Berikut
ini adalah Kisi-Kisi/SKL Ujian Nasional untuk jenjang SMP-MTS tahun Pelajaran
2011/2012 yang saya salin dari SK-BSNP tentang Kisi-kisi dan kisi-kisi yang
dikeluarkan oleh BSNP (Badan Standar Nasional Pendidikan)
1.  BAHASA INDONESIA SMP/MTs 
NO. 
 | 
   
STANDAR  KOMPETENSI LULUSAN 
 | 
   
INDIKATOR 
 | 
  
1. 
 | 
  
Membaca   
Membaca dan memahami berbagai teks nonsastra (biografi,
  artikel, berita, iklan, tabel/diagram, bagan, grafik, peta, denah), berbagai
  karya sastra (puisi, antologi puisi, cerpen, buku kumpulan cerpen, cerita
  anak, buku cerita anak, novel remaja, novel angkatan 20 – 30-an, dan drama) 
 | 
  
Mengidentifikasi isi dan bagian
  suatu teks.  
 | 
 
Menentukan persamaan isi berita. 
 | 
 ||
Menentukan perbedaan penyajian
  berita. 
 | 
 ||
Mengidentifikasi isi teks
  biografi/iklan. 
 | 
 ||
Menentukan kalimat fakta/opini dalam teks iklan. 
 | 
 ||
Menyimpulkan isi paragraf. 
 | 
 ||
Mengidentifikasi isi grafik,
  tabel, bagan, denah. 
 | 
 ||
Mengidentifikasi unsur intrinsik puisi. 
 | 
 ||
Mengidentifikasi unsur intrinsik cerita pendek/cerita
  anak. 
 | 
 ||
Mengidentifikasi perbedaan karakteristik dua novel. 
 | 
 ||
Mengidentifikasi unsur intrinsik
  drama. 
 | 
 ||
2. 
 | 
  
Menulis   
Menulis dan menyunting teks nonsastra dengan menggunakan
  kosakata yang bervariasi dan efektif dalam bentuk buku harian, surat pribadi,
  surat dinas, narasi dan pesan singkat, laporan, pengumuman, petunjuk,
  rangkuman, teks berita, slogan/ poster, iklan, resensi dan karangan, surat
  pembaca, teks pidato, dan karya ilmiah; menulis teks sastra dalam bentuk
  puisi, pantun, dongeng, cerpen, dan drama. 
 | 
  
Menulis catatan pengalaman pada buku harian. 
 | 
 
Menulis pesan singkat sesuai
  konteks. 
 | 
 ||
Menulis laporan/pengumuman/resensi. 
 | 
 ||
Melengkapi surat pribadi/surat dinas/surat pembaca. 
 | 
 ||
Menulis rangkuman. 
 | 
 ||
Menulis teks berita sesuai konteks Menulis slogan  
sesuai konteks. 
 | 
 ||
Menulis iklan sesuai konteks. 
 | 
 ||
Menyusun petunjuk melakukan
  sesuatu. 
 | 
 ||
Menulis teks pidato. 
 | 
 ||
Menulis rumusan masalah karya ilmiah/saran karya
  ilmiah/daftar pustaka. 
 | 
 ||
Menyunting kalimat, ejaan/tanda
  baca, pilihan kata. 
 | 
 ||
Melengkapi pantun. 
 | 
 ||
Melengkapi puisi. 
 | 
 ||
Melengkapi naskah drama. 
 | 
 
2. BAHASA INGGRIS SMP/MTs
NO. 
 | 
   
STANDAR KOMPETENSI LULUSAN 
 | 
   
INDIKATOR 
 | 
  
1. 
 | 
  
Reading (Membaca) 
Memahami makna dalam wacana tertulis pendek baik teks
  fungsional maupun esai sederhana berbentuk deskriptif (descriptive,
  procedure, maupun report) dan naratif (narrative dan recount) dalam konteks
  kehidupan sehari-hari. 
 | 
  
Menentukan gambaran umum/pikiran utama paragraf/informasi
  tertentu/informasi rinci, tersurat dan atau tersirat/rujukan kata atau makna
  kata/frasa atau tujuan komunikatif dalam teks fungsional pendek berbentuk
  caution/notice/warning, greeting card, letter/e-mail, short message,
  advertisement, announcement, invitation. 
 | 
 
Menentukan gambaran umum/pikiran utama paragraf/informasi
  tertentu/informasi rinci, tersurat dan atau tersirat/rujukan kata atau makna
  kata/frasa atau tujuan komunikatif dalam teks berbentuk procedure. 
 | 
 ||
Menentukan gambaran umum/pikiran utama paragraf/informasi
  tertentu/informasi rinci, tersurat dan atau tersirat/rujukan kata atau makna
  kata/frasa atau tujuan komunikatif dalam teks berbentuk descriptive. 
 | 
 ||
Menentukan gambaran umum/pikiran utama paragraf/informasi
  tertentu/informasi rinci, tersurat dan atau tersirat/rujukan kata atau makna
  kata/frasa atau tujuan komunikatif dalam teks berbentuk recount. 
 | 
 ||
Menentukan gambaran umum/pikiran utama paragraf/informasi
  tertentu /informasi rinci, tersurat dan atau tersirat/rujukan kata atau makna
  kata/frasa atau pesan moral/tujuan komunikatif dalam teks berbentuk  narrative. 
 | 
 ||
Menentukan gambaran umum/pikiran utama paragraf/informasi
  tertentu/informasi rinci, tersurat dan atau tersirat/rujukan kata atau makna
  kata/frasa atau tujuan komunikatif dalam teks berbentuk report. 
 | 
 ||
2. 
 | 
  
Writing (Menulis) 
Mengungkapkan makna secara tertulis teks fungsional pendek
  dan esai sederhana berbentuk deskriptif (descriptive, procedure, maupun
  report) dan naratif (narrative dan recount) dalam konteks kehidupan
  sehari-hari. 
 | 
  
Menentukan kata yang tepat untuk melengkapi teks rumpang
  bentuk recount/narrative sederhana. 
 | 
 
Menentukan kata yang tepat untuk melengkapi teks rumpang
  bentuk descriptive/procedure sederhana.  
 | 
 ||
Menentukan susunan kata yang tepat untuk membuat kalimat
  yang bermakna. 
 | 
 ||
Menentukan susunan kalimat yang tepat untuk membuat
  paragraf yang padu dan bermakna. 
 | 
 
3. MATEMATIKA SMP/MTs
NO. 
 | 
   
STANDAR KOMPETENSI LULUSAN 
 | 
   
INDIKATOR 
 | 
  
1. 
 | 
  
Menggunakan konsep operasi hitung dan sifat-sifat
  bilangan, perbandingan, bilangan berpangkat, aritmetika 
sosial, barisan bilangan, serta penggunaannya dalam
  pemecahan masalah. 
 | 
  
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan operasi
  tambah, kurang, kali, atau bagi pada bilangan. 
 | 
 
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan perbandingan. 
 | 
 ||
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan bilangan
  berpangkat atau bentuk akar. 
 | 
 ||
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan perbankan atau
  koperasi dalam aritmetika sosial sederhana. 
 | 
 ||
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan barisan
  bilangan dan deret. 
 | 
 ||
2. 
 | 
  
Memahami operasi bentuk aljabar, konsep persamaan linier,
  persamaan garis, himpunan, relasi, fungsi, sistem persamaan linier, serta 
penggunaannya dalam pemecahan masalah. 
 | 
  
Menentukan pemfaktoran bentuk aljabar.  
 | 
 
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan persamaan
  linier atau pertidaksamaan linier satu variabel. 
 | 
 ||
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan himpunan. 
 | 
 ||
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan fungsi. 
 | 
 ||
Menentukan gradien, persamaan garis, atau grafiknya. 
 | 
 ||
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan sistem
  persamaan linier dua variabel. 
 | 
 ||
3. 
 | 
  
Memahami bangun datar, bangun ruang, sudut, serta
  menggunakannya dalam pemecahan masalah. 
 | 
  
Menyelesaikan soal dengan menggunakan teorema Pythagoras. 
 | 
 
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan luas bangun
  datar. 
 | 
 ||
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan keliling bangun
  datar. 
 | 
 ||
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan hubungan dua
  garis, besar dan jenis sudut, serta sifat sudut yang terbentuk dari dua garis
  yang di potong garis lain. 
 | 
 ||
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan garis- garis
  istimewa pada segitiga. 
 | 
 ||
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan
  unsur-unsur/bagian-bagian lingkaran atau hubungan dua lingkaran. 
 | 
 ||
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan kesebangunan
  atau kongruensi. 
 | 
 ||
Menentukan unsur-unsur pada bangun ruang. 
 | 
 ||
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan kerangka atau
  jaring-jaring bangun ruang. 
 | 
 ||
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan luas permukaan
  bangun ruang. 
 | 
 ||
4. 
 | 
  
Memahami konsep dalam statistika, serta menerapkannya
  dalam pemecahan masalah. 
 | 
  
Menentukan ukuran pemusatan atau menggunakannya dalam
  menyelesaikan masalah sehari-hari. 
 | 
 
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan penyajian atau
  penafsiran data. 
 | 
 ||
5. 
 | 
  
Memahami konsep peluang suatu kejadian serta menerapkannya
  dalam pemecahan masalah. 
 | 
  
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan peluang suatu
  kejadian. 
 | 
 
4. ILMU PENGETAHUAN ALAM SMP/MTs
NO. 
 | 
   
STANDAR KOMPETENSI LULUSAN 
 | 
   
INDIKATOR 
 | 
  
1. 
 | 
  
Melakukan pengukuran dasar secara teliti dengan
  menggunakan alat ukur yang sesuai dan sering digunakan dalam kehidupan
  sehari-hari. 
 | 
  
Menentukan besaran pokok, besaran turunan dan satuannya
  atau penggunaan alat ukur dalam kehidupan sehari-hari. 
 | 
 
2. 
 | 
  
Menerapkan konsep zat dan kalor serta kegunaannya dalam
  kehidupan sehari-hari. 
 | 
  
Menentukan 
  sifat-sifat zat berdasarkan wujudnya atau penerapan konsep massa jenis
  dalam kehidupan sehari-hari. 
 | 
 
Menjelaskan pengaruh suhu terhadap pemuaian zat yang
  terjadi dalam kehidupan sehari-hari. 
 | 
 ||
Menentukan besaran kalor dalam proses perubahan suhu atau
  penerapan perubahan wujud zat dalam kehidupan sehari-hari. 
 | 
 ||
3. 
 | 
  
Mendeskripsikan dasar-dasar mekanika (gerak, gaya, usaha,
  dan energi) serta penerapan konsep tekanan dalam kehidupan sehari-hari. 
 | 
  
Menentukan jenis gerak lurus atau penerapan hukum Newton
  dalam kehidupan sehari-hari. 
 | 
 
Menentukan besaran fisis pada usaha atau energi pada
  kondisi tertentu. 
 | 
 ||
Menentukan penerapan pesawat sederhana dalam kehidupan
  sehari-hari. 
 | 
 ||
Menentukan besaran fisis yang terkait dengan tekanan pada
  suatu zat. 
 | 
 ||
4. 
 | 
  
Memahami konsep-konsep dan penerapan, getaran, gelombang,
  bunyi, dan optik dalam produk teknologi sehari-hari. 
 | 
  
Menentukan besaran fisis pada getaran atau gelombang. 
 | 
 
Menjelaskan  sifat
  bunyi atau penerapannya dalam kehidupan sehari-hari. 
 | 
 ||
Menentukan sifat cahaya, besaran-besaran yang berhubungan
  dengan  cermin/lensa atau penerapan
  alat optik dalam kehidupan sehari-hari. 
 | 
 ||
5. 
 | 
  
Memahami konsep kelistrikan dan kemagnetan serta
  penerapannya dalam kehidupan sehari-hari. 
 | 
  
Menjelaskan gejala listrik statis dalam penerapan
  kehidupan sehari-hari. 
 | 
 
Menentukan besaran-besaran listrik dinamis dalam suatu
  rangkaian (seri/paralel, Hukum Ohm, Hukum Kirchhoff) serta penerapannya dalam
  kehidupan sehari-hari. 
 | 
 ||
Menentukan besarnya energi atau daya listrik dalam
  kehidupan sehari-hari. 
 | 
 ||
Menjelaskan cara pembuatan magnet dan kutub- kutub yang
  dihasilkan. 
 | 
 ||
Menjelaskan peristiwa induksi elektromagnetik atau
  penerapannya pada transformator. 
 | 
 ||
6. 
 | 
  
Memahami sistem tata surya dan proses yang terjadi
  didalamnya. 
 | 
  
Menjelaskan fenomena alam yang terjadi akibat perubahan
  suhu atau peredaran bumi-bulan terhadap matahari 
 | 
 
7. 
 | 
  
Mendeskripsikan konsep atom, ion dan molekul dihubungkan
  dengan produk kimia sehari-hari. 
 | 
  
Mengidentifikasi atom, ion, unsur, atau molekul sederhana
  serta penggunaannya pada produk kimia dalam kehidupan sehari-hari. 
 | 
 
8. 
 | 
  
Mendeskripsikan klasifikasi zat, sifat- sifat, dan
  perubahannya. 
 | 
  
Menjelaskan sifat-sifat fisika dan atau kimia berdasarkan
  hasil percobaan. 
 | 
 
Menjelaskan perubahan fisika atau kimia berdasarkan hasil
  percobaan. 
 | 
 ||
9. 
 | 
  
Mendeskripsikan bahan kimia dalam kehidupan sehari-hari
  serta pengaruhnya pada tubuh manusia dan lingkungan. 
 | 
  
Menjelaskan bahan kimia dan dampak negatifnya bagi tubuh
  manusia dan lingkungannya. 
 | 
 
Menjelaskan zat adiktif/psikotropika serta pengaruhnya
  bagi tubuh manusia. 
 | 
 ||
10. 
 | 
  
Mendeskripsikan ciri-ciri dan keanekaragaman makhluk
  hidup, serta pentingnya pelestarian makhluk hidup dalam kehidupan. 
 | 
  
Mengidentifikasi ciri-ciri makhluk hidup. 
 | 
 
Mengelompokkan makhluk hidup berdasarkan ciri- cirinya. 
 | 
 ||
11. 
 | 
  
Mendeskripsikan komponen ekosistem, interaksi antarmakhluk
  hidup dalam lingkungan, serta peran manusia dalam pengelolaan lingkungan. 
 | 
  
Menjelaskan interaksi antar makhluk hidup dalam ekosistem. 
 | 
 
Menjelaskan usaha-usaha manusia untuk mengatasi pencemaran
  dan kerusakan lingkungan. 
 | 
 ||
Menjelaskan hubungan antara kepadatan populasi manusia
  dengan kualitas lingkungan berdasarkan hasil pengamatan/kasus 
 | ||
12 
 | 
  
Menjelaskan sistem organ pada manusia. 
 | 
  
Menjelaskan sistem peredaran darah pada manusia/penyakit
  yang berhubungan dengannya. 
 | 
 
Menjelaskan sistem pencernaan dan enzim-enzim yang
  berperan pada proses pencernaan. 
 | 
 ||
Menjelaskan sistem pernapasan pada manusia/penyakit yang
  berhubungan dengannya. 
 | 
 ||
Menjelaskan sistem gerak pada manusia/penyakit yang
  berhubungan dengannya. 
 | 
 ||
Menjelaskan sistem ekskresi/reproduksi pada manusia/penyakit
  yang berhubungan dengannya. 
 | 
 ||
Menjelaskan sistem saraf/alat indera pada manusia.  
 | 
 ||
13 
 | 
  
Menjelaskan sistem organ dalam kehidupan tumbuhan 
 | 
  
Menjelaskan struktur dan fungsi jaringan/ organ pada
  tumbuhan. 
 | 
 
Menjelaskan respons tumbuhan terhadap pengaruh lingkungan
  luar. 
 | 
 ||
Menjelaskan proses fotosintesis melalui percobaan-
  percobaan tentang proses tersebut. 
 | 
 ||
14 
 | 
  
Mengaplikasikan konsep pertumbuhan dan perkembangan,
  kelangsungan hidup dan pewarisan sifat pada organisme serta kaitannya dengan
  lingkungan, teknologi dan masyarakat. 
 | 
  
Menjelaskan pertumbuhan dan perkembangan pada makhluk
  hidup. 
 | 
 
Memberi contoh adaptasi makhluk hidup/seleksi alam dalam
  kelangsungan hidup makhluk hidup. 
 | 
 ||
Menginterpretasi proses persilangan berdasarkan hukum
  Mendel. 
 | 
 ||
Menjelaskan pemanfaatan bioteknologi untuk kehidupan
  manusia. 
 | 
 
Untuk 
Kisi-Kisi UN Tahun Pelajaran 2011/2012
selengkapnya bisa didownload di link berikut:
- Kisi-Kisi UN
     Tahun Pelajaran 2011/2012 untuk SD-MI [DOWNLOAD DISINI]
 - Kisi-Kisi UN
     Tahun Pelajaran 2011/2012 untuk SMP-MTs-SMPLB, SMA-MA-SMALB dan SMK [DOWNLOAD DISINI]
 
Semoga
bermamfaat.
info yang sangat bermanfaat,
BalasHapusTerima kasih atas kunjungannya
Hapusirformasi ini sangat bermanfaat bagi kalangan remaja yg akn ikut UN.
Hapusini yang di cari kalangan remaja kini yg ingin ikut ujian
HapusKomentar ini telah dihapus oleh pengarang.
BalasHapusbaguss bagusss
BalasHapusWilujeng wayah kieu Pak Mun :-D. Wah kaleresan yeuh aya kisi-kisi UN kanggo SD. Hatur nuhun info na Pak...
BalasHapuswilujeng wayah kieu deui pak ferdi, hatur nuhun tos dilongok :)
Hapussami-sami, mudah-mudahan un 2012 langkung sae hasilna.
hatur nuhun pa. ijin copy
BalasHapusmakasih
BalasHapus