FOKAL (Forum Komunikasi Alumni) SMPN 2 Bantarujeg



FOKAL merupakan organisasi alumni resmi yang menaungi semua alumni SMPN 2 Bantarujeg. Almamaternya sendiri sebelumnya bernama SMPN 3 Bantarujeg, sehubungan dengan dibentuknya Kecamatan Malausma, dimana terdapatnya SMPN 2 Bantarujeg yang sekarang berubah menjadi SMPN 1 Malausma, otomatis membawa perubahan nama terhadap SMPN 3 Bantarujeg menjadi SMPN 2 Bantarujeg.


Cikal bakal terbentuknya organisasi alumni ini bermula dari ide saudara Ayat, alumni angkatan 1998, saat itu beliau sedang menuntut ilmu di IAIN Sunan Kalijaga tingkat pertama. Latar belakang dibentuknya organisasi alumni ini adalah sebagai wahana mempererat silaturahim sesama alumni untuk menumbuhkan rasa peduli dan mendukung terhadap kemajuan almamater. Adanya kesadaran bahwa almamater telah mampu memberikan ilmu pengetahuan sebagai bekal untuk mengarungi kehidupan, meski memang secara khusus yang berperan adalah para guru-guru di SMPN 2 Bantarujeg tapi kata almamater disini memiliki cakupan makna luas meliputi civitas akademik yang turut serta berkontribusi bagi kemajuan siswa-siswanya yang kini telah menjadi alumni.
Pada awal dibentuk organisasi alumni ini bernama FORUM KOMUNIKASI PELAJAR DAN ALUMI disingkat FKPA. FKPA ini pernah mengalami dua kali masa kepengurusan, yang pertama di jabat oleh Jaja Zakaria (alumi 2000), dan masa kepengurusan yang kedua di jabat oleh Atep Iswanto (alumni 2001). Selama dua kepengurusan ini perjalanan FKPA mengalami pasang surutnya, meski diakui lebih banyak surutnya dari pada pasangnya. Bahkan sempat mengalami vakum beberapa tahun belakang ini. Meskipun begitu agenda kumpul-kumpul alumi yang sifatnya informal terutama dipelopori oleh angkatan 2001, 2002 dan 2003 sering sekali diadakan, namun dalam hal ini jarang membawa nama organisasi FPKA.

Sekitar bulan April 2007, muncul semangat untuk mengaktifkan lagi organisasi alumni (FKPA), hal ini dilatarbelakangi oleh rasa kesadaran yang semakin dewasa, ada pertanyaan yang selalu menggugah “ apa yang sudah kami berikan untuk kemajuan almamater kami ? “.
Maka pada bulan April tersebut diadakan rapat oleh sebagian alumni yang diwakili oleh beberapa angkatan, sepakat untuk meneruskan lagi perjuangan FKPA namun dengan nama yang baru yaitu FORUM KOMUNIKASI ALUMNI SMPN 2 BANTARUJEG, yang populer dengan nama FOKAL. Disini kata PELAJAR dihilangkan, pertimbangannya FOKAL akan lebih berkonsentrasi pada kiprah alumni. Sementara Pelajar tetap akan menjadi partner dalam menyukseskan program-programnya dalam mendukung kemajuan almamater.

Sebulan kemudian, tepatnya tanggal 17 Mei 2007 FOKAL dikukuhkan oleh Kepala SMPN 2 Bantarujeg, saat itu dijabat oleh Bapak Drs. H. Ansori, M.M. Tanggal 17 Mei inipun dijadikan sebagai Milad FOKAL. Pengukuhan ini dilaksanakan di Obyek Wisata Pajajar Rajagaluh. Dengan pengukuhan ini FOKAL resmi menjadi bagian dari keluarga besar SMPN 2 Bantarujeg.

Dibawah kepemimpinan Lukman (alumni 2002), FOKAL siap berjihad fisabilillah untuk berkarya dan memberikan kontribusi buat perkembangan dan kemajuan almamater…allohu akbar…

4 komentar:

  1. Buat FOKAL, knapa buletinnya ga terbit lagi?

    BalasHapus
  2. iya neh FOKAl kemana z atuh, buletinnya lago koq libur teruss..
    terbit lagi atuh
    ok semangat ya???

    BalasHapus
  3. hai...aq ikut gabung, boleh gk?? aq zg alumni dr school kalian TA: 04/05. ya...salam kabar aza...:-)

    BalasHapus
  4. Halo zg pa kabar? makasih ya dah berkunjung. Semua alumni SMPN 2 Bantarujeg tentunya boleh gabung di FOKAL. Silahkan hub sdr. Lukman/Atep, ato kunjung aja blognya di http://fokal2neban.blogspot.com/

    BalasHapus