Pengembangan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)


LANDASAN RPP
PP NO 19 TAHUN 2005 Pasal 20
Perencanaan proses pembelajaran meliputi silabus dan rencana pelaksanaan pembelajaran yang memuat sekurang-kurangnya tujuan pembelajaran, materi pembelajaran, metode pembelajaran, sumber belajar, dan penilaian hasil belajar

PENGERTIAN RPP
Rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) adalah rencana yang menggambarkan prosedur dan pengorganisasian pembelajaran untuk mencapai satu kompetensi dasar yang ditetapkan dalam Standar Isi dan telah dijabarkan dalam silabus. Lingkup Rencana Pembelajaran paling luas mencakup 1 (satu) kompetensi dasar yang terdiri atas 1 (satu) atau beberapa indikator untuk 1 (satu) kali pertemuan atau lebih.



ALUR RPP:
  1. SK dan KD
  2. SILABUS
  3. RPP
KOMPONEN RPP (minimal):
  1. Tujuan Pembelajaran
  2. Materi Pembelajaran
  3. Metode Pembelajaran
  4. Sumber Belajar
  5. Penilaian Hasil Belajar
Format RPP
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
Mata Pelajaran : …
Kelas/Semester : …
Pertemuan Ke- : …
Alokasi Waktu : …
Standar Kompetensi : …
Kompetensi Dasar : …
Indikator : …

I. Tujuan Pembelajaran : …
II. Materi Ajar : …
III. Metode Pembelajaran: …
IV. Langkah-langkah Pembelajaran

Pertemuan pertama,
  1. Kegiatan Awal: …
  2. Kegiatan Inti: …
  3. Kegiatan Akhir: …
Pertemuan kedua, dst.

V. Alat/Bahan/Sumber Belajar: …
VI. Penilaian: …

Langkah-langkah Menyusun RPP
  1. Mengisi kolom identitas
  2. Menentukan alokasi waktu yang dibutuhkan untuk pertemuan yang telah ditetapkan
  3. Menentukan SK, KD, dan Indikator yang akan digunakan ( terdapat pada silabus yang telahdisusun)
  4. Merumuskan tujuan pembelajaran berdasarkan SK, KD, dan Indikator yang telah ditentukan. (Lebih rinci dari KD dan Indikator, pada saat-saat tertentu rumusan indikator sama dengantujuan pembelajaran, karena indikator sudah sangat rinci sehingga tidak dapat dijabarkan lagi.)
  5. Mengidentifikasi materi ajar berdasarkan materi pokok/ pembelajaran yang terdapat dalamsilabus. Materi ajar merupakan uraian dari materi pokok/pembelajaran
  6. Menentukan metode pembelajaran yang akan digunakan
  7. Merumuskan langkah-langkah pembelajaran yang terdiri dari kegiatan awal, inti, dan akhir.
  8. Menentukan alat/bahan/ sumber belajar yang digunakan
  9. Menyusun kriteria penilaian, lembar pengamatan, contoh soal, teknik penskoran, dll.
Sekian.

=============================================
Sumber: http://akhmadsudrajat.wordpress.com


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar