Berikut
ini adalah Kisi-Kisi/SKL Ujian Nasional untuk jenjang SMP-MTS tahun Pelajaran
2011/2012 yang saya salin dari SK-BSNP tentang Kisi-kisi dan kisi-kisi yang
dikeluarkan oleh BSNP (Badan Standar Nasional Pendidikan)
1. BAHASA INDONESIA SMP/MTs
NO.
|
STANDAR KOMPETENSI LULUSAN
|
INDIKATOR
|
1.
|
Membaca
Membaca dan memahami berbagai teks nonsastra (biografi,
artikel, berita, iklan, tabel/diagram, bagan, grafik, peta, denah), berbagai
karya sastra (puisi, antologi puisi, cerpen, buku kumpulan cerpen, cerita
anak, buku cerita anak, novel remaja, novel angkatan 20 – 30-an, dan drama)
|
Mengidentifikasi isi dan bagian
suatu teks.
|
Menentukan persamaan isi berita.
|
||
Menentukan perbedaan penyajian
berita.
|
||
Mengidentifikasi isi teks
biografi/iklan.
|
||
Menentukan kalimat fakta/opini dalam teks iklan.
|
||
Menyimpulkan isi paragraf.
|
||
Mengidentifikasi isi grafik,
tabel, bagan, denah.
|
||
Mengidentifikasi unsur intrinsik puisi.
|
||
Mengidentifikasi unsur intrinsik cerita pendek/cerita
anak.
|
||
Mengidentifikasi perbedaan karakteristik dua novel.
|
||
Mengidentifikasi unsur intrinsik
drama.
|
||
2.
|
Menulis
Menulis dan menyunting teks nonsastra dengan menggunakan
kosakata yang bervariasi dan efektif dalam bentuk buku harian, surat pribadi,
surat dinas, narasi dan pesan singkat, laporan, pengumuman, petunjuk,
rangkuman, teks berita, slogan/ poster, iklan, resensi dan karangan, surat
pembaca, teks pidato, dan karya ilmiah; menulis teks sastra dalam bentuk
puisi, pantun, dongeng, cerpen, dan drama.
|
Menulis catatan pengalaman pada buku harian.
|
Menulis pesan singkat sesuai
konteks.
|
||
Menulis laporan/pengumuman/resensi.
|
||
Melengkapi surat pribadi/surat dinas/surat pembaca.
|
||
Menulis rangkuman.
|
||
Menulis teks berita sesuai konteks Menulis slogan
sesuai konteks.
|
||
Menulis iklan sesuai konteks.
|
||
Menyusun petunjuk melakukan
sesuatu.
|
||
Menulis teks pidato.
|
||
Menulis rumusan masalah karya ilmiah/saran karya
ilmiah/daftar pustaka.
|
||
Menyunting kalimat, ejaan/tanda
baca, pilihan kata.
|
||
Melengkapi pantun.
|
||
Melengkapi puisi.
|
||
Melengkapi naskah drama.
|
2. BAHASA INGGRIS SMP/MTs
NO.
|
STANDAR KOMPETENSI LULUSAN
|
INDIKATOR
|
1.
|
Reading (Membaca)
Memahami makna dalam wacana tertulis pendek baik teks
fungsional maupun esai sederhana berbentuk deskriptif (descriptive,
procedure, maupun report) dan naratif (narrative dan recount) dalam konteks
kehidupan sehari-hari.
|
Menentukan gambaran umum/pikiran utama paragraf/informasi
tertentu/informasi rinci, tersurat dan atau tersirat/rujukan kata atau makna
kata/frasa atau tujuan komunikatif dalam teks fungsional pendek berbentuk
caution/notice/warning, greeting card, letter/e-mail, short message,
advertisement, announcement, invitation.
|
Menentukan gambaran umum/pikiran utama paragraf/informasi
tertentu/informasi rinci, tersurat dan atau tersirat/rujukan kata atau makna
kata/frasa atau tujuan komunikatif dalam teks berbentuk procedure.
|
||
Menentukan gambaran umum/pikiran utama paragraf/informasi
tertentu/informasi rinci, tersurat dan atau tersirat/rujukan kata atau makna
kata/frasa atau tujuan komunikatif dalam teks berbentuk descriptive.
|
||
Menentukan gambaran umum/pikiran utama paragraf/informasi
tertentu/informasi rinci, tersurat dan atau tersirat/rujukan kata atau makna
kata/frasa atau tujuan komunikatif dalam teks berbentuk recount.
|
||
Menentukan gambaran umum/pikiran utama paragraf/informasi
tertentu /informasi rinci, tersurat dan atau tersirat/rujukan kata atau makna
kata/frasa atau pesan moral/tujuan komunikatif dalam teks berbentuk narrative.
|
||
Menentukan gambaran umum/pikiran utama paragraf/informasi
tertentu/informasi rinci, tersurat dan atau tersirat/rujukan kata atau makna
kata/frasa atau tujuan komunikatif dalam teks berbentuk report.
|
||
2.
|
Writing (Menulis)
Mengungkapkan makna secara tertulis teks fungsional pendek
dan esai sederhana berbentuk deskriptif (descriptive, procedure, maupun
report) dan naratif (narrative dan recount) dalam konteks kehidupan
sehari-hari.
|
Menentukan kata yang tepat untuk melengkapi teks rumpang
bentuk recount/narrative sederhana.
|
Menentukan kata yang tepat untuk melengkapi teks rumpang
bentuk descriptive/procedure sederhana.
|
||
Menentukan susunan kata yang tepat untuk membuat kalimat
yang bermakna.
|
||
Menentukan susunan kalimat yang tepat untuk membuat
paragraf yang padu dan bermakna.
|
3. MATEMATIKA SMP/MTs
NO.
|
STANDAR KOMPETENSI LULUSAN
|
INDIKATOR
|
1.
|
Menggunakan konsep operasi hitung dan sifat-sifat
bilangan, perbandingan, bilangan berpangkat, aritmetika
sosial, barisan bilangan, serta penggunaannya dalam
pemecahan masalah.
|
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan operasi
tambah, kurang, kali, atau bagi pada bilangan.
|
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan perbandingan.
|
||
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan bilangan
berpangkat atau bentuk akar.
|
||
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan perbankan atau
koperasi dalam aritmetika sosial sederhana.
|
||
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan barisan
bilangan dan deret.
|
||
2.
|
Memahami operasi bentuk aljabar, konsep persamaan linier,
persamaan garis, himpunan, relasi, fungsi, sistem persamaan linier, serta
penggunaannya dalam pemecahan masalah.
|
Menentukan pemfaktoran bentuk aljabar.
|
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan persamaan
linier atau pertidaksamaan linier satu variabel.
|
||
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan himpunan.
|
||
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan fungsi.
|
||
Menentukan gradien, persamaan garis, atau grafiknya.
|
||
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan sistem
persamaan linier dua variabel.
|
||
3.
|
Memahami bangun datar, bangun ruang, sudut, serta
menggunakannya dalam pemecahan masalah.
|
Menyelesaikan soal dengan menggunakan teorema Pythagoras.
|
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan luas bangun
datar.
|
||
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan keliling bangun
datar.
|
||
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan hubungan dua
garis, besar dan jenis sudut, serta sifat sudut yang terbentuk dari dua garis
yang di potong garis lain.
|
||
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan garis- garis
istimewa pada segitiga.
|
||
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan
unsur-unsur/bagian-bagian lingkaran atau hubungan dua lingkaran.
|
||
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan kesebangunan
atau kongruensi.
|
||
Menentukan unsur-unsur pada bangun ruang.
|
||
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan kerangka atau
jaring-jaring bangun ruang.
|
||
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan luas permukaan
bangun ruang.
|
||
4.
|
Memahami konsep dalam statistika, serta menerapkannya
dalam pemecahan masalah.
|
Menentukan ukuran pemusatan atau menggunakannya dalam
menyelesaikan masalah sehari-hari.
|
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan penyajian atau
penafsiran data.
|
||
5.
|
Memahami konsep peluang suatu kejadian serta menerapkannya
dalam pemecahan masalah.
|
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan peluang suatu
kejadian.
|
4. ILMU PENGETAHUAN ALAM SMP/MTs
NO.
|
STANDAR KOMPETENSI LULUSAN
|
INDIKATOR
|
1.
|
Melakukan pengukuran dasar secara teliti dengan
menggunakan alat ukur yang sesuai dan sering digunakan dalam kehidupan
sehari-hari.
|
Menentukan besaran pokok, besaran turunan dan satuannya
atau penggunaan alat ukur dalam kehidupan sehari-hari.
|
2.
|
Menerapkan konsep zat dan kalor serta kegunaannya dalam
kehidupan sehari-hari.
|
Menentukan
sifat-sifat zat berdasarkan wujudnya atau penerapan konsep massa jenis
dalam kehidupan sehari-hari.
|
Menjelaskan pengaruh suhu terhadap pemuaian zat yang
terjadi dalam kehidupan sehari-hari.
|
||
Menentukan besaran kalor dalam proses perubahan suhu atau
penerapan perubahan wujud zat dalam kehidupan sehari-hari.
|
||
3.
|
Mendeskripsikan dasar-dasar mekanika (gerak, gaya, usaha,
dan energi) serta penerapan konsep tekanan dalam kehidupan sehari-hari.
|
Menentukan jenis gerak lurus atau penerapan hukum Newton
dalam kehidupan sehari-hari.
|
Menentukan besaran fisis pada usaha atau energi pada
kondisi tertentu.
|
||
Menentukan penerapan pesawat sederhana dalam kehidupan
sehari-hari.
|
||
Menentukan besaran fisis yang terkait dengan tekanan pada
suatu zat.
|
||
4.
|
Memahami konsep-konsep dan penerapan, getaran, gelombang,
bunyi, dan optik dalam produk teknologi sehari-hari.
|
Menentukan besaran fisis pada getaran atau gelombang.
|
Menjelaskan sifat
bunyi atau penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.
|
||
Menentukan sifat cahaya, besaran-besaran yang berhubungan
dengan cermin/lensa atau penerapan
alat optik dalam kehidupan sehari-hari.
|
||
5.
|
Memahami konsep kelistrikan dan kemagnetan serta
penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.
|
Menjelaskan gejala listrik statis dalam penerapan
kehidupan sehari-hari.
|
Menentukan besaran-besaran listrik dinamis dalam suatu
rangkaian (seri/paralel, Hukum Ohm, Hukum Kirchhoff) serta penerapannya dalam
kehidupan sehari-hari.
|
||
Menentukan besarnya energi atau daya listrik dalam
kehidupan sehari-hari.
|
||
Menjelaskan cara pembuatan magnet dan kutub- kutub yang
dihasilkan.
|
||
Menjelaskan peristiwa induksi elektromagnetik atau
penerapannya pada transformator.
|
||
6.
|
Memahami sistem tata surya dan proses yang terjadi
didalamnya.
|
Menjelaskan fenomena alam yang terjadi akibat perubahan
suhu atau peredaran bumi-bulan terhadap matahari
|
7.
|
Mendeskripsikan konsep atom, ion dan molekul dihubungkan
dengan produk kimia sehari-hari.
|
Mengidentifikasi atom, ion, unsur, atau molekul sederhana
serta penggunaannya pada produk kimia dalam kehidupan sehari-hari.
|
8.
|
Mendeskripsikan klasifikasi zat, sifat- sifat, dan
perubahannya.
|
Menjelaskan sifat-sifat fisika dan atau kimia berdasarkan
hasil percobaan.
|
Menjelaskan perubahan fisika atau kimia berdasarkan hasil
percobaan.
|
||
9.
|
Mendeskripsikan bahan kimia dalam kehidupan sehari-hari
serta pengaruhnya pada tubuh manusia dan lingkungan.
|
Menjelaskan bahan kimia dan dampak negatifnya bagi tubuh
manusia dan lingkungannya.
|
Menjelaskan zat adiktif/psikotropika serta pengaruhnya
bagi tubuh manusia.
|
||
10.
|
Mendeskripsikan ciri-ciri dan keanekaragaman makhluk
hidup, serta pentingnya pelestarian makhluk hidup dalam kehidupan.
|
Mengidentifikasi ciri-ciri makhluk hidup.
|
Mengelompokkan makhluk hidup berdasarkan ciri- cirinya.
|
||
11.
|
Mendeskripsikan komponen ekosistem, interaksi antarmakhluk
hidup dalam lingkungan, serta peran manusia dalam pengelolaan lingkungan.
|
Menjelaskan interaksi antar makhluk hidup dalam ekosistem.
|
Menjelaskan usaha-usaha manusia untuk mengatasi pencemaran
dan kerusakan lingkungan.
|
||
Menjelaskan hubungan antara kepadatan populasi manusia
dengan kualitas lingkungan berdasarkan hasil pengamatan/kasus
| ||
12
|
Menjelaskan sistem organ pada manusia.
|
Menjelaskan sistem peredaran darah pada manusia/penyakit
yang berhubungan dengannya.
|
Menjelaskan sistem pencernaan dan enzim-enzim yang
berperan pada proses pencernaan.
|
||
Menjelaskan sistem pernapasan pada manusia/penyakit yang
berhubungan dengannya.
|
||
Menjelaskan sistem gerak pada manusia/penyakit yang
berhubungan dengannya.
|
||
Menjelaskan sistem ekskresi/reproduksi pada manusia/penyakit
yang berhubungan dengannya.
|
||
Menjelaskan sistem saraf/alat indera pada manusia.
|
||
13
|
Menjelaskan sistem organ dalam kehidupan tumbuhan
|
Menjelaskan struktur dan fungsi jaringan/ organ pada
tumbuhan.
|
Menjelaskan respons tumbuhan terhadap pengaruh lingkungan
luar.
|
||
Menjelaskan proses fotosintesis melalui percobaan-
percobaan tentang proses tersebut.
|
||
14
|
Mengaplikasikan konsep pertumbuhan dan perkembangan,
kelangsungan hidup dan pewarisan sifat pada organisme serta kaitannya dengan
lingkungan, teknologi dan masyarakat.
|
Menjelaskan pertumbuhan dan perkembangan pada makhluk
hidup.
|
Memberi contoh adaptasi makhluk hidup/seleksi alam dalam
kelangsungan hidup makhluk hidup.
|
||
Menginterpretasi proses persilangan berdasarkan hukum
Mendel.
|
||
Menjelaskan pemanfaatan bioteknologi untuk kehidupan
manusia.
|
Untuk
Kisi-Kisi UN Tahun Pelajaran 2011/2012
selengkapnya bisa didownload di link berikut:
- Kisi-Kisi UN
Tahun Pelajaran 2011/2012 untuk SD-MI [DOWNLOAD DISINI]
- Kisi-Kisi UN
Tahun Pelajaran 2011/2012 untuk SMP-MTs-SMPLB, SMA-MA-SMALB dan SMK [DOWNLOAD DISINI]
Semoga
bermamfaat.
info yang sangat bermanfaat,
BalasHapusTerima kasih atas kunjungannya
Hapusirformasi ini sangat bermanfaat bagi kalangan remaja yg akn ikut UN.
Hapusini yang di cari kalangan remaja kini yg ingin ikut ujian
HapusKomentar ini telah dihapus oleh pengarang.
BalasHapusbaguss bagusss
BalasHapusWilujeng wayah kieu Pak Mun :-D. Wah kaleresan yeuh aya kisi-kisi UN kanggo SD. Hatur nuhun info na Pak...
BalasHapuswilujeng wayah kieu deui pak ferdi, hatur nuhun tos dilongok :)
Hapussami-sami, mudah-mudahan un 2012 langkung sae hasilna.
hatur nuhun pa. ijin copy
BalasHapusmakasih
BalasHapus