Pedoman Uji Kompetensi Guru 2012

LATAR BELAKANG UJI KOMPETENSI GURU (UKG)
Guru adalah pendidik profesional dengan tugas utama mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi peserta didik pada pendidikan anak usia dini jalur pendidikan formal, pendidikan dasar, dan pendidikan menengah. Guru harus   memiliki   kualifikasi   akademik   minimum   sarjana   (S-1)   atau diploma empat (D-IV), menguasai kompetensi (pedagogik, profesional, sosial dan kepribadian), memiliki sertifikat pendidik, sehat jasmani dan rohani, serta memiliki kemampuan untuk mewujudkan tujuan pendidikan nasional.
Guru mempunyai kedudukan sebagai tenaga profesional. Undang- Undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen mendefinisikan bahwa profesional adalah pekerjaan atau kegiatan yang dilakukan oleh seseorang dan menjadi sumber penghasilan kehidupan yang memerlukan keahlian, kemahiran, atau kecakapan yang memenuhi standar mutu atau norma tertentu serta memerlukan pendidikan profesi.Sebagai tenaga profesional, guru dituntut untuk selalu mengembangkan diri sejalan dengan kemajuan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni.
Kondisi   dan   situasi   yang   ada   menjadi   sebabmasing-masing   guru memiliki perbedaan dalam penguasaan kompetensiyang disyaratkan. Untuk mengetahui kondisipenguasaan kompetensi seorang guruharus dilakukan pemetaan kompetensi guru melalui uji kompetensi guru. Uji kompetensi guru (UKG) dimaksudkan untuk mengetahui peta penguasaan guru pada kompetensi pedagogik dan kompetensi profesional.  Peta  penguasaan  kompetensi  guru  tersebut  akan digunakan sebagai dasar pertimbangan dalam pemberian program pembinaan dan pengembangan profesi guru. Output UKG difokuskan pada identifikasi kelemahan guru dalam penguasaan kompetensi pedagogik dan profesional.
UKG wajib diikuti semua guru dalam jabatan baik guru PNS maupun bukan PNS. Pelaksanaan UKG melibatkan berbagai instansi antara lain BPSDMPK-PMP, LPMP, dan Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota. Agar seluruh instansi yang terlibat dalam pelaksanaan UKG memiliki pemahaman yang sama tentang mekanisme pelaksanaan UKG, maka perlu disusun informasi yang lengkap tentang mekanisme pelaksanaan UKG tahun 2012.


DASAR HUKUM UKG
Dasar hukum yang digunakan sebagai acuan pelaksanaan UKG adalah sebagai berikut.
  1. Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem PendidikanNasional.
  2. Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen.
  3. Peraturan  Pemerintah  Nomor  19  Tahun  2005  tentang  Standar Nasional Pendidikan.
  4. Peraturan Pemerintah Nomor 74 Tahun 2008 tentang Guru
  5. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 16 Tahun 2007 tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru.
  6. Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 16 Tahun 2009 tentang Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya;
  7. Peraturan Bersama Menteri Pendidikan Nasional dan Kepala Badan Kepegawaian Negara Nomor 03/V/PB/2010, Nomor 14 Tahun 2010 tentang Petunjuk Pelaksanaan Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya;
  8. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 35 Tahun 2010 tentang Petunjuk Teknis Pelaksanaan Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kredit.
  9. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 36 Tahun 2010 tentang Organisasi dan Tata Kerja Kementerian Pendidikan Nasional.
TUJUAN UKG
  1. Pemetaan  penguasaan  kompetensi  guru  (kompetensi  pedagogik dan profesional) sebagai dasar pertimbangan pelaksanaan program pembinaan dan pengembangan profesi guru dalam bentuk kegiatan pengembangan keprofesian berkelanjutan.
  2. Sebagai entry point penilaian kinerja guru dan sebagai alat kontrol pelaksanaan penilaian kinerja guru. Program   pengembangan   keprofesian   berkelanjutan   dan   penilaian kinerja  guru  wajib  dilakukan  setiap  tahunnya  sebagai  persyaratan untuk kenaikan pangkat dan jabatan fungsional guru.
SASARAN UKG
Sasaran UKG adalah semua guru yang mengajar di sekolah, baik guru yang bersertifikat pendidik maupun guru yang belum memiliki sertifikat pendidik,yang akan dilaksanakan secara bertahapmulaitahun 2012.
TEKNIS PELAKSANAAN UKG
Uji  kompetensi  guru  pada  tahun  2012  akan  dilaksanakan  dengan 2 (dua) cara yaitu:
  1. Sistem online
  2. Sistem manual (paper pencil test)
Pelaksanaan UKG diarahkan menggunakan sistem online. Bagi kabupaten/kota yang tidak memiliki perangkat yang memenuhi persyaratan sistem online, maka akan dilakukan dengan sistem manual.

LANDASAN UKG
1. Aspek Filosofi
a. Hak  masyarakat  dan  peserta  didik  untuk  mendapatkan pendidikan yang berkualitas.
b. Diperlukan guru yang  berkualitas untuk pendidikan yang berkualitas.
c. Peserta  didik  harus  terhindar  dari  proses  pembelajaran  yang tidak berkualitas.
d. Membangun budaya mutu bagi guru.
e. Untuk memastikan kelayakan guru dalam melaksanakan tugas sesuai dengan standar yang ditetapkan.
f. Hakekat sebuah profesi
1) Profesi  guru merupakan  profesi  khusus,  yang  memerlukan persyaratan kompetensi yang khusus pula.
2) Kompetensi guru yang bersifat khusus itu memerlukan perlakuan yang khusus pula. Uji kompetensi guru merupakan salah satu cara untuk memberikan layanan pembinaan dan pengembangan profesi guru yang baik kepada guru.
3) Penyandang  profesi  guru  menerima  penghargaan  dan kesejahteraan yang bersifat khusus. Karena itu perlu ada keseimbangan antara kompetensi yang mereka miliki dengan penghargaan dan kesejahteraan yang diterimanya.
2. Aspek Teoritis Pedagogik
a. Penilaian kinerja guru adalah penilaian dari tiap butir kegiatan tugas utama guru dalam rangka pembinaan karir kepangkatan dan jabatannya.
b. Pembinaan dan pengembangan profesi guru hanya dapat dilakukan  secara  efektif  jika  berbasis  pada  pemetaan kompetensi guru.
c. Uji  kompetensi  guru  berfungsi  sebagai  pemetaan  kompetensi guru (kompetensi pedagogik dan profesional).
d. Untuk membangun eksistensi dan martabat sebuah profesi diperlukan mutu atau kualitas para anggota yang tergabung dalam profesi tersebut. Mutu atau kualitas diperoleh dari upaya pengembangan  keprofesian  berkelanjutan  dan  pengendalian yang dilaksanakan secara terus menerus dan tersistem. Upaya pengendalian dilakukan melalui pengujian dan pengukuran. Profesi guru akan bermutu jika secara terus-menerus dilakukan pengujian dan pengukuran terhadap kompetensi guru melalui uji kompetensi.
e. Ukuran kinerja dapat dilihat dari kualitas hasil kerja, ketepatan waktu menyelesaikan pekerjaan, prakarsa dalam menyelesaikan pekerjaan, kemampuan menyelesaikan pekerjaan, dan kemampuan   membina   kerjasama   dengan   pihak   lain   (T.R. Mitchell, 2008).
f. Pengembangan keprofesian berkelanjutan merupakan upaya peningkatan profesionalitas guru yang didasarkan atas hasil penilaian kinerja guru dan uji kompetensi guru.
3. Aspek Empirik Sosial
a.  Pembinaan dan pengembangan profesi guru tanpa didasari atas bukti-bukti empirik atas kompetensi dasar guru dapat membuat penyelenggaraan pengembangan keprofesian berkelanjutan dalam bentukpelatihanguru kehilangan fokus.
b. Beberapa studi membuktikan bahwa uji kompetensi guru berdampak positif pada perbaikan kinerja guru dan peningkatan mutu pendidikan.
c. Kepercayaan masyarakat terhadap harkat dan martabat guru semakin  tinggi,  dihubungkan  dengan  kinerja  gurudan dampaknya terhadap kualitas pendidikan.
PRINSIP UKG
UKG mengukur kompetensi dasar tentang bidang studi (subject matter) dan pedagogik dalam domain content. Kompetensi dasar bidang studi yang diujikan sesuai dengan bidang studi sertifikasi (bagi guru yang sudah bersertifikat pendidik) dan sesuai dengan kualifikasi akademik guru (bagi guru yang belum bersertifikat pendidik).
Kompetensi pedagogik yang diujikan adalah integrasi konsep pedagogik ke dalam proses pembelajaran bidang studi tersebut dalam kelas.
Pendekatan yang digunakan adalah tes penguasaan subject matterpada jenjang  pendidikan  tempat  tugas  guru.  Instrumen  tes  untuk  guru bidang studi SMP, SMA dan SMK akan dibedakan dengan asumsi bahwa pembinaan profesi dan penilaian kinerja guru didasarkan padatempat tugas mengajar guru. Uji kompetensi pedagogik mengunakan pendekatan inti sel dari varian dari kompetensi pedagogik dimaksud.
INSTRUMEN UKG
Pengembangan instrumen uji kompetensi awal terdiri atas kisi-kisi dan butir soal. SoalUKG dikembangkan oleh Tim Ahli dengan bentuk soal obyektif  tes  jenis  pilihan  ganda  dengan  4  opsi  pilihan jawaban.Komposisi instrumen tes adalah 30% kompetensi pedagogik dan 70% kompetensi profesional dengan waktu pengerjaan soal ujian adalah 120 menit dan jumlah soal maksimal 100 butir soal.
Aspek kompetensi yang diujikan
1.  Kompetensi Pedagogik
Standar   kompetensi   pedagogik   sesuai   dengan   Permendiknas sebagai berikut:
a.  Mengenal karakteristik dan potensi peserta didik                                             
b.  Menguasasi teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran yang efektif
c.  Merencanakan dan mengembangkan kurikulum
d.  Melaksanakan pembelajaran yang efektif e.  Menilai dan mengevaluasi pembelajaran
Kompetensi yang diinginkan adalah konsistensi penguasaan pedagogik antara content dengan performance,yaitubukan sekedar penguasaan guru tentang pengenalan peserta didik, model belajar, perencanaan, pelaksanaan, evaluasi, tetapi tes yang mampu memprediksi bagaimana guru mengintegrasikan kelimanya dalam pelaksanaan pembelajaran.
2.  Kompetensi Profesional
a.  Penguasaan  materi,  struktur,  konsep  dan  pola  pikir  keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu.
b.  Mengembangkan keprofesian melalui tindakan reflektif
c.  Konsistensi   penguasaan   materi   guru   antara   contentdengan performance:
-    teks, konteks, & realitas
-    fakta, prinsip, konsep dan prosedur
-    ketuntasan   tentang   penguasaan   filosofi,   asal-usul,   dan aplikasi ilmu Kisi-kisi dan soal UKG dijabarkan berdasarkan:
a.  Peraturan  Menteri  Pendidikan  Nasional  Nomor  16  Tahun  2007 tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru.
b.  Peraturan    Menteri    Pendidikan    Nasional    Nomor    22    Tahun 2006tentang Standar Isi.
c.  Peraturan  Menteri  Pendidikan  Nasional  Nomor  27  Tahun  2008 tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Konselor.
d.  Peraturan  Menteri  Pendidikan  Nasional  Nomor  32  Tahun  2008 tentang   Standar   Kualifikasi   Akademik   dan   Kompetensi   Guru Pendidikan Khusus.
e.  Keputusan Direktur Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah Nomor 251/C/KEP/MN/2008 tentang Spektrum Keahlian Pendidikan Menengah Kejuruan.
PESERTA UKG
Peserta UKG adalah seluruh guru baik yang memiliki sertifikat pendidik maupun yang belum memiliki sertifikat pendidik. Jumlah total peserta UKG  untuk  guru  bersertifikat  pendidik  1.006.211  orang,  dan  guru belum bersertifikat pendidik 1.015.087 orang. Distribusi peserta per provinsi dapat dilihat pada Lampiran 1.
1.  Persyaratan Peserta
Peserta UKG pada prinsipnya adalah semua guru PNS dan bukan PNS yang mengajar di sekolah negeri dan swastayang memenuhi persyaratan sebagai berikut.
a.  Bagi guru bersertifikat pendidik
1)  memiliki sertifikat pendidik (tahun 2007-2011),
2)  pada tahun 2012 belum memasuki masa pensiun, dan
3)  masih aktif menjadi guru.
b.  Bagi guru belum bersertifikat pendidik
1)  Guru PNS atau guru tetap yayasan (GTY)
2)  Memiliki NUPTK
2.  Mata Uji
a.  Bagi guru bersertifikat pendidik
Mata uji yang diikuti oleh guru bersertifikat pendidik sama dengan bidang studi sertifikasi, dandinyatakan valid oleh BPSDMPK-PMP. Bagi guru produktif SMK terdapat beberapa perubahan kode mata pelajaran dan perubahan nama mata pelajaran.Perubahan  tersebut  dapat  dilihat  dalam  daftar Konversi kompetensi keahlian sebagaimana tertuang dalam Lampiran 2.
b.  Bagi guru belum bersertifikat pendidik
Bagi guru yang belum memiliki sertifikat pendidik, mata uji harus sesuai dengan S-1/D-4 yang dimiliki. Bagi guru yang belum memiliki  kualifikasi  akademik  S-1/D-4,  sesuai  mata  pelajaran yang sedang diampu.
Peserta UKG hanya mendapatkan soal ujian sesuai dengan mata pelajaran yangtelah ditentukan seperti tersebut diatas.Informasi mata  uji  peserta  UKG  masing-masing  peserta  dapat dilihat  pada website bpsdmpk.kemdikbud.go.id/ukguru.
Data yang dipublikasikan sementara ini hanya untuk data guru yang bersertifikat  pendidik.  Sedangkan  data  guru  yang  belum bersertifikat pendidik  akan dipublikasikan 3 (tiga)  bulan sebelum pelaksanaan UKG dimulai.
3.  Konfirmasi dan Validasi Data Peserta
Konfirmasi dan validasi data peserta UKG wajib dilakukan untuk memastikan kebenaran data. Validitas data peserta ini sangat diperlukan untuk menentukan mata uji masing-masing peserta. Konfirmasi dan validasi data peserta merupakan tanggungjawab LPMP  bekerja  sama  dengan  Dinas  Pendidikan Kabupaten/Kotamelalui  aplikasi  yang  telah  disediakan dalamwebsite.
Unsur data guru yang ditampilkan dalam website adalah:
a.  NUPTK
b.  Nomor  Peserta  Sertifikasi  Guru  (14  digit),  hanya  untuk  guru bersertifikat pendidik
c.  Nama Guru
d.  Status (PNS/Bukan PNS)
e.  Mata Uji pada UKG (sesuai dengan sertifikat pendidik)
f.  Sekolah tempat tugas(satuan administrasi pangkal)
g.  Program studi pada pendidikan tinggi setingkat D-I/D-II/D-III/S-1 h.  Nama Perguruan Tinggi setingkat D-I/D-II/D-III/S-1
Jika terdapat data yang belum sesuai dan belum terisi, maka guru peserta UKG wajib menginformasikan kepada Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota untuk dilakukan perbaikan data dengan membawa bukti fisik yang menunjukkan data yang benar.
Tahapan konfirmasi dan validasi data sebagai berikut:
a. Guru membuka website bpsdmpk.kemdikbud.go.id/ukgurudan mencari identitas datanya menggunakan menu pencarian. Kemudian ikuti perintah yang ada dalam menu tersebut.
b. Data  guru  akan  muncul  dalam  layar  komputer  apabila  guru
mengisi data dengan benar. Bagi guru yang tidak menemukan datanya segera menghubungi operator dinas dan/atau operator LPMP setempat.
c. Jika data benar, maka guru harus memberikan konfirmasi data
dengan meng”klik” tombol “data benar”.
d. Jika data salah, maka guru meng’'klik” tombol “perlu perbaikan”. e.  Data  akan  diperbaiki  oleh  guru  yang  bersangkutan  pada  hari
ujian sebelum ujian dimulai.
f.  Data yang dapat diperbaiki adalah:
1)  Sekolah tempat tugas
2)  Status (PNS/Bukan PNS)
3)  Program  studi  pada  pendidikan  tinggi  setingkat  D-I/D-II/D- III/S-1
4)  Nama Perguruan Tinggi setingkat D-I/D-II/D-III/S-1
E.  Waktu Pelaksanaan UKG
WAKTU PELAKSANAAN UKG
Pelaksanaan UKG untuk guru bersertifikat pendidik secarabertahap dimulai pada bulan Juli 2012 sampai dengan bulan September 2012. Sedangkan untuk guru yang belum bersertifikat pendidik akan dimulai pada tahun 2013.
Jadwal Umum UKG 2012
  • Ujian Online : 30 Juli – 12 Agustus 2012
  • Ujian Manual (Paper Pencil Test): 4 September 2012
TEMPAT UKG
Uji kompetensi guru akan dilaksanakan di tempat uji kompetensi guru yang telah ditetapkan Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota sesuai dengan persyaratan dan telah diverifikasi oleh LPMP; Pelaksanaannya dipusatkan per kecamatan di suatu sekolah yang memenuhi persyaratan.
TATA CARA MENGIKUTI UJIAN
  • Peserta memasuki ruangan minimal 30 menit sebelum jadwal ujian dengan menunjukkan Kartu Peserta UKG online dan identitas lainnya;
  • Peserta mengisi daftar hadir dan mendengarkan pengarahan dari tim teknis;
  • Login pada sistem ujian online sesuai dengan nomor peserta sertifikasi guru dan NUPTK;
  • Peserta melakukan pengisian dan perbaikan data individu sebagaima data yang tertera pada layar monitor;
  • Latihan menggunakan sistem ujian online selama 15 menit;
  • Mengikuti ujian yang sesungguhnya dengan mengakses soal uji kompetensi yang disediakan;
Untuk informasi selengkapnya mengenai Uji Kompetensi Guru dapat mengunjungi website http://bpsdmpk.kemdikbud.go.id/ukguru/ atau  http://ukg.kemdikbud.go.id/
=======

2 komentar: