Kegiatan Perpisahan dan Kenaikan Kelas Sebagai Ajang Silaturahmi

Lebih baik terlambat daripada tidak sama sekali, itulah barangkali kalimat yang tepat untuk menghibur diri saya sendiri yaitu sebagai admin blog SMPN 2 Bantarujeg. Dikarenakan banyak kesibukan yang saya hadapi sampai-sampai blog ini tidak "terurus" sudah 2 minggu gak pernah di up date :). Bukannya sok sibuk sih sebenarnya.. ;) tapi memang kenyataannya begitu banyak tugas yang harus saya kerjakan. Mulai dari tugas saya sebagai Wakasek bidang Sarana Prasarana yang saat ini lagi punya hajat membangun ruang perpustakaan dan rehabilitasi 3 ruang kelas. Kemudian sebagai penanggung jawab seksi kesenian yang harus mempersiapkan upacara adat sunda ( seni degung) dalam acara pelepasan kelas 9 dan acara hiburan lainnya yaitu grup organ electune plus yang saya pimpin. Disamping itu saya juga harus termasuk panitia dalam Penerimaan Siswa Baru untuk Tahun Pelajaran 2009-2010 sehingga saat orang lain pada liburan, harus tetap stand by di sekolah.



Kali ini saya akan posting kegiatan kenaikan kelas 7 dan 8 dan perpisahan kelas 9 yang diselenggarakan pada hari Senin (29/07/2009) yang lalu. Berdasarkan jadwal yang diberikan oleh Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga kabupaten Majalengka hari terakhir kenaikan kelas dan perpisahan adalah pada tanggal 27 Juni 2009, berhubung situasi dan kondisi maka kegiatan tersebut diSMPN 2 Bantarujeg dilaksanakan pada tanggal 29 Juni 2009.

Kenaikan kelas dan perpisahan merupakan bagian integral dari kegiatan siswa kelas VII, VII dan IX yang diakhiri dengan pembagian buku laporan pendidikan dan acara pelepasan siswa yang menandakan bahwa siswa telah diantar pada jenjang paling akhir kegiatan pembelajaran selama tiga tahun berlangsung juga merupakan kegiatan rutin sekolah pada akhir tahun pelajaran.

Kenaikan kelas dilaksanakan setiap akhir tahun pelajaran khusus kelas VII dan VIII di mana para siswa telah menyelesaikan seluruh Program Pembelajaran selama satu tahun dan memperoleh nilai minimum baik pada penilaian akhir untuk semua mata pelajaran. Perpisahan dilaksanakan pada akhir tahun pelajaran untuk kelas IX yang telah menyelesaikan seluruh Program Pembelajaran selama tiga tahun, memperoleh nilai minimal baik pada penilaian akhir untuk seluruh mata pelajaran, lulus ujian sekolah dan lulus Ujian Nasional.

Kegiatan kenaikan kelas dan perpisahan di SMPN 2 Bantarujeg selalu mengundang orangtua murid dan tamu undangan lainnya ( kegiatan perpisahan dan kenaikan kelas tahun ini dihadiri oleh Camat Kecamatan Bantarujeg beserta stafnya, Kepala Cabang Dinas Pendidikan dan Kebudayaan kecamatan Bantarujeg, Anggota DPRD terpilih M. Suparman, Kepala Desa Salawangi dan Cinambo, Para Kepala SD pendukung dan masih banyak lagi) hal ini adalah merupakan sarana silaturahmi yang sangat tepat antara pihak sekolah dengan pihak orang tua wali murid dan sekaligus sebagai event untuk mengembalikan pendidikan siswa kepada orang tua masing-masing setelah melalui proses pembelajaran selama tiga tahun di SMP Negeri 2 Bantarujeg.

Adapun maksud dan tujuan dari acara kenaikan kelas VII & VIII dan perpisahan siswa kelas IX di SMP Negeri 2 Bantarujeg adalah :

  1. Ajang silaturahmi dengan orang tua siswa.
  2. Melaksanakan program tahunan sekolah.
  3. Menyampaikan informasi tentang keberhasilan atau kemajuan siswa selama 3 tahun dalam proses pendidikan.
  4. Mengembalikan siswa kelas IX kepada pihak orang tua setelah proses KBM selama 3 tahun.
  5. Menginformasikan kegiatan UPTD SMP Negeri 2 Bantarujeg selama 3 tahun terakhir dan kegiatan tahun berikutnya.
  6. Menumbuhkan kreatifitas guru dan siswa.
  7. Meningkatkan prestasi siswa dalam bidang pendidikan non akademik dan
  8. Sekaligus melestarikan dan mengembangkan seni budaya sunda khususnya seni degung.

Inilah sebagian photo-photo dalam kegiatan perpisahan dan kenaikan kelas :












Akhirnya selamat dan sukses buat kalian kelas 7 dan 8 yang yang telah berhasil naik kelas dan buat kelas 9 yang telah lulus dalam menempuh ujian akhir nasional ( UN ) dan ujian akhir sekolah yang selama 3 tahun menempa diri membina potensi di kampus tercinta. Selamat jalan untuk melanjutkan menempuh hidup baru di luar kampus SMPN 2 Bantarujeg dan kami berharap agar kiranya kalian melanjutkan studi ke jenjang yang lebih tinggi untuk meraih cita-cita. Ingatlah bahwa hanya dengan belajar kita akan lebih baik sehingga ini menjadi motivasi untuk memperkaya diri dengan ilmu pengetahuan dan tekhnologi.

Paturay pileuleuyan pileuleuyan. Sapu nyere pegat simpay paturay patepang deui. Semoga berpisah kita hanya di lahirnya, tetapi di hati tetaplah menyatu. peace.... ah :D

5 komentar:

  1. Salam sukses, mantap dokumentasinya...semoga melanjut
    kejenjang yang lebih tinggi lagi...oke...

    BalasHapus
  2. Salam sukses juga pa...:|

    BalasHapus
  3. wakh aku juga dari majalengka....wakh...semoga tambah sukses terus yah

    BalasHapus
  4. @Harry Seenthings:terima kasih udah berkunjung.. oh ya Majalengkanya darimana nih? Semoga tambah sukses juga yah..!

    BalasHapus
  5. Mantap Pak... semoga terus maju, kapan2 jenguk saudara anda ini ya.......

    BalasHapus