Berikut saya posting CONTOH RPP IPS yang telah diadaptasi dengan Pendidikan Karakter yang saya unduh dari blognya pak Akhmad Sudrajat (Tentang Pendidikan) :
RENCANA PELAKSANAA PEMBELAJARAN
(RPP)
SMP/MTs | : | ................................ |
Mata Pelajaran | : | Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) |
Kelas/Semester | : | VII / 2 |
Alokasi Waktu | : | 8 Jam pelajaran (4 x pertemuan) |
A. Standar Kompetensi
4. Memahami usaha manusia untuk mengenali perkembangan lingkungannya.
B. Kompetensi Dasar
4.1 Menggunakan peta, atlas,dan globe, untuk mendapatkan informasi keruangan.
C. Tujuan Pembelajaran
Pertemuan 1
- Mengidentifikasi perbedaan antara peta, atlas, dan Globe.
- Mengidentifikasi jenis-jenis peta.
- Mengidentifikasi bentuk-bentuk peta.
- Menjelaskan pemanfaatan peta dengan penuh percaya diri.
- Bekerjasama.
Pertemuan 2
- Menentukan letak suatu tempat menggunakan garis lintang dan bujur dengan teliti/cermat.
- Memperagakan gerak rotasi bumi menggunakan globe.
- Mempergunakan indeks untuk mencari letak suatu tempat di atlas.
Pertemuan 3
- Mengartikan berbagai skala dengan teliti/cermat.
Pertemuan 4
- Memperbesar dan memperkecil peta dengan bantuan garis-garis koordinat bersama-sama dengan teliti/cermat.
D. Materi Pembelajaran
1. Pengertian peta, atlas, dan globe.
2. Jenis peta :
Peta umum
Peta tematik (khusus)
3. Bentuk peta:
Peta datar
Peta timbul
4. Menentukan letak suatu tempat menggunakan garis lintang dan bujur.
5. Memperagakan gerak rotasi bumi menggunakan globe.
6. Penggunaan indeks dan daftar isi pada atlas.
7. Skala peta:
Skala angka
Skala garis
8. Memperbesar dan memperkecil peta.
E. Metode Pembelajaran
1. Diskusi
2. Inquiri
3. Tanya jawab
4. Simulasi
5. Observasi /Pengamatan
F. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
1. Pertemuan 1
a. Pendahuluan
- Berdoa (contoh nilai yang ditanamkan: taqwa).
- Mengecek kehadiran siswa (contoh nilai yang ditanamkan: disiplin).
- Menanyakan kabar siswa – dengan fokus pada mereka yang tidak datang dan/atau yang pada pertemuan sebelumnya tidak datang (contoh nilai yang ditanamkan: peduli, empati).
- Apersepsi: Tulislah rute perjalananmu dari rumah ke sekolah!
- Motivasi:
- Peserta didik diminta untuk saling bertukar tulisan tentang rute perjalanan tersebut dengan temannya, kemudian ditanya “Mudah atau sukarkah kamu menemukan rumah temanmu dengan uraian rute perjalanan tersebut?”
- Alat bantu apakah yang dapat memudahkan untuk menemukan rumah temanmu tersebut?
- Guru menginformasikan tujuan pembelajaran.
b. Kegiatan inti
- Peserta didik dibagi dalam empat kelompok.
- Setiap kelompok diberi tugas untuk mengamati peta, atlas, dan globe:
- Kelompok 1 : Perbedaan peta, atlas, dan globe
- Kelompok 2 : Perbedaan unsur-unsur peta dan atlas.
- Kelompok 3 : Simbol-simbol pada peta dan contoh-contohnya.
- Kelompok 4 : Jenis-jenis peta beserta contoh-contohnya
- Setiap kelompok membuat laporan hasil pengamatan.
- Setiap kelompok mempresentasikan di depan kelas hasil pengamatannya dan kelompok lain memberikan tanggapan.
- Guru memberikan penguatan tentang materi yang telah didiskusikan.
(Contoh nilai-nilai karakter yang dapat ditanamkan melalui kegiatan-kegiatan di atas: kerjasama, tanggung jawab, saling menghargai pendapat, percaya diri, adil).
c. Penutup
- Guru bersama siswa menyimpulkan pelajaran
- Penilaian
- Refleksi : Peserta didik mengungkapkan kesan terhadap pentingnya mempelajari peta, atlas, dan globe.
- Guru menginformasikan kepada peserta didik bahwa pertemuan berikutnya mempelajari letak geografis, pemanfaatan atlas, dan globe (contoh nilai yang ditanamkan: antisipatif).
- Berdoa (contoh nilai yang ditanamkan: taqwa).
- Ke luar kelas dengan tertib pada waktunya (contoh nilai yang ditanamkan: tertib, disiplin).
2. Pertemuan 2
a. Pendahuluan
- Berdoa (contoh nilai yang ditanamkan: taqwa).
- Mengecek kehadiran siswa (contoh nilai yang ditanamkan: disiplin).
- Menanyakan kabar siswa – dengan fokus pada mereka yang tidak datang dan/atau yang pada pertemuan sebelumnya tidak datang (contoh nilai yang ditanamkan: peduli, empati).
- Apersepsi : Jelaskan perbedaan peta, atlas, dan globe.
- Motivasi : Cerita tentang pentingnya peta, atlas, dan globe sebagai sumber informasi geografi.
- Guru menginformasikan tujuan pembelajaran pada.
b. Kegiatan inti
- Peserta didik dibagi dalam enam kelompok. Setiap kelompok diberikan atlas yang dilengkapi dengan indeks dan globe.
- Setiap kelompok diberi 4 nama kota atau obyek geografis lain.
- Kelompok 1 : Ampenan, Santa Fe, Tarutung, Tenggarong
- Kelompok 2 : Sanggau, Mamuju, Masohi, Port Said
- Kelompok 3 : Muaraenim, Lumajang, Atambua, Bukarest
- Kelompok 4 : Trenggalek, Luwuk, Tripoli, Bengkalis
- Kelompok 5 : Sungailiat, Dompu, Kuching, Tual
- Kelompok 6 : Timika, Parepare, Pangkalanbun, Warsawa.
- Setiap kelompok ditugaskan untuk :
- Mencari beberapa peta di dalam atlas
- Mencari obyek tersebut di dalam atlas
- Menentukan letak astronomis
- Mendemonstrasikan gerak rotasi bumi menggunakan globe.
- Setiap kelompok ditugaskan untuk membuat laporan dan mempresentasikan langkah-langkah kerja mereka dalam menemukan obyek geografis di atlas dan menentukan letak astronomis obyek tersebut.
- Setiap kelompok mendemonstrasikan di depan kelas gerak rotasi bumi menggunakan globe.
- Guru mengajak Peserta didik membandingkan langkah kerja kelompok mana yang paling baik.
- Guru memberikan konfirmasi dan penguatan.
(Contoh nilai-nilai karakter yang dapat ditanamkan melalui kegiatan-kegiatan di atas: kerjasama, cermat/teliti, tanggung jawab, saling menghargai pendapat orang lain, percaya diri, adil).
c. Penutup
- Guru dan Peserta didik membuat kesimpulan.
- Penilaian
- Refleksi : Peserta didik menyimpulkan pemanfaatan peta, atlas, dan globe.
- Guru menginformasikan kepada peserta didik bahwa pertemuan berikutnya mempelajari skala.
- Berdoa (contoh nilai yang ditanamkan: taqwa).
- Ke luar kelas dengan tertib pada waktunya (contoh nilai yang ditanamkan: tertib, disiplin).
3. Pertemuan 3
a. Pendahuluan
- Berdoa (contoh nilai yang ditanamkan: taqwa).
- Mengecek kehadiran siswa (contoh nilai yang ditanamkan: disiplin).
- Menanyakan kabar siswa – dengan fokus pada mereka yang tidak datang dan/atau yang pada pertemuan sebelumnya tidak datang (contoh nilai yang ditanamkan: peduli, empati).
- Apersepsi : Sebutkan unsur peta yang berkaitan berkaitan dengan jarak
- Motivasi : Peserta didik diajak keluar kelas untuk mengukur panjang dan lebar halaman sekolah, kemudian ditanyakan “Dapatkah halaman tersebut digambarkan pada kertas sesuai dengan ukuran yang sebenarnya?”
- Guru menginformasikan tujuan pembelajaran.
b. Kegiatan inti
- Tanya jawab tentang arti skala peta.
- Peserta didik dibagi dalam beberapa kelompok.
- Setiap kelompok diberi tugas:
- Mengamati skala peta yang ada di dalam atlas.
- Menentukan judul dan besar skala
- Menentukan dua titik yang ada dalam peta dan mengukur jaraknya.
- Menghitung jarak sebenarnya dari dua titik yang telah ditentukan.
- Berdiskusi langkah-langkah untuk mengkonversi skala garis ke jenis skala angka dan sebaliknya.
- Setiap kelompok mempresentasikan hasil diskusi kelompok di depan kelas dan kelompok lain menanggapi.
- Guru memberi konfirmasi dan penguatan.
(Contoh nilai-nilai karakter yang dapat ditanamkan melalui kegiatan-kegiatan di atas: kerjasama, cermat/teliti, logis, kritis, tanggung jawab, saling menghargai pendapat, percaya diri, adil).
c. Penutup
- Guru bersama Peserta didik membuat kesimpulan.
- Penilaian
- Refleksi : Peserta didik membuat kesimpulan tentang manfaat skala peta.
- Menugaskan Peserta didik untuk membawa alat dan bahan untuk memperbesar dan memperkecil peta pertemuan berikutnya.
- Berdoa (contoh nilai yang ditanamkan: taqwa).
- Ke luar kelas dengan tertib pada waktunya (contoh nilai yang ditanamkan: tertib, disiplin).
4. Pertemuan 4
a. Pendahuluan
- Berdoa (contoh nilai yang ditanamkan: taqwa).
- Mengecek kehadiran siswa (contoh nilai yang ditanamkan: disiplin).
- Menanyakan kabar siswa – dengan fokus pada mereka yang tidak datang dan/atau yang pada pertemuan sebelumnya tidak datang (contoh nilai yang ditanamkan: peduli, empati).
- Apersepsi : Jelaskan manfaat skala pada peta!
- Motivasi : Mengamati suatu peta. Dapatkah peta tersebut diperbesar atau diperkecil.
- Guru menginformasikan tujuan pembelajaran.
b. Kegiatan inti
- Tanya jawab tentang cara memperbesar atau memperkecil peta.
- Tanya jawab tentang bahan dan alat yang digunakan dalam memperbesar atau memperkecil peta dengan menggunakan garis-garis koordinat (garis grid).
- Tugas individu untuk memperbesar dan memperkecil peta dengan langkah-langkah sebagai berikut:
- Menyiapkan alat dan bahan memperbesar atau memperkecil peta dengan menggunakan garis-garis koordinat(garis grid).
- Menentukan peta yang akan diperbesar atau diperkecil.
- Membuat garis-garis koordinat (garis grid)pada peta yang akan diperbesar atau diperkecil.
- Membuat garis-garis koordinat (garis grid)pada kertas kerja sesuai dengan perbesaran atau perkecilan yang diinginkan.
- Menyalin peta dari peta asli ke kertas kerja.
- Menentukan skala pada peta yang telah diperbesar atau diperkecil.
- Tanya jawab tentang unsur peta yang berubah dan tidak berubah dari peta yang telah diperbesar atau diperkecil.
(Contoh nilai-nilai karakter yang dapat ditanamkan melalui kegiatan-kegiatan di atas: kerjasama, tanggung jawab, saling menghargai pendapat, percaya diri, keadilan).
c. Penutup
- Guru bersama Peserta didik membuat kesimpulan.
- Penilaian
- Guru menginformasikan bahwa peserta didik yang belum mencapai KKM dalam memperbesar/memperkecil peta perlu memperbaiki hasil kerjanya.
- Refleksi : Peserta didik menyampaikan kesan tentang kesulitan dalam memperbesar atau memperkecil peta.
- Guru menginformasikan kepada peserta bahwa pertemuan berikutnya membahas tentang interaksi sosial, siswa ditugasi membaca buku pelajaran yang berkaitan dengan materi tersebut.
- Berdoa (contoh nilai yang ditanamkan: taqwa).
- Ke luar kelas dengan tertib pada waktunya (contoh nilai yang ditanamkan: tertib, disiplin).
G. Sumber dan Media Pembelajaran
1. Peta
2. Atlas
3. Globe
4. Kertas karton/ HVS
5. Lembar Penilaian Psikomotorik
6. Buku geografi yang relevan
A. Penilaian
Indikator Pencapaian | Teknik Penilaian | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen |
· Membedakan peta, atlas, dan globe. · Mengidentifikasi jenis,bentuk dan pemanfaatan peta. · Mengidentifikasi informasi geografis dari peta, atlas dan globe. · Mengartikan berbagai skala. · Memperbesar dan memperkecil peta dengan bantuan garis-garis koordinat | Tes Tulis Tes unjuk kerja Self assessment | Tes uraian Uji petik kerja Skala Likert | 1. Sebutkan unsur-unsur peta dan atlas. 2. Berikan masing-masing 2 contoh peta umum dan peta khusus! 3. Jelaskan 2 bentuk peta! 4. Sebutkan 3 informasi geografis dari peta! 5. Amatilah peta dantentukan letak astronomis (lintang dan bujur) Jakarta! 6. Peragakan gerak rotasi bumi dengan menggunakan globe! 7. Jika di peta yang berskala 1 : 1.000.000 jarak kota A dan B adalah 5 cm, hitunglah jarak yang sebenarnya! Carilah letak Kota Bulukumba pada atlas dengan menggunakan indeks! Pilihlah peta salah satu pulau di Indonesia dalam atlasmu, kemudian perbesarlah 2 kali dengan menggunakan garis-garis koordinator(garis grid)! Setelah mengikuti pelajaran ini, seberapa baik kalian dalam beberapa hal berikut ini. Silanglah 1 untuk BELUM BAIK, 2 untuk CUKUP BAIK, 3 untuk BAIK, 4 untuk SANGAT BAIK sesuai dengan diri kalian. 1. Bekerjasama dengan teman sekelas 1 2 3 4 2. Rasa percaya diri dalam mengemukakan pendapat 1 2 3 4 3. Bekerja dengan cermat/teliti 1 2 3 4 4. Menghargai pendapat teman sekelas 1 2 3 4 |
................, ............. 2010
Mengetahui,
Kepala SMP/MTs .......................... Guru Mata Pelajaran,
_____________________ __________________
Lampiran
RUBRIK PENILAIAN
KETERAMPILAN MENGGUNAKAN ATLAS
No | Nama Peserta didik | Aspek yang dinilai/skor maksimal | Jumlah skor | |||
Mencari nama tempat pada daftar indeks | Mencari halaman | Mencari kolom dan baris | Menunjuk letak tempat | |||
5 | 5 | 5 | 5 | 20 | ||
| | | | | | |
| | | | | | |
| | | | | | |
| | | | | | |
| | | | | | |
| | | | | | |
RUBRIK PENILAIAN
MEMPERBESAR DAN MEMPERKECIL PETA
No | Nama Peserta didik | Aspek yang dinilai | Jumlah skor | |||
Grid | Bentuk | Skala | Kerapian | |||
5 | 5 | 5 | 5 | 20 | ||
| | | | | | |
| | | | | | |
| | | | | | |
| | | | | | |
Sumber: http://akhmadsudrajat.files.wordpress.com/2010/10/lampiran-2_rpp_dengan-karakter_9-feb.doc
Tidak ada komentar:
Posting Komentar