MUSIS dan LDKS SMPN 2 Bantarujeg Kabupaten Majalengka

MUSYAWARAH SISWA (MUSIS) SMP NEGERI 2 BANTARUJEG
Sebagai Salah satu tahapan pergantian pengurus OSIS SMP Negeri 2 Bantarujeg Kabupaten Majalengka adalah dilakukannya MUSIS atau Musyawarah Osis. Musis adalah sebuah modal dasar dari terciptanya situasi baru. Hasil akhir dari musis itu sendiri adalah terpilihnya Ketua OSIS dengan segenap jajarannya dengan dilengkapi Garis Besar Program Kerja (GBPK) OSIS untuk satu tahun ke depan yang terangkum dalam sebuah buku sakti yang kita kenal dengan nama Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga (AD-ART).

Tujuan lain dari Musyawarah Osis (MUSIS) selain sebagai sebuah kegiatan rutin MPK dalam rangka memilih dan menetapkan pengurus OSIS periode 2010-2011, juga sekaligus meminta pertanggungjawaban pengurus OSIS periode sebelumnya. Menilai pertanggungjawaban OSIS, dan menetapkan Program Kerja OSIS SMP Negeri 2 Bantarujeg untuk periode 2010-2011.


Adapaun yang menjadi dasar hukum pelaksanaan Musis adalah ; Agenda Tahunan Sekolah, Program Kerja PKS Kesiswaan, dan Program Kerja MPK periode 2009-2010. Tahun 2010 ini, pelasanaan Musis SMPN 2 Bantarujeg dilaksanakan dari mulai hari Rabu, 20 Januari dan direncanakan berakhir sampai dengan hari Kamis, tanggal 21 Januari 2010.



PEMILIHAN KETUA OSIS

Pemilihan Ketua OSIS periode 2010-2011 SMP Negeri 2 Bantarujeg Majalengka dilaksanakan pada hari Sabtu, 23 Januari 2010. perebutan kursi Ketua OSIS diikuti oleh 3 (tiga) orang peserta, yaitu Tedi Suprianto sebagai Kandidat nomor urut 1, Ii Santi Nursa'adah, Kandidat nomor urut 2, dan Risatul sebagai Kandidat nomor urut 3.
Proses seleksi terhadap ketiga Balon Ketua OSIS itu sendiri telah dilaksanakan pada hari Sabtu, 15 Januari 2010 dengan melibatkan dewan guru. Kemudian dilanjutkan pada tanggal 16 s.d. tanggal 19 Januari sebagai masa kampanye. Pada masa kampanye itulah, ketiga Balon menyampaikan Visi dan Misi mereka yang akan dijadikan sebagai acuan kepemimpinan mereka untuk satu tahun ke depan.

Dan, pada hari Sabtu, tanggal 23 Januari 2010 kemarin, pelaksanaan Pemilihan Langsung telah dilaksanakan. Dan hasilnya adalah Ii Santi Nursa'adah dari Kelas VIII-D keluar sebagai siswa nomor satu di SMP Negeri 2 Bantarujeg dengan perolehan suara 178 suara jauh melebihi kedua balon saingannya Tedi Supriyanto yang hanya meraih 92 suara, dan Risatul yang hanya memperoleh 29 suara saja.

LDKS (Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa)
Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa (LDKS) dilaksanakan sebagai sarana untuk memperkenalkan MPK, dan juga untuk memantapkan kepengurusan dan menjelaskan tugas serta kewajiban MPK.
Tentu saja, pesan utama dari LDKS adalah memberikan bimbingan dan gambaran tentang apa, kapan, dan bagaimana para pengurus OSIS dalam melakukan aksi dan reaksi dari program kerja yang telah ditetapkan. Penggambaran ini diharapkan akan memberikan nilai positif dalam rangka pembelajaran siswa dalam berorganisasi dan bermasyarakat dengan berpegang teguh kepada disiplin dan etika kerja. Sebagaimana yang tersirat dalam materi LDKS, yaitu Kebijakan Umum SMP Negeri 2 Bantarujeg, Kebijakan OSIS, Ekstra Kurikuler, Teori Kepemimpinan, Manajemen Organisasi, dan materi Tata Cara Sidang dan Pengambilan Keputusan.

LDKS pun dilaksanakan sebagai upaya peningkatan mutu kualitas sumber daya manusia (OSIS) yang cerdas, terampil, berahlaq mulia dan mampu hidup bersaing sebagai konsekuensi tuntutan dari perkembangan zaman saat ini. Alhasil, agar kegiatan ini mampu mencapai sasaran, program ini harus benar-benar terstruktur dengan baik, berkesinambungan dan dievaluasi secara berkala.
Dan hal inilah, sebenarnya yang menjadi tujuan akhir dari proses pelaksanaan Musis dan LDKS sebagai salah satu bagian dari Program Kerja PKS Kesiswaan SMP Negeri 2 Bantarujeg.  LDKS dan Manajemen, Musis (LPJ Pengurus lama, penyusunan Program Kerja, Pemilihan Ketua dan pengurus OSIS), serta Pembinaan masing-masing bidang kesiswaan adalah diantara dari bidang garapan PKS Kesiswaan.

Ditulis oleh: Kang Deris dan mun's


19 komentar:

  1. mas saya guru di bekasi minta seluruh silabus dan rpp semua mata pelajaran dari sd sampai sma

    BalasHapus
  2. Mohon maaf pa kalo RPP dan silabus dari SD sampai SMA untuk semua mata pelajaran saya belum punya. Saya hanya berbagi perangkat pembelajaran untuk SMP itupun masih belum lengkap :D.

    Terima kasih pa Ajo sudah berkunjung dan salam kenal.

    BalasHapus
  3. MOCHAMAD ZOEDIANTO M, S.Pd23 April 2010 pukul 20.36

    Pak saya kesiswaan di mtsn sumberbaru, tolong minta materi LDKS, krn di sekolah kami belum pernah mengadakan.

    BalasHapus
  4. MOCHAMAD ZOEDIANTO M, S.Pd28 April 2010 pukul 20.21

    MOCHAMAD ZOEDIANTO M, S.Pd EMAIL SAYA
    mochamad.martono@yahoo.co.id
    TERIMAKASIH SEBELUM DAN SESUDAHNYA ATAS BANTUANNYA PAK MUNS.

    BalasHapus
  5. Sudah saya kirim pak, silahkan dicek emailnya.

    Sama-sama pak Mochamad.
    Salam.

    BalasHapus
  6. MOCHAMAD ZOEDIANTO M, S.Pd30 April 2010 pukul 20.23

    terima kasih pak sudah masuk.

    BalasHapus
  7. MOCH. ZOEDIANTO M16 Mei 2010 pukul 17.10

    Mohon maaf pak Muns kalo saya merepotkan, saya minta program kerja kesiswaan dalam satu tahun dan lpj dari masing2 kegiatan yang tahun kemarin. trims ya.. pak. Pak Muns mengajar bidang study apa?

    BalasHapus
  8. Saya mengajar bidang study bahasa Inggris pak. Untuk program kesiswaan silahkan download DISINI. Namun untuk lpjnya mohon maaf saya ga punya arsipnya.

    BalasHapus
  9. Selamat kepada siswa SMPN 2 Bantarujeg Kabupaten Majalengka yang mungkin sekarang sudah memiliki ketua OSIS yang baru

    BalasHapus
  10. Assalamu'alaykum.
    Pak, saya boleh minta dikirimkan materi-materi LDKS, karna sekolah saya masih baru jadi belum punya materi-materinya. Kalau boleh, tolong kirim ke email saya, alamatnya
    nelly_wulandari@ymail.com
    Terima kasih

    BalasHapus
  11. Assalamu'alaykum.
    Pak, saya boleh minta dikirimkan materi-materi LDKS, karna sekolah saya masih baru jadi belum punya materi-materinya. Kalau boleh, tolong kirim ke email saya, alamatnya doniceku@yahoo.co.id

    BalasHapus
  12. pa boleh minta materi-materi LDKS, sekolah saya belum pernah mengadakan nya. kalau boleh, ini e-mail saya ibay_mh@yahoo.com

    BalasHapus
  13. pak minta program pembina osis untuk smp saya dan juga program kerja setiap sekbid

    BalasHapus
  14. Pak saya mau mengadakan LDKS, tapi belum ada materinya, bisa e-mail ke saya di nurkholily@yahoo.co.id, makasih pak.

    BalasHapus
  15. @Mr Akhmad Bendjamien:

    Pak untuk program kerja osis silahkan cari di menu download yg ada di sidebar sebelah kanan

    @anonim:

    Untuk download seputar keg. LDKS silahkan kunjungi http://rutira.blogspot.com/2011/06/latihan-dasar-kepemimpinan-siswa-ldks.html

    BalasHapus