3 in 1: Pelepasan Kelas IX, Kenaikan Kelas VII & VIII dan Peringatan Isra Miraj 1432 H

pelepasan atributperwakilan kelas 9rajaban

Kenaikan kelas dan perpisahan merupakan bagian integral dari kelas VII, VII dan IX yang diakhiri dengan pembagian buku laporan pendidikan dan acara pelepasan siswa yang menandakan bahwa siswa telah diantar pada jenjang paling akhir kegiatan pembelajaran selama tiga tahun berlangsung juga merupakan kegiatan rutin sekolah pada akhir tahun pelajaran.
Kenaikan kelas dilaksanakan setiap akhir tahun pelajaran khusus kelas VII dan VIII di mana para siswa telah menyelesaikan seluruh Program Pembelajaran selama satu tahun dan memperoleh nilai minimum baik pada penilaian akhir untuk semua mata pelajaran. Perpisahan dilaksanakan pada akhir tahun pelajaran untuk kelas IX yang telah menyelesaikan seluruh Program Pembelajaran selama tiga tahun, memperoleh nilai minimal baik pada penilaian akhir untuk seluruh mata pelajaran, lulus ujian sekolah dan lulus Ujian Nasional. 

Seperti pada hari Sabtu (2/7) kemarin, SMPN 2 Bantarujeg , menggelar acara pelepasan siswa kelas IX, dan kenaikan siswa kelas VII, kelas VIII. Acara yang berlangsung di halaman kampus SMPN 2 Bantarujeg itu, selain dihadiri Ketua Komite sekolah H Edy Humaedi BA, Kepala Desa Salawangi Dede Siswanto, juga tampak hadir Kepala Desa Cinambo Asep Subarkah, dan jajaran pemerintah Desa Silihwangi, tokoh masyarakat, tokoh agama, ratusan orangtua siswa, serta warga desa setempat.

Acara pelepasan siswa kelas IX dan kenaikan siswa kelas VII, kelas VIII yang digelar di lingkungan kampus , diisi dengan berbagai mata acara. Mengawali acaranya diawali dengan pembacaan ayat suci Al-Quran, sambutan ketua panitia penyelenggara Usep Suryana SPd, sambutan Kepala SMPN 2 Bantarujeg  Ending Supardi Putra SPd MPd, dan dari sambutan Ketua Komite sekolah H Edy Humaedi BA. Juga acara diisi dengan pentas seni marawis dari Desa Sukamenak, dan berbagai kreasi seni siswa SMPN 2 Bantarujeg.

Dan puncaknya acara prosesi perpisahan siswa kelas IX dengan digelar upacara adat Sunda, yang ditampilkan dari lingkungan seni SMPN 2 Bantarujeg. Dan acara pelepasan siswa kelas IX sendiri ditandai dengan pencopotan atribut sekolah, penyerahan ijazah secara simbolis, dan penyerahan siswa kelas IX dari Kepala sekolah Ending Supardi Putra SPd MPd kepada Ketua Komite sekolah H Edy Humaedi BA. Selanjutnya dilanjutkan dengan sungkeman dan musafahah antara seluruh siswa kelas IX kepada kepala sekolah, dewan guru, dan karyawati/karyawati SMPN 2 Bantarujeg.

Kepala SMPN 2  Bantarujeg Ending Supardi Putra SPd MPd, dalam sambutannya mengatakan, maksud tujuan dilaksanakan acara kegiatan pelepasan siswa kelas IX dan kenaikan siswa kelas VII, kelas VIII pada intinya adalah untuk di kalangan mitra pendidikan yakni pihak sekolah dengan orangtua siswa, pemerintah desa dan seluruh warga desa setempat. Juga dalam kesempatan ini kami dari pihak sekolah menyampaikan bahwa sejalan visi dan misi sekolah unggul dalam prestasi, profesional dlam kinerja, agamis dalam pergaulan.

Bahkan, rangkaian acara pelepasan siswa kelas IX dan kenaikan siswa kelas VII, dan kelas VIII yang kali ini digelar, juga bertepatan dengan peringatan Isra Miraj. Dengan demikian, acara pelepasan siswa dan kenaikan kelas pada tahun sekarang merupakan kegiatan yang sangat istimewa. Oleh karena itu, dalam kesempatan ini kami pun dari pihak sekolah sekaligus dengan menggelar acara peringatan Isra Miraj dengan diisi siraman rohani yang disampaikan oleh mubalig dari Kabupaten Ciamis, paparnya.

Disamping guna untuk mewujudkan visi dan misi SMPN 2 Bantarujeg, kami selalu berusaha untuk bisa meningkatkan dalam pelaksanaan mutu pendidikan yang optimal. Juga untuk menyalurkan atau mengembangkan minat, bakat dan kreativitas siswa, seluruh siswa kami berikan kesempatan untuk mengikuti kegiatan ekstrakurikuler. Seperti yang ditampilkan sekarang dalam acara pelepasan siswa kelas IX dan kenaikan siswa kelas VII, kelas VIII, semua kegiatan yang ditampilkan tersebut, adalah merupakan salahsatu bukti dari hasil pembinaan kami terhadap para peserta didik, ujarnya.

Meski keberadaan sekolah kami berada di wilayah pelosok, namun kami merasa sangat bersyukur Alhamdulilah, seluruh siswa kelas IX yang berjumlah 113 siswa yang , dinyatakan telah lulus 100 persen. Demikian pula halnya dengan siswa kelas VII yang berjumlah 116 siswa, dan siswa kelas VIII yang berjumlah 87 siswa, seluruhnya naik kelas 100 persen. Dari keberhasilan tersebut, tidak lepas berkat adanya kerja keras dari seluruh dewan guru dan dukungan dari seluruh orangtua siswa. Mudah-mudahan dengan telah terjalinnya kemitraan seperti ini agar tetap dipertahankan, paparnya.

Sementara itu, pada kesempatan yang sama dikatakan Ketua Komite sekolah H Edy Humaedi BA, atas nama orangtua siswa pihaknya menyampaikan ucapan terima kasih kepada pihak sekolah yang telah berhasil mengarahkan dan membina para peserta didiknya sehingga seluruh siswa bisa berhasil dengan baik, terbukti siswa kelas IX yang berjumlah 113 siswa berhasil lulus 100 persen, juga siswa kelas VII yang berjumlah 116 siswa dan siswa kelas VIII berjumlah 87 siswa, seluruhnya berhasil naik kelas. Meski demikian, kami selaku komite sekolah mengimbau kepada seluruh siswa kelas IX dan kepada orangtua siswa, agar tidak merasa cukup puas dengan hanya meraih ijazah SMP saja, akan tetapi diharapkan bisa terus melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi, pungkasnya.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar