Silabus dan RPP

Pada postingan sebelumnya saya telah menulis tentang Panduan Pengembangan RPP dan Pengembangan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), kali ini saya akan menulis tentang panduan RPP dan Silabus versi terbaru. Mudah-mudahan bisa membantu rekan-rekan yang akan menyusun RPP sebagai pegangan dalam melaksanakan pembelajaran di kelas.

DASAR HUKUM
  1. Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang SNP Pasal 20 “Perencanaan proses pembelajaran meliputi silabus dan rencana pelaksanaan pembelajaran yang memuat sekurang-kurangnya tujuan pembelajaran, materi ajar, metode pengajaran, sumber belajar, dan penilaian hasil belajar”
  2. Permendiknas Nomor 41 tahun 2007 tentang Standar Proses Untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah Pasal 1 ayat 1: Standar proses untuk satuan pendidikan dasar dan menengah mencakup: perencanaan proses pembelajaran, pelaksanaan proses pembelajaran, penilaian hasil pembelajaran  dan pengawasan proses pembelajaran. 
      Perencanaan proses pembelajaran meliputi silabus dan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) yang memuat identitas mata pelajaran, Standar Kompetensi, Kompetensi Dasar, indikator pencapaian kompetensi, tujuan pembelajaran, materi ajar, alokasi waktu ….
      SILABUS
      Silabus sebagai acuan pengembangan RPP memuat:
      1. Identitas mata pelajaran
      2. SK
      3. KD
      4. Materi pembelajaran
      5. Kegiatan pembelajaran
      6. Indikator pencapaian kompetensi
      7. Penilaian
      8. Alokasi waktu
      9. Sumber belajar
      Siapakah yang mengembangkan silabus?
      1. Guru (mandiri/berkelompok)
      2. MGMP
      3. Dinas Pendidikan
      Pengembangan silabus disusun dibawah supervisi disdik kokab untuk tingkat SD/SMP dan disdik Propinsi untuk tingkat SMA/SMK
      SILABUS
      Sekolah                : SMP ....................... Kelas                   : ................................ Mata Pelajaran     : BAHASA INGGRIS Semester              : .............................. Standar Kompetensi  
       
        
      KD

      Materi

      Pembelajaran

      Keg. Pembe-lajaran

      Indikator PK

      Penilaian

      Alokasi

      Waktu

      Sum-ber

      Be-lajar

      Teknik

      Bentuk

      Instrumen

      Contoh

      Instrumen

      1

      2

      3

      4

      5

      6

      7

      8

      9












































































































































































      RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
      • RPP dijabarkan dari Silabus untuk mengarahkan kegiatan belajar peserta didik dalam upaya mencapai KD yang telah ditetapkan

      • Setiap guru pada satuan pendidikan BERKEWAJIBAN menyusun RPP secara lengkap dan sistematis agar "paikem" dapat terlaksana

      • RPP disusun untuk setiap KD yang dapat dilaksanakan dalam satu kali pertemuan atau lebih.




      KOMPONEN RPP
      1. Identitas mata pelajaran (Satuan Pendidikan, Kelas, Semester, Mata Pelajaran, Jumlah pertemuan)
      2. Standar Kompetensi (SK)
      3. Kompetensi Dasar (KD)Indikator Pencapaian Kompetensi
      4. Tujuan Pembelajaran
      5. Materi Ajar
      6. Alokasi waktuMetode PembelajaranKegiatan Pembelajaran
      7. Penilaian Hasil Belajar
      8. Sumber Belajar
      KEGIATAN PEMBELAJARAN 
      • Kegiatan Pendahuluan
      1. Menyiapkan peserta didik secara psikis dan fisik untuk mengikuti proses pembelajaran
      2. Mengajukan pertanyaan yang mengaitkan pengetahuan sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari
      3. Menjelaskan tujuan pembelajaran atau KD yang akan dicapai
      4. Menyampaikan cakupan materi dan penilaiannya.
      • Kegiatan Inti
      1. Pelaksanaan kegiatan inti merupakan proses pembelajaran untuk mencapai KD yang dilakukan secara interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, memotovasi peserta didik untuk berpartisipasi aktif serta memberikan ruang yang cukup bagi prakarsa, kreativitas dan kemandirian
      2. Kegiatan inti menggunakan metode yang disesuaikan dengan karakteristik peserta didik dan mata pelajaran, yang dapat meliputi proses eksplorasi, elaborasi, dan konfirmasi.
      EKSPLORASI
      Kegiatan yang dilakukan guru:
      1. melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber;
      2. menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
      3. memfasilitasi terjadinya interaksi antar peserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
      4. melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
      5. memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
      ELABORASI
      Kegiatan yang dilakukan guru:
      1. Membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentuyang bermakna;
      2. Memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
      3. Memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
      4. Memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
      5. Memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar; 
      KONFIRMASI
      Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
      1. memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
      2. memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
      3. memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
      4. memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar: 
      • Kegiatan Penutup
      1. Guru bersama-sama dengan peserta didik dan atau sendiri menyimpulkan pelajaran 
      2. Guru melakukan refleksi terhadap kegiatan pembelajaran 
      3. Guru memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran 
      4. Guru merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk remidial, pengayaan atau pemberian tugas tambahan 
      5. Guru menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
      Format RPP
      RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
      (RPP No. ….)
      Sekolah                : ………………………………………………
      Mata Pelajaran     : ………………………………………………
      Kelas/Semester    : ………………………………………………
      Alokasi waktu      : ………………………………………………
      STANDAR KOMPETENSI:
      ………………………………………………………………………………………………………
      KOMPETENSI DASAR:
      ………………………………………………………………………………………………………
      TUJUAN PEMBELAJARAN :
      ………………………………………………………………………………………………………
      MATERI PEMBELAJARAN :
      ………………………………………………………………………………………………………
      METODA PEMBELAJARAN :
      ………………………………………………………………………………………………………
      LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
      PERTEMUAN KE …
      Kegiatan Pendahuluan
      ………………………………………………………………………………………………….
      Kegiatan Inti
      …………………………………………………………………………………………………
      Kegiatan Penutup
      …………………………………………………………………………………………………
      SUMBER BELAJAR
      …………………………………………………………………………………………………
      TUGAS TERSTRUKTUR/TUGAS MANDIRI TIDAK TERSTRUKTUR
      …………………………………………………………………
      PENILAIAN
      Pertemuan Ke …  
      Indikator PK
      Penilaian
      Teknik
      Bentuk
      Instrumen
















      Rubrik Penilaian        :
      Kunci Jawaban         :
      Pedoman Penilaian    :
            Nilai Akhir                :
      ****Terima Kasih & Selamat Berkarya****

    Tidak ada komentar:

    Poskan Komentar