Kegiatan Pelantikan Pramuka, PMR dan Paskibra

OSIS (Organisasi Siswa Intra Sekolah) SMP Negeri 2 Bantarujeg Kabupaten Majalengka merupakan organisasi yang bersifat intra sekolah, dan merupakan satu-satunya organisasi siswa yang syah di sekolah sebagai wadah siswa berorganisasi dan menampung seluruh kegiatan siswa. Salah satu kegiatan siswa yang dibina dan dikembangkan adalah kegiatan ekstra kurikuler. Kegiatan ekstra kurikuler yang dikembangkan di SMP Negeri 2 Bantarujeg adalah: Pramuka, Paskibra, PMR, Olahraga, Kesenian dan BTQ (Baca Tulis Qur'an).



Sesuai dengan program kerja Pembina Kesiswaan/OSIS SMP Negeri 2 Bantarujeg tahun 2009/2010 yaitu diantaranya menyusun program pembinaan kesiswaan/OSIS, membimbing, mengarahkan dan mengendalikan kegiatan siswa/OSIS, menyusun program dan jadwal kegiatan siswa
secara berkala dan insidentil, maka pada hari Jumat - Minggu tanggal 30 Oktober - 1 Nopember 2009 yang lalu telah mengadakan kegiatan Pelantikan anggota Pramuka, PMR dan Paskibra yang dilaksanakan dalam bentuk Perkemahan Bersama atau Perjusami (Perkemahan Sabtu Minggu) yang bertempat di Desa Kagok Kecamatan Banjaran. Kegiatan tersebut melibatkan seluruh siswa dari kelas 7 - 9, para pembina eskul, seluruh guru dan dibantu oleh anak-anak FOKAL (Forum Komunikasi Alumni) SMPN 2 Bantarujeg.



Menurut Pembantu Kepala Sekolah Urusan Kesiswaan yang juga sebagai Ketua Panitia Enceng Ikhsan Muslim, S.Pd. kegiatan pelantikan tahun ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya yang dilaksanakan oleh masing-masing anggota ekstra kurikuler dalam waktu yang berbeda hal ini karena program kerja Kesiswaan/OSIS SMPN 2 Bantarujeg dalam pelaksanaannya berorientasi terhadap peningkatan mutu sekolah kearah yang semakin baik. Ia juga mengatakan bahwa kegiatan yang akan dilaksanakan memiliki ciri-ciri menyenangkan, menambah pengalaman siswa dan meningkatkan kwalitas belajar siswa dengan demikian mutu sekolah akan lebih baik di masa yang akan datang.



Ending Supardi Putra, S.Pd., M.Pd., Kepala SMPN 2 Bantarujeg ketika memberikan amanat pada acara pembukaan mengatakan bahwa tujuan kegiatan ini selain memberikan pengetahuan di bidang Pramuka, PMR dan Paskibra, juga memberikan arahan dan latihan kepada seluruh peserta didik agar mereka bisa belajar hidup mandiri di sebuah lingkungan yang baru. Harapannya, para peserta akan memperoleh pengetahuan dan pengalaman baru selama kegiatan berlangsung.



Disamping itu kata dia, melalui kegiatan seperti ini para peserta didik diharapkan mampu menyerap berbagai keterampilan dan bimbingan yang diberikan para pembinanya. Sehingga kelak dikemudian hari mereka menjadi generasi muda yang handal, memiliki kemampuan yang cukup, bisa hidup mandiri di tengah-tengah kehidupan masyarakat. Sebab kegiatan pembelajaran tidak hanya dilakukan di ruang kelas melainkan juga bisa dilaksanakan di luar lingkungan sekolah.


Akhirnya selamat buat anak-anak Pramuka, PMR dan Paskibra yang baru dilantik.




Tidak ada komentar:

Poskan Komentar