Kegiatan Ulang Tahun SMPN 2 Bantarujeg Kabupaten Majalengka

Tanpa kita sadari hari terus berganti, terkadang kita tak mau tahu minggu terus berlalu tanpa, bulan terus berjalan, bahkan tahun yang terus berjalan, tak terasa kini kampus tercinta SMP Negeri 2 Bantarujeg Kabupaten Majalengka kini telah menginjak usia 16 tahun. Walaupun belum masuk usia seven teen, namun selayaknya anak remaja belasan tahun yang memiliki motivasi tinggi dalam mencapai impiannya, idealismenya selalu berusaha untuk tetap teguh meraih mimpi mengejar prestasi. Demikian-pun SMPN 2 Bantarujeg diusianya yang ke-16 ini selalu berusaha keras untuk tetap mampu memfungsikan diri menjadi sebuah lembaga pendidikan yang mampu memberikan inspirasi dan konstribusi positif bagi perkembangan dunia pendidikan. Khususnya pendidikan di lingkungan Desa Salawangi dan desa-desa pendukung, juga bagi perkembangan pendidikan di Kecamatan Bantarujeg Kabupaten Majalengka, dan senantiasa ikut berkiprah dalam usaha mencerdasakan kehidupan bangsa tercinta Indonesia.
 

SMPN 2 Bantarujeg sebagai wiyatamandala selalu berusaha memfungsikan diri dalam rangka mendidik peserta didik sebagai upaya untuk mengembangkan kepribadian mereka, memberikan pengajaran kepada peserta didik sebagai upaya untuk mengembangkan logika penalaran mereka, dan sekolah SMPN 2 Bantarujeg pun semaksimal mungkin memfungsikan diri untuk mampu melatih peserta didik yang pada pelaksanaannya dilakukan melalui serangkaian kegiatan melalui pembinaan dan pengembangan praktika. Sehingga pada kesimpulannya para peserta didik mampu memiliki kekuatan spiritual, cerdas dan terampil dalam kehidupan bermasyarakatsebagaimana yang diharapkan Pemerintah yang tertuang dalam UU No. 20 tahun 2003 yang menyebutkan bahwa "Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaan agar peserta didik secara aktif mengembangkan diri untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, ahlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa dan Negara". (UU No. 20/2003).


Harapan SMPN 2 Bantarujeg untuk dapat mencetak peserta didik yang handal bukanlah sesuatu hal yang mudah. Banyak faktor yang berperan dalam proses pencapaian tujuan akhir dari proses pendidikan ini. Faktor pembelajaran, fasilitas fisik, laboratorium, perpustakaan, bimbingan akademik, kegiatan ekstra kurikuler, pembelajaran administrasi dan unsur-unsur lainnya yang terlibat dalam proses terselengaranya proses pendidikan pada suatu instansi atau lembaga pendidikan merupakan faktor yang penting dan saling berkaitan dalam menunjang suksesnya proses pendidikan dan tercetaknya out put yang dapat diandalkan. Hal ini didukung oleh UU No. 20/1989 yang menyebutkan bahwa: "Efektivitas dan pembelajaran dari sumber daya pendidikan yang terwujud sebagai tenaga, dana, sarana dan prasarana yang tersedia atau diadakan dan didayagunakan oleh keluarga, masayarakat, peserta didik dan pemerintah, baik sendiri-sendiri maupun bersama-sama".
 

Untuk memenuhi semua harapan baik yang tersurat dalam Visi dan Misi SMPN 2 Bantarujeg, juga yang terkandung dalam undang-undang, maka semua itu memerlukan dukungan dan partisipasi dari semua elemen masyarakat dan semua unsur pendidikan. Ikatan kerjasama dari semua pihak terutama dari sekolah-sekolah pendukung SMPN 2 Bantarujeg sangat diperlukan demi perkembangan dalam dinamika pendidikan di SMPN 2 Bantarujeg. Oleh karena itu, diperlukan langkah-langkah konkrit demi tercapainya ikatan kerjasama yang baik tersebut. Perayaan ulang tahun SMPN 2 Bantarujeg yang ke-16 tahun 2010 ini, adalah salah satu upaya dalam menggalang persatuan dan kesatuan demi dinamika pendidikan di SMPN 2 Bantarujeg dapat berjalan dengan baik menuju ke arah yang lebih baik.


Apabila pada dua tahun sebelumnya acara dies natalis dibuka secara resmi oleh Bupati Majalengka, maka pada tahun 2010 masih merupakan sebuah kehormatan bagi SMP Negeri 2 Bantarujeg, pada acara dies natalisnya yang ke-16 dapat dibuka secara resmi oleh Ibu Eka selaku anggota DPRD Kab. Majalengka

Dalam sambutannya, Ibu Eka selain mengucapkan rasa terima kasih atas undangannya yang telah diberikan oleh SMPN 2 Bantarujeg, beliau juga menyampaikan beberapa pesan lainnya kaitannya dengan anggaran pendidikan Kabupaten Majalengka yang merupakan leading sector nya. Harapan yang besar disampaikan oleh beliau agar kiranya pendidikan di Kabupaten. Majalengka terutama di wilayah Kecamatan Bantarujeg dapat tumbuh dan berkembang dengan baik. Oleh karena itu peran serta semua pihak terutama peran guru sangat diutamakan. Ibu Eka menyebutkan bahwa minimal ada 4 (empat) faktor yang diperlukan oleh seorang pendidikan agar dapat menjadi seorang pendidik yang cemerlang, yakni:

  • Menjunjung tinggi & memuliakan
  • Berorientasi kebenaran
  • Menguasai metode pengajaran dan ruang lingkup pendidikan
  • Selalu menambah ilmu dan pengetahuan
Kaitannya dengan masalah guru dan anggaran pendidikan Ibu Eka menjelaskan Bahwa saat ini kabupaten Majalengka tengah membenahi masalah membludaknya guru honor. Di Kabupaten Majalengka guru honor saat ini sudah mencapai 4.400 orang. Dengan jumlah guru honor yang begitu besar, hal inilah konon yang membingungkan pihak pemerintah dalam membuat keputusan tentang bagaimana kelanjutannya dari pemberian insentif yang hanya Rp. 75.000,- per bulan kepada guru-guru honor. Inti dari pembahasannya mengenai insentif bagi guru honor pada sambutannya saat itu, adalah bahwa pemerintah belum siap mengucurkan dana Rp. 75.000,- per bulan kepada guru honor dengan alasan akan memvalidasi data-data guru honor yang sebenar-benarnya.


Menyangkut masalah guru yang telah bersertifikasi, Ibu Eka menyampaikan bahwa dari Komisi D direncanakan akan turun langsung ke lapangan untuk melakukan pengecekan kepada guru-guru yang telah bersertifikasi. Apakah ada perbedaan antara guru yang telah tersertifikasi dengan guru yang belum tersertifikasi. Hal ini dilakukan sebagai upaya mencegah hal-hal yang tidak diinginkan sebagaimana banyak dilaporkan oleh masyarakat kepada Komisi D bahwa guru-guru yang telah disertifikasi tidak menunjukan perbedaan dengan sebelum disertifikasi. Artinya, pemerintah hanya menyia-nyiakan keuangan Negara demi istilah sertifikasi yang sesungguhnya tidak memberikan banyak manfaat bagi proses pendidikan yang lebih baik.
"Selamat hari jadi yang ke-16 kepada SMPN 2 Bantarujeg, mudah-mudahan dengan hari jadinya ini SMPN 2 Bantarujeg semakin maju dan menjadi sekolah unggulan sehingga dapat menjadi kiblat bagi lembaga-lembaga pendidikan di wilayah selatan. Dan diharapkan pula, SMPN 2 Bantarujeg ini harus memiliki ciri khas tersendiri. Ini dimaksudkan agar SMPN 2 Bantarujeg dapat terlihat lebih memiliki karakter" kata Ibu Eka pada akhir sambutannya.

 

Kesibukan Panitia kegiatan HUT Ke-16 SMPN 2 Bantarujeg semakin disibukan dengan berbagai tugasnya masing-masing setelah acara lomba-lomba mulai dilakukan. Untuk menghemat waktu, karena direncanakan kegiatan HUT hanya akan dilaksanakan satu hari saja, maka 3 (tiga) jenis lomba yang ada yaitu Lomba Pidato Bahasa Inggris, Lomba Baca Puisi Bahasa Indonesia, dan Lomba Bola Voly Putra dan Putri antar SD/MI se-kecamatan Bantarujeg dilaksanakan bersamaan dengan menggunakan beberapa lokasi kegiatan sesuai dengan yang telah ditentukan. Lomba Pidato Bahasa Inggris dilakukan di Ruang Lab IPA, Lomba Baca Puisi di Ruang Kelas IX. D, dan Lomba Bola Voly dilaksanakan di Lapangan Sepak Bola dan Finalnya dilaksanakan langsung di Lapangan Bola Voly SMP Negeri 2 Bantarujeg.


Peserta yang mengikuti lomba pada HUT Ke-16 SMPN 2 Bantarujeg Tahun 2010 ini adalah SD/MI yang berada di wilayah Kecamatan Bantarujeg dan Talaga yang merupakan SD/MI pendukung SMPN 2 Bantarujeg sebanyak 14 sekolah namun yang hadir mengikuti kegiatan hanya 10 sekolah. 


Walaupun kegitan HUT Ke-16 SMPN 2 Bantarujeg ini sempat diguyur hujan, hal tersebut tidak mengurangi kemeriahan kegiatan. Panitia dan Peserta Lomba tetap semangat dan antusias dalam mengikuti kegiatan. Sehingga diujung acara tepatnya pada Upacara Penutupan, PKS Kesiswaan Bpk. Enceng Ikhsan Muslim, S. Pd. Menyampaikan rasa terima kasih dan penghargaannya kepada semua pihak yang telah terlibat dan yang telah membantu pelaksanaan perayaan Hari Ulang Tahun Ke-16 SMP Negeri 2 Bantarujeg Tahun 2010 ini.

Akhirnya tepat pada pukul 16.00 kegiatan berakhir dan diakhiri dengan upacara Penutupan serta pembagian Tropi dan Uang Pembinaan kepada para pemenang lomba. Adapun hasil akhir kegiatan lomba pada HUT Ke-16 SMPN 2 Bantarujeg Tahun 2010 ini dapat dilihat pada tabel berikut:


Tabel Hasil Lomba Dalam Rangka HUT SMPN 2 Bantarujeg Ke-16


Nama Lomba
Bola Voly Putra
Bola Voly Putri
Baca Puisi Bahasa Indonesia
Pidato Bahasa Inggris
Juara I
SDN Salawangi IISDN Salawangi IIAsep Suandi (SDN Salawangi IIIAnissa Aulia Ruhimat (SDN Mekaraharja I)
Juara II
SDN Mekaraharja ISDN Silihwangi IOlisa (SDN Mekaraharja I)Irma Imansari (SDN Cinambo I)
Juara III
SDN Cimanggu ISDN Silihwangi II
-
-
Juara IV
SDN Mekaraharja I BSDN Cinambo I
-
-

Foto-foto Kegiatan:


 
=============


Tim Liputan: Rudi Dede Rahmat, S.Pd. & Mumun Surahman, S.Pd.

6 komentar:

  1. Selamat HUT SMPN 2 Bantarujeg. Semoga makin memberi kontribusi nyata bagi pengembangan SDM di Bantarujeg dan sekitarnya

    BalasHapus
  2. Hatur nuhun kang. Amien.

    BalasHapus
  3. waduh hnte ajak-ajak SMP Ultah teh.... MET ULTA wae ka SMPN 2 Bantarujeg ti majalengka.biz mugi-mugi aya dina kamajengan... punten akh telat...

    BalasHapus
  4. Hapunten kang.. teu nyebarkeun undangan ka blogger Majalengka, hehe..
    Hatur nuhun kana pidu'ana, amien. Teu sawios da teuaya istilah telat...

    BalasHapus
  5. selamat..HUT Ke-16 SMPN 2 Bantarujeg....semoga sekolah yang di pimpin bapak lebih maju dan mandiri

    BalasHapus