Etika Penulisan Email

Email (Electronic Mail) merupakan suatu proses dan cara pengiriman pesan atau gambar melalui internet.Yang kita lakukan bila kita berkomunikasi menggunakan e-mail adalah mengetikkan pesan yang akan kita kirim pada program komputer yang dikhususkan untuk keperluan ini misalnya Outlook Express, Yahoo Mail atau yang lainnya. 

Cara Kerja Email
Pada dasarnya email sama  dengan surat biasa (snail mail) yang harus melewati beberapa kantor pos sebelum sampai ke tujuannya, begitu dikirimkan oleh seseorang melalui komputer yang tersambung ke internet sebuah email masuk ke beberapa komputer lain di sepanjang jaringan internet yang disebut dengan mail server.
Ketika email tersebut sampai ke server yang menjadi tujuan (seperti yang ditunjuk pada alamat email - kepada siapa kita menulis email), maka email tersebut disimpan pada sebuah emailbox. Si pemilik alamat email baru bisa mendapatkan email itu kalau yang bersangkutan mengecek emailbox-nya.

Anatomi  Alamat  Email
Bilamana kita membaca alamat sebuah snail mail, kita bisa membayangkan seberapa jauh lokasi si pengirim surat dari kita.  Sedangkan untuk alamat email terdiri dari dua bagian yaitu dipisahkan dengan tanda axon / @ misalnya alamat :
e-rafi@vedcmalang.or.id
Di sebelah kiri @ disebut user name (e-rafi ), yang menunjuk pada identitas si pemilik alamat email. User name bisa merupakan nama si pemilik, singkatan nama, nickname,  nomor, atau apapun juga.
User name juga menjadi nama bagi emailbox yang dimiliki seseorang di sebuah mail server. Di sebelah kanan @ (vedcmalang.or.id) disebut domain name, yang menunjukkan identitas mail server di mana seorang user memiliki emailbox.

Variasi Bentuk Komunikasi Dengan Email
Dalam beberapa hal email memang meniru snail mail, meskipun jelas email memiliki banyak kelebihan lain. Ini terlihat jelas pada kemungkinan bentuk komunikasi yang bisa dilakukan dengan email.
         Point to Point
         Carbon Copy / CC
         Blind Carbon Copy / BCC
         Distribution List
         Discussion List

Etika Penulisan Email
Netiket atau Nettiquette, adalah etika dalam berkomunikasi  melalui e-mail.  Seperti halnya berkomunikasi melalui surat atau  bertatap muka, berkomunikasi dengan e-mail butuh tatacara   sendiri. Bisa dibayangkan.  Hampir setiap hari ada jutaan e-mail dikirimkan dan diterima oleh begitu banyak orang. Maka salah-salah kata, bisa berarti fatal. Tapi memang sangat menyebalkan, jika kita menerima pesan e-mail yang pengirimnya menggunakan huruf kapital, mengirim kembali seutuhnya  pesan-pesan yang kita kirimkan, atau menjawab pertanyaan panjang kita, dengan ucapan, "saya kira begitu", atau "betul." Nah, untuk mencegah hal itu terjadi, ada baiknya kita mengetahui  beberapa di  antaranya :
  1. Jangan terlalu banyak mengutip.
  2. Perlakukan e-mail secara pribadi.
  3. Jangan gunakan huruf kapital.
  4. Jangan Membicarakan Orang Lain.
  5. Jangan gunakan CC.
  6. Jangan gunakan format HTML
  7. Jawablah Secara Masuk Akal

2 komentar:

  1. Postingan yang sangat bermanfaat.
    Email saat ini sudah menjadi salah komunikasi yang paling penting selain telpon.

    Saya tamhakan untuk Etika Email.

    1. Selalu gunakan YTH, DH pada awal email.

    2. Pada akhir email jangan lupa tulis dengan best regard, atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih atau salam yang diteruskan dengan nama kita.

    best regard
    Irfan

    3. Selalu cek kembali penulisan diemail kita sebelum dikirim

    BalasHapus
  2. Makasih banyak atas tambahannya. Barangkali ada yang mau nambahin lagi?

    BalasHapus