Evaluasi dalam Pembelajaran: Apa dan Bagaimana?

Apa bedanya Evaluasi Penilaian dan Pengetesan?
  1. Evaluasi: proses pengumpulan informasi untuk menentukan sejauh mana tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan tercapai
  2. Penilaian: metode yang digunakan untuk mengumpulkan informasi baik secara formal maupun informal
  3. Pengetesan: salah satu prosedur yang dapat digunakan untuk menilai unjuk kerja siswa

Kaitan pengajaran, evaluasi, penilaian dan pengetesan:

image

image

image

Langkah Penilaian

  1. Menetapkan tujuan penilaian
  2. Menetapkan pokok bahasan/materi
  3. Menentukan jenis soal yang akan dikembangkan
  4. Mengkaji Standar Kompetensi yang akan diteskan
  5. Menentukan ranah perilaku hasil belajar yang akan ki-ta ukur
  6. Menentukan indikator/tujuan pembelajaran
  7. Menuliskan butir soal sekaligus kunci jawabannya
  8. Menyiapkan teknik penyekorannya
  9. Tentukan prosedur penafsiran penilaian

Jenis Penilaian

  1. Test, take home test
  2. Observation
  3. Interview
  4. Participation
  5. Attendance
  6. Assignment
  7. Portfolio
  8. Homework
  9. Journal writing
  10. Identify the ability understanding skills
  11. Identify attitude, behavior
  12. Performance
  13. Questionnaire
  14. Role play
  15. Conference
  16. Project
  17. Conferences
  18. (Writing) journal
  19. Questionnaires
  20. Classroom observation
  21. Task-based assignment (project)

Rubrik Penilaian

image image

Penafsiran Penilaian

Penilaian Acuan Patokan (PAP)

  • 90 – 100 = A
  • 80 – 89 = B
  • 70 – 79 = C
  • 60 – 69 = D

Penilaian Acuan Normatif (PAN)

Jumlah siswa = 40

Nilai terendah = 50

Nilai tertinggi = 90

Jumlah kriteria nilai = 4

  • 80 – 90 = A
  • 70 – 79 = B
  • 60 – 69 = C
  • 50 – 59 = D

Manfaat Penilaian

  1. Input bagi guru untuk memperbaiki PBM yang telah dilaksanakan
  2. Bahan informasi bagi guru dalam memperbaiki proses mengajarnya
  3. Memberi informasi bagi siswa mengenai hasil belajar yang dicapai
  4. Dapat digunakan untuk menentukan kebijakan dalam pendidikan seperti dalam menentukan batas lulus, batas penerimaan siswa baru, penentuan kluster, penentuan kuota asal siswa, peluncuran bantuan, penetapan seko -lah unggulan, dan sejenisnya

============

Sumber: Materi Diklat PLPG Sertifikasi Guru Rayon 10 Mata Pelajaran Bahasa Inggris oleh Fazri Nur Yusuf

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar