bagus sekali..
BalasHapusSangat pas. Tapi tolong kirimkan yang lebih lengkap ya...
Tolong kirim ke i_s_a_c_c@yahoo.com
terima kasih sebelumnya.
sae kang. kanggo listeningna posting oge atuh.
BalasHapuscecep wijaya
cecep.wijaya@yahoo.com
bagus tpi agak sedikit kurang lengkap....http://us.i1.yimg.com/us.yimg.com/i/mesg/emoticons7/5.gif
BalasHapuskeRen bGt
BalasHapussepty_ny28@yahoo.com
boleh dikirimin dong yang lengkap lagi ke gustiarrama@yahoo.co.id
BalasHapusmakasih banyak sebelumnya
keren.............akhirnya tugas RPP saya bisa terselesaikan...thanks y pak
BalasHapusthank you..
BalasHapusbagus banget,, rpp ya terperinci dan mudah dipraktekan...
sangat membantu...!!
ditunggu ya yang lainnya>>>
jelek
BalasHapuslumayan tapi materinya sedikik kurang komplet
BalasHapustolong ya... kirimin saya soal bhs.inggris, yang komplit ya... joumlah nya 100 soal... kirim secepatnya,, yaaaa... please...
BalasHapus. tolong buatkan saya soal grammar kelas 1 smp smester 2 ya.....!
BalasHapus. PPPPLLLLIIIIIISSSSSS
thnk's . banyak membantu saya
BalasHapusthanks,, sangat membantu s x
BalasHapusMakasih banget nih share RPP nya.. nyari-nyari dari kemarin ga dapet dapet, akhirnya nyasar kesini n dapet RPP yang bagus... thanks
BalasHapusRPP nya bagus, klo bisa rppx memakai bahasa inggris semua karena ini kan pelajaran bahasa inggris biar berguna juga bagi orang yang butuh rpp yang berbahasa inggris semua
BalasHapusterima kasih telah mau berbagi ilmu
BalasHapustolong yang lebih lengkap lagi dong n terimakasih
BalasHapusRPP nya bagus mudah untuk dipahami
BalasHapusRPP'y bagus,jelas,n mudah d'pahami,,
BalasHapusthanks so much for the lesson plan, its so good
BalasHapusand can help me to open my brain how to make my assignment, when i haven't idea.
thanks and thanks
terima kasih banyak
BalasHapusmakasie atas infona,....
BalasHapuswah, siip nih. Bisa buat patokan belajar saya.wah, siip nih. Bisa buat patokan belajar saya.
BalasHapusmakasih, berguna bgt buat aya.
BalasHapuswaduh,...akhirnya tau jg apa yg kami cri,he...thank's a lot.
BalasHapusContoh Kangge listeningna mana Kang????
BalasHapuskok yang smt 1 nx gg add??
BalasHapustampilin yg terbru dunk...
biar cya bisa berpatokan sama ini..
okeh??
kalo cya cri eank laen pda ngawur...
BalasHapusjlek2..
gg lngkap lge...
please lengkapin ea..
help me please???
iki opo ngono ra ono
BalasHapussoale blast...
lumayan ni mas bro, thanks ya
BalasHapusbisa minta rpp lengkapnya ga ya. Thanks
BalasHapusBoleh minta rpp lengkapnya kak? Makasih sebelumnya kak
BalasHapushttps://bayanlarsitesi.com/
BalasHapusYenibosna
Anadolu Kavağı
İçerenköy
Yeşilköy
VKJ
Batman
BalasHapusArdahan
Adıyaman
Antalya
Giresun
2YGSK2
ankara
BalasHapussakarya
tekirdağ
kastamonu
amasya
8V7
elazığ
BalasHapuserzincan
bayburt
tunceli
sakarya
CL7
sakarya
BalasHapusyalova
elazığ
van
kilis
PETİHW
van
BalasHapusdüzce
mardin
elazığ
sakarya
SGZF
görüntülü show
BalasHapusücretlishow
Y7PKUJ
513E0
BalasHapusErzurum Evden Eve Nakliyat
Artvin Evden Eve Nakliyat
Sinop Evden Eve Nakliyat
Ağrı Evden Eve Nakliyat
Çerkezköy Çatı Ustası
72573
BalasHapusÜnye Yol Yardım
Iğdır Lojistik
Silivri Evden Eve Nakliyat
Ünye Televizyon Tamircisi
Ankara Parke Ustası
Rize Şehir İçi Nakliyat
Şırnak Lojistik
Kastamonu Parça Eşya Taşıma
Uşak Şehir İçi Nakliyat
95FED
BalasHapusrize mobil sohbet
tekirdağ sesli sohbet sitesi
van görüntülü sohbet canlı
canlı sohbet
elazığ rastgele görüntülü sohbet uygulaması
kadınlarla sohbet et
bedava sohbet chat odaları
muğla en iyi görüntülü sohbet uygulamaları
diyarbakır rastgele sohbet siteleri
1C245
BalasHapusBingöl Bedava Sohbet Odaları
canlı görüntülü sohbet siteleri
Ağrı Ücretsiz Sohbet
görüntülü sohbet ücretsiz
Aydın En İyi Ücretsiz Görüntülü Sohbet Siteleri
canli sohbet
samsun rastgele görüntülü sohbet ücretsiz
çankırı görüntülü canlı sohbet
erzincan telefonda rastgele sohbet
C8489
BalasHapusBinance Nasıl Oynanır
Bone Coin Hangi Borsada
Arbitrum Coin Hangi Borsada
Threads Takipçi Satın Al
Wabi Coin Hangi Borsada
Gate io Borsası Güvenilir mi
Discord Sunucu Üyesi Satın Al
Anc Coin Hangi Borsada
Jns Coin Hangi Borsada
ADFCE
BalasHapusNonolive Takipçi Satın Al
Parasız Görüntülü Sohbet
Binance Referans Kodu
Dlive Takipçi Satın Al
Binance Referans Kodu
Kripto Para Nasıl Oynanır
Youtube Abone Satın Al
Clubhouse Takipçi Hilesi
Bitcoin Kazanma
75CAE
BalasHapusAğın
Üsküdar
Çemişgezek
Bayramören
Çelebi
İnhisar
Kızılören
Ovacık
İbradi
TJHNYTJUUYTKI
BalasHapusشركة كشف تسربات المياه
شركة تنظيف بخميس مشيط vNRlZxGo09
BalasHapus25629F4AD0
BalasHapusmoonbeam
rocketpool stake
galxe stake
dymension stake
aethir
tokenfi
puffer
mitosis
dymension
14DB084EB2
BalasHapusyoutube türk beğeni