- Evaluasi: proses pengumpulan informasi untuk menentukan sejauh mana tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan tercapai
- Penilaian: metode yang digunakan untuk mengumpulkan informasi baik secara formal maupun informal
- Pengetesan: salah satu prosedur yang dapat digunakan untuk menilai unjuk kerja siswa
Kaitan pengajaran, evaluasi, penilaian dan pengetesan:
Langkah Penilaian
- Menetapkan tujuan penilaian
- Menetapkan pokok bahasan/materi
- Menentukan jenis soal yang akan dikembangkan
- Mengkaji Standar Kompetensi yang akan diteskan
- Menentukan ranah perilaku hasil belajar yang akan ki-ta ukur
- Menentukan indikator/tujuan pembelajaran
- Menuliskan butir soal sekaligus kunci jawabannya
- Menyiapkan teknik penyekorannya
- Tentukan prosedur penafsiran penilaian
Jenis Penilaian
- Test, take home test
- Observation
- Interview
- Participation
- Attendance
- Assignment
- Portfolio
- Homework
- Journal writing
- Identify the ability understanding skills
- Identify attitude, behavior
- Performance
- Questionnaire
- Role play
- Conference
- Project
- Conferences
- (Writing) journal
- Questionnaires
- Classroom observation
- Task-based assignment (project)
Rubrik Penilaian
Penafsiran Penilaian
Penilaian Acuan Patokan (PAP)
- 90 – 100 = A
- 80 – 89 = B
- 70 – 79 = C
- 60 – 69 = D
Penilaian Acuan Normatif (PAN)
Jumlah siswa = 40
Nilai terendah = 50
Nilai tertinggi = 90
Jumlah kriteria nilai = 4
- 80 – 90 = A
- 70 – 79 = B
- 60 – 69 = C
- 50 – 59 = D
Manfaat Penilaian
- Input bagi guru untuk memperbaiki PBM yang telah dilaksanakan
- Bahan informasi bagi guru dalam memperbaiki proses mengajarnya
- Memberi informasi bagi siswa mengenai hasil belajar yang dicapai
- Dapat digunakan untuk menentukan kebijakan dalam pendidikan seperti dalam menentukan batas lulus, batas penerimaan siswa baru, penentuan kluster, penentuan kuota asal siswa, peluncuran bantuan, penetapan seko -lah unggulan, dan sejenisnya
============
Sumber: Materi Diklat PLPG Sertifikasi Guru Rayon 10 Mata Pelajaran Bahasa Inggris oleh Fazri Nur Yusuf
Tidak ada komentar:
Posting Komentar