Pengumuman Hasil UN SMP Negeri 2 Bantarujeg Majalengka

Rencana pengumuman hasil UN SD dan SMP pada hari Sabtu (20/06/2009) akhirnya jadi juga walaupun tidak seperti pengumuman hasil UN tahun-tahun sebelumnya yang diumumkan pada pagi hari. Kalau pada tahun-tahun sebelumnya pihak sekolah menerima hasil UN dari Dinas Pendidikan pada malam hari dan pada esok harinya langsung diumumkan, untuk tahun ini terjadi pengunduran jadwal rapat Dakolun (Daftar Kolektif UN) yang dilaksanakan pada hari Sabtu. Sehingga kemungkinan pengumuman kelulusan baru bisa diumumkan pada hari Senin(22/06/2009). Pengunduran ini diduga akibat pengunduran pengumuman UN untuk SMK dan MA sehingga imbasnya pengumuman SMP juga ikut telat.

Kontan saja para siswa SMPN 2 Bantarujeg yang sudah menunggu sejak pagi terpaksa kecewa, karena sampai pukul 12.00 WIB belum mengetahui kejelasan kelulusannya akhirnya dengan perasaan kecewa mereka pulang kerumah masing-masing. Sekitar pukul 14.30 WIB Kepala SMPN 2 Bantarujeg Ending Supardi Putra, M.Pd. dan Wakasek bidang Kurikulum Drs. Bahrudin yang bersama kepala sekolah lainnya sedang berada di Dinas Pendidikan Kabupaten Majalengka mengabarkan bahwa hasil UN sudah diterima, menurut beliau berdasarkan intruksi dari Kepala Dinas Pendidikan Kebudayaan Pemuda dan Olahraga kabupaten Majalengka, pengumuman kelulusan SMP harus dilaksanakan secara serentak pada hari itu juga.

Segera setelah mendapat kabar tersebut kami guru-guru yang sedang berada di sekolah langsung mengontak para siswa melalui sms agar datang ke sekolah untuk menerima pengumuman secara langsung. Dan sekitar pukul 16.30 WIB akhirnya hasil UN SMPN 2 Bantarujeg diumumkan secara langsung kepada para siswa. Setiap siswa menerima sebuah amplop yang berisi keterangan yang menyatakan LULUS atau TIDAK LULUS. Dan hasilnya adalah dari 146 peserta Ujian Nasional dan Ujian Sekolah Alhamdulillah LULUS 100%. Sehingga terjadi kenaikan dibandingkan dengan kelulusan tahun lalu yang hanya 99%.

Pengumuman hasil UN SMP tahun 2009 di beberapa daerah memang tidak seragam artinya pengumuman tersebut tidak dilakukan secara bersamaan meski pembagian Daftar Kolektif UN (Dakolun) diserahkan bersamaan pada hari Sabtu (20/06/2009) namun ada sekolah yang baru akan mengumumkan hasil UN pada siswanya pada hari Minggu dan Senin (22/06/2009) . Bukan hanya waktu yang berbeda, cara pengumuman hasil UN juga tidak seragam. Ada yang melalui pos, ada yang memanggil orang tua siswa ke sekolah dan ada juga yang langsung diberikan kepada siswa. Seperti yang dilaksanakan di SMPN 2 Bantarujeg yang diberikan secara langsung kepada siswa. Walaupun ini penuh resiko jika ada siswa tidak lulus tapi berdasarkan pengalaman tahun-tahun sebelumnya sampai saat ini belum pernah terjadi anak yang histeris ataupun mengamuk karena tidak lulus, keberadaan SMPN 2 Bantarujeg sangat kondusif bahkan para siswa yang lulus pun dalam mengekspresikan keberhasilannya dengan hal-hal yang wajar. Pihak sekolah melalui Pembina Kesiswaan dengan tegas melarang aksi corat-coret baju ataupun melakukan konvoi kendaran bermotor. Begitu juga Kepala Sekolah dalam arahannya mengatakan, dari pada baju seragam dicorat-coret, ada baiknya disumbangkan saja untuk adik-adik kelasnya yang mungkin saja sangat membutuhkan.

Akhirnya kami ucapkan selamat kepada seluruh siswa-siswi SMPN 2 Bantarujeg yang telah berhasil menempuh Ujian Nasional tahun 2009 jangan lupa untuk bersyukur kepada Allah SWT dan semoga tercapai apa-apa yang dicita-citakan. Amin

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar