Kegiatan Pesantren Ramadhan

Dalam rangka meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT dan pembinaan akhlakul karimah bagi para pelajar, maka perlu diadakan kegiatan yang mengarah pada tujuan tersebut. Pesantren Ramadhan adalah salah satu upaya "penggemblengan" generasi muda untuk memahami, menghayati dan mengamalkan ajaran Islam dengan baik.

Pesantren Ramadahan adalah suatu wahana alternatif kegiatan intrakulikuler dalam rangka memantapkan pembinaan keimanan dan ketaqwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa bagi siswa yang beragama Islam , dengan pola dan tata cara kehidupan yang islami dilakukan di sekolah dalam waktu relatif singkat. Kegiatan Pesantren Ramadhan ini memacu kepada pemantapan Pendidikan Agama Islam yang memiliki suasana kehidupan yang akrab dan kesadaran untuk bertindak dan berbuat yang baik dalam kehidupan sehari-hari yang bernilai ibadah, baik dalam hablum min Allah maupun dalam hablum min nanas.

Meskipun Pesantren Ramadhan dilakukan dalam waktu yang singkat, namun bermamfaat untuk mengisi bulan suci Ramadhan dengan amaliyah surgawi. Apalagi jika kegiatan tersebut dimanage dengan baik dan menggunakan metoda yang betul-betul islami.

Adapun tujuan diselenggarakannya Pesantren Ramadhan adalah:
  1. Tujuan umum di selenggarakanya Pesantren Ramadhan adalah untuk menumbuhkan keadaran dan meningkatkan pemahaman,penghayatan dan pengamalan ajaran agama Islam, sehingga kelak menjadi warga negara yang beriman dan bertaqwa kepada Allah SWT. Serta berakhlak mulia dalam kehidupan pribadi, berkeluarga, bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.
  2. Tujuan khusus diselenggarakanya Pesantren Ramadhan adalah untuk merubah sikap, menambah kesadaran serta menumbuhkan motivasi untuk memperdalam, memantapkan dan meingkatkan penghayatan ajaran ajaran agama Islam baik di sekolah maupun di luar sekolah.
  3. Mendorong terwujudnya akhlakul karimah dalam kehidupan sehari-hari serta meimiliki kepribadian yang kokoh dan mampu menghadapi tantangan negatif baik dari dalam maupun dari luar dirinya.
Materi Kegiatan dalam Pesantren Ramadhan: 
  1. Pemahaman Keislaman: tauhid, akhlak dan ibadah.
  2. Pemahaman terhadap Al-Quran: bimbingan membaca dan menulis Al-Quran dan memhami Al-Quran.
  3. Pemahaman Kepemimpinan: pengertian, unsur-unsur dalam organisasi, manajemen organisasi, ciri-ciri kepemimpinan Islam Khilafah.
  4. Problem Solving: menemukan akar permasalahan umat Islam, cara-cara pemecahan masalahnya.
  5. Simulasi: permainan untuk menghindari kejenuhan peserta didik

Berdasarkan petunjuk tekhnis dan panduan program materi Kegiatan Ramadhan pada sekolah/madrasah kabupaten Majalengka tahun 1431 Hijriah/ 2010 masehi berikut ini adalah jadwal kegiatan selama bulan Ramadhan yang dilaksanakan di SMPN 2 Bantarujeg:
  • Libur awal Ramadhan tanggal 10 Agustus s/d 12 Agustus 2010
  • Kegiatan belajar mengajar dimulai jam 07.30 s/d 11.55, kecuali hari Jum'at.
  • Kegiatan Pesantren Ramadhan :
    1. Kelas IX dilaksanakan tanggal 16 s/d 21 Agustus 2010, kelas VIII dan VII belajar seperti biasa.
    2. Kelas VIII dilaksanakan tanggal 23 s/d 27 Agustus 2010, kelas IX dan VII belajar seperti biasa.
    3. Kelas VII dilaksanakan tanggal 28 s/d 02 September 2010, kelas VIII dan IX belajar seperti biasa
  • Selama Kegiatan Pesantren Ramadhan Siswa harus mengenakan pakaian Muslim/Muslimah, membawa perlengkapan Sholat dan Al-Qur'an.Sebagai media pembelajaran.
  • Seluruh siswa muslim diharapkan menyalurkan Zakat Fitrah melalui Bazis SMPN 2 Bantarujeg mulai tanggal 25 Agustus 2010.
  • Libur Iedul Fitri mulai 6 September s/d 18 September 2010.

10 komentar:

  1. Selamat menjalankan ibadah shaum di bulan ramadhan ya..

    BalasHapus
  2. @bolehngeblog: iya sama-sama.. semoga kita diberi kekuatan dalam menjalankan ibadah saum.

    BalasHapus
  3. Asslm,,,,

    Kunjungan Balik nih Sob,
    Thanks ya udah Berkunjung ke Rumahku...hehehe
    Rumahnya (Blognya...red) tambah oke aja,
    Gak bosen deh saya sempatkan untuk Datang ke Sini lagi..!!

    Sob saya punya Blog baru nih,
    Sempatkan untuk berkunjung ya, ini Rumah Baruku...
    http://bajumuslimmuslimah.blogspot.com
    http://pakaianbajupengantin.blogspot.com
    http://caraloginfacebook.blogspot.com/

    Salam Blogger, Sukses Menjalin Silaturahmi....


    Wassalm,,,,

    BalasHapus
  4. bulan yang suci,bulan yang penuh brkah. .thanks infonya. .
    salam kenal!!!

    BalasHapus
  5. Pesantren Ramadhan adalah kegiatan yang sangat positif. Akan lebih mantap lagi jika dilanjutkan dengan pembinaan intensif di luar bulan Ramadhan. Btw, Wilujeng sonten Pa.....

    BalasHapus
  6. @1000 Kunjungan gratis: makasih atas kunjungannya..

    @putu: salam kenal juga yah..

    @Ferdiansyah Syaiful Hijrah: leres kang mudah-mudahan sanes mung saukur rutinitas nu dilaksanakeu di setiap bulan Ramadhan wungkul, wilujeng enjing, hehe..

    BalasHapus
  7. salamny dah diterima. katanya mun ngjar tong bari ngagendang!!

    BalasHapus
  8. @Arka: hehe.. biasa pak eta mah kanggo ngembangkeun bakat *bakat ku butuh* xixixi

    BalasHapus
  9. Mudah2an, Kegiatan Ramadhan memberikan dampak positif buat smuanya pa...
    pesen sy pami saum mah tong ngagendang bilih haussss..

    BalasHapus
  10. Kegiatan yang positif di bulan ramadhan :), minal aidin walfaidzin, mohon maaf lahir dan batin

    BalasHapus