Fokal Goes to School 2010

Salam sejahtera untuk semuanya, semoga Allah senantiasa mencurahkan taufik dan hidayah-Nya untuk kita semua. Amien..
FOKAL Community present :

 Fokal Goes to School 2010

Berkunjung dan bisa berinteraksi dengan civitas akademik SMPN 2 Bantarujeg Kabupaten Majalengka adalah sebuah kebanggaan, karena dengannya bisa lebih terjalin tali silaturahmi lebih erat. Kesempatan ini pun menjadi luar biasa, sebab di tengah kesibukan pengurus, FOKAL masih bisa menggelar acara ini.

FOKAL Goes to School adalah sebuah program rutin FOKAL tiap tahun, dimana acara ini lebih terfokus sosialisasi kepada kelas IX yang dalam waktu dekat akan berganti status menjadi alumni. Maka dipandang perlu bagi FOKAL untuk melakukan sosialisasi seputer keFOKALan kepada junior-juniornya. Lebih jauh acara ini sebagai ajang pemberian motivasi kepada calon alumni supaya mereka-mereka lebih semangat dalam memandang ke depan, lebih terdorong untuk melanjutkan pendidikannya ke jenjang yang lebih tinggi. Hal penting lain adalah supaya calon alumni tetap memiliki ikatan emosional yang baik dengan almamaternya di saat mereka resmi menjadi alumni, disaat mereka-mereka sudah mulai menjauh untuk meretas jalannya
sendiri.

Tentunya hal ini salah salah satu indikator yang baik dan patut diapresiasi, karena salah satu ciri sekolah yang maju adalah dengan melihat outputnya yang melanjutkan pendidikannya ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi (dalam hal ini SMA atau yang sederajat). Dengan banyaknya yang melanjutkan pendidikan diharapkan kualitas sumber daya manusia akan menjadi lebih baik. Nantinya nama baik alumni akan memiliki korelasi positif juga dengan almamater.


Alumni yang memiliki ikatan emosional yang baik akan memiliki kedekatan dengan alamamternya, sehingga dari hal ini muncul kepedulian terhadap almamater yang telah membesarknnya. Mereka akan merindukan guru-gurunya, sahabat-sahabatnya, dan bahkan bangunan gedung serta lingkungannya yang dipandang memiliki catatan historis dalam jenak-jenak pengalaman yang pernah dilaluinya. Pertanyaannya, dari mana dan bagaimana ikatan emosional yang baik itu bisa ditumbuhkan? Hal ini akan melibatkan beberapa pihak, seluruh stakeholder sekolah, orang tua siswa, masyarakat dan pemerintah harus menjalin sinergi yang baik dan kondusif. Tapi kata kunci dominan memang ada di diri siswa sendiri dengan bimbingan seluruh stakeholder sekolah.

FOKAL Goes to School 2010 alhamdulilah berjalan dengan cukup lancar pada Sabtu, 1 Mei yang lalu. Sambutan hangat dari Bapak Kepala Sekolah dan guru-guru serta Staf TU telah memberikan semangat yang luar biasa bagi kami. Juga antusias adik-adik kelas IX calon alumni dalam mengikuti acara ini, meski tidak semua adik-adik hadir tapi yang kemarin hadir adalah mayoritas. Dari pengurus FOKAL memang kurang begitu optimal, terutama dari sisi personal yang hadir, tapi bagi kami sendiri hal ini memandang wajar, sebab kesibukan yang sedang mereka jalani menjadi alasan logis mereka untuk belum bisa hadir.

Acara dimulai sekitar pukul 07.45, setelah terlebih dahulu Tim FOKAL melakukan pembicaraan dengan Bapak Kepala Sekolah yang didamping Pembina OSIS. Dalam arahannya Bapak Kepala Sekolah menyambut baik dan memberikan dukungan terhadap program FOKAL ini, harapannya kegiatan yang diadakan FOKAL akan mampu memberikan nilai positif, bisa menjembatani komunikasi yang baik antara alumni dengan almamater dan bisa menjadikan motivasi buat adik-adik khususnya calon alumni untuk bisa melanjutkan pendidikannya dengan tidak melupakan almamater yang telah membesarkannya.

Bertempat di Aula, acara yang digelar ini cukup antuasias diikuti oleh adik-adik kelas IX. Diawali dengan pembukaan oleh Kang Ade Sukmara selaku moderator acara, sesi berikutnya giliran Kang Atep Iswanto yang berbicara mengenai apa-mengapa-bagaimana FOKAL. Ada juga sesi motivation giving oleh Kang Ahmad Fuadi, S.Si. Ada pertanyaan yang cukup menarik dari salah seorang adik-adik, hla ini mengenai agenda FOKAL yang kurang begitu berjalan dengan baik terutama agenda Milad ke 2 pada 2009, pertanyaannya, mengapa agenda milad ke 2 itu bisa tidak berjalan?

Dari FOKAL sendiri pertanyaan ini merupakan sebuah kritikan yang sangat baik. Memang diakui bahwa agenda milad ke 2 FOKAL tidak dilaksanakan sebagaimana mestinya, tapi hal ini bukan berarti tidak ada planning. Planning ada tapi masalahnya tidak mampu menjaga dan konsisten menjankan rencana itu. Mungkin alasan klasik yang sering terlontar dari sahabat-sahabat :faktor kesibukan. Tapi harapan masih tetap ada, bahwa ke dean agenda penting FOKAL harus mendapat pengawalan serta berusaha menjaga konsistensinya supaya bisa terlaksana.

Tentunya, terhadap ada yang terjadi, khususnya yang berkaitan dengan agenda FOKAL ini. Ucapan terima kasih kami haturkan kepada : Bapak Kepala Sekolah SMPN 2 Bantarujeg beserta guru-guru beserta Staf TU, kepada Dewan Penasihat FOKAL dan jajaran pengurus, juga adik-adik siswa kelas VII, VIII dan IX. Kalian ada, dan kamipun ada. Thank for all….

6 komentar:

  1. Acara yang bagus. Alumni merupakan wadah yang sangat urgen bagi kemajuan sekolah

    BalasHapus
  2. @ibnumuksin: Terima kasih atas kunjungannya.

    @tvcute: Betul sekali. Alumni memiliki ikatan batin yang kuat dengan sekolah. Sebagai salah satu petaruh atau stake-holders sekolah, alumni memiliki peran dan memberikan kontribusi yang tidak kecil terhadap sekolah.
    Teima kasih atas kunjungan dan komentarnya.

    BalasHapus
  3. selamat berjuang ...sukses selalu

    BalasHapus
  4. Semoga Sukses selalu ya Pak
    Salam kenal

    BalasHapus
  5. @Vakakas: sukses juga

    @Lulus Sutopo: terima kasih ya.. salam kenal kembali

    BalasHapus