Kisi-Kisi Soal Ujian Nasional SMP/MTs. Tahun Pelajaran 2009/2010

Menteri Pendidikan Nasional, M. Nuh mengatakan bahwa Departemen Pendidikan Nasional (Depdiknas) tidak akan menghapus penyelenggaraan ujian nasional. Depdiknas akan tetap lakukan ujian nasional pada Maret 2010 sambil menunggu salinan keputusan Mahkamah Agung (VIVAnews, 26 Nopember 2009). Dan akhirnya teka-teki jadi tidaknya Ujian Nasional (UN) 2010 digelar terjawab sudah setelah Depdiknas, melalui Sekjen Dody Nandika, menyatakan bahwa UN tahun 2010 akan tetap berlangsung, sebab hingga kini Depdiknas belum menerima salinan putusan Mahkamah Agung (MA) terkait kasasi tentang UN (Kompas 3 Desember 2009). Untuk itu buat para siswa yang akan menghadapi Ujian Nasional khususnya anak-anak SMPN 2 Bantarujeg Kabupaten Majalengka, berikut ini saya posting Kisi-Kisi Soal Ujian Nasional SMP/MTs. tahun pelajaran 2009/2010 yang saya ambil dari Salinan Lampiran Peraturan Mentri Pendidikan Nasional Nomor 75 Tahun 2009 tanggal 13 Oktober 2009.

Kisi-Kisi Soal Ujian Nasional SMP/MTs. Tahun Pelajaran 2009/2010

1. BAHASA INDONESIA SMP/MTs

No.

STANDAR KOMPETENSI LULUSAN

KEMAMPUAN YANG DIUJI

1.

MEMBACA

Membaca dan memahami berbagai ragam wacana tulis (artikel, berita, opini/tajuk, tabel, bagan, grafik, peta, denah), berbagai karya sastra

berbentuk puisi, cerpen, novel, dan drama.

Menentukan isi dan bagian suatu paragraf

Menentukan kritik terhadap isi bacaan

Menentukan isi dan penyajian teks berita, opini/tajuk

Menentukan kalimat fakta/pendapat

Menyimpulkan isi paragraf

Menentukan isi tajuk

Menyimpulkan isi grafik, tabel, bagan, peta, denah

Menentukan unsur intrinsik puisi

Menentukan unsur intrinsik cerpen

Menentukan perbedaan unsur intrinsik beberapa novel

Menentukan unsur intrinsik drama

2.

MENULIS

Menulis karangan nonsastra

dengan menggunakan kosakata yang bervariasi dan efektif dalam bentuk buku harian, surat resmi, surat pribadi, pesan singkat, laporan, petunjuk, rangkuman, slogan dan poster, iklan baris, teks pidato, karya ilmiah, dan

menyunting serta menulis karya sastra puisi dan drama.

Menulis catatan pengalaman pada buku harian

Menentukan isi pesan singkat sesuai konteks

Menulis/menentukan paragraf laporan

Menulis/melengkapi surat pribadi

Menulis/melengkapi surat resmi

Menulis/menentukan rangkuman

Menulis/menentukan slogan

Menulis/melengkapi petunjuk melakukan sesuatu

Menulis/melengkapi kutipan pidato

Menentukan unsur karya ilmiah (perumusan

permasalahan karya ilmiah, latar belakang karya

ilmiah)

Menyunting kalimat, ejaan/tanda baca, pilihan kata

Menulis/melengkapi pantun

Menulis/melengkapi puisi

Menulis/melengkapi drama

2. BAHASA INGGRIS SMP/MTs

No.

STANDAR KOMPETENSI LULUSAN

KEMAMPUAN YANG DIUJI

1.

READING (Membaca)

Memahami makna dalam wacana tertulis pendek baik teks fungsional maupun esai sederhana berbentuk deskriptif (descriptive, procedure, aupun report) dan naratif (narrative dan recount) dalam konteks kehidupan sehari-hari.

Menentukan gambaran umum, informasi rinci tersurat, informasi tersirat, makna kata/frasa/kalimat dalam teks berbentuk “caution

Menentukan gambaran umum, pikiran utama, informasi rinci tersurat, informasi tersirat, rujukan kata, makna kata/frasa/ kalimat dalam teks berbentuk kartu ucapan (greeting card)

Menentukan gambaran umum, pikiran utama, informasi rinci tersurat, informasi tersirat, rujukan kata, makna kata/frasa/ kalimat teks berbentuk pesan pendek (short message)

Menentukan gambaran umum, pikiran utama, informasi rinci tersurat, informasi tersirat, rujukan kata, makna kata/frasa/kalimat teks berbentuk undangan (invitation)

Menentukan gambaran umum, pikiran utama, informasi rinci tersurat, informasi tersirat, rujukan kata, makna kata/frasa/ kalimat dalam teks berbentuk pengumuman (announcement)

Menentukan gambaran umum, pikiran utama, informasi rinci tersurat, informasi tersirat, rujukan kata, makna kata/frasa/kalimat dari teks deskriptif (descriptive)

Menentukan gambaran umum, pikiran utama, informasi rinci tersurat, informasi tersirat, rujukan kata, makna kata/frasa/kalimat dalam teks berbentuk “recount”.

Menentukan gambaran umum, pikiran utama, informasi rinci tersurat, informasi tersirat, rujukan kata, makna kata/frasa/kalimat dalam teks berbentuk “procedure

Menentukan gambaran umum, pikiran utama, informasi rinci tersurat, informasi tersirat, rujukan kata, makna kata/frasa/kalimat dalam teks berbentuk “narrative

Menentukan gambaran umum, pikiran utama, informasi rinci tersurat, informasi tersirat, rujukan kata, makna kata/frasa/kalimat dalam teks berbentuk label

Menentukan gambaran umum, pikiran utama, informasi rinci tersurat, informasi tersirat, rujukan kata, makna kata/frasa/kalimat dalam teks berbentuk laporan (report)

Menentukan gambaran umum, pikiran utama, informasi rinci tersurat, informasi tersirat, rujukan kata, makna kata/frasa/kalimat dalam teks iklan (advertisement)

Menentukan gambaran umum, pikiran utama, informasi rinci tersurat, informasi tersirat, rujukan kata, makna kata/frasa/kalimat dalam teks berbentuk surat (letter)

2.

WRITING (Menulis)

Mengungkapkan makna secara tertulis teks fungsional pendek dan esai sederhana berbentuk deskriptif (descriptive, procedure, maupun report) dan naratif (narrative dan recount) dalam konteks kehidupan sehari-hari.

Menentukan kata yang tepat untuk melengkapi teks laporan (report) yang pendek.

Menentukan susunan kata yang tepat untuk membuat Kalimat

Menentukan susunan kalimat yang tepat untuk

membuat paragraph

Kompetensi Berdasarkan Ragam Keterampilan

No

Kompetensi

Sumber Ragam Teks

1.

Menentukan gambaran umum atau pikiran utama

Caution, greeting card, short message, invitation, announcement, descriptive, recount, procedure, narrative, report, advertisement, letter, dan label.

2.

Informasi tersurat dan informasi rinci tersurat

Caution, greeting card, short message, invitation, announcement, descriptive, recount, procedure, narrative, report, advertisement, letter, dan label.

3.

Informasi tersirat dan informasi rinci tersirat

Caution, greeting card, short message, invitation, announcement, descriptive, recount, procedure, narrative, report, advertisement, letter, dan label.

4.

Rujukan kata

Greeting card, short message, invitation, announcement, descriptive, recount, procedure, narrative, report, advertisement, letter, dan label.

5.

Makna kata/frasa/kalimat

Caution, greeting card, short message, invitation, announcement, descriptive, recount, procedure, narrative, report, advertisement, letter, dan label.

6.

Menyusun kata acak menjadi kalimat

Grammar: Declarative/statement, command/warning/short message

7.

Menyusun kalimat acak menjadi paragraf yang padu

Teks descriptive/ report/recount/ narrative

8.

Melengkapi teks rumpang ber-genre report pendek.

- Vocabulary

- Grammar: pronoun, conjunction, parts of speech, tense

3. MATEMATIKA SMP/MTs

No

STANDAR KOMPETENSI LULUSAN

KEMAMPUAN YANG DIUJI

1.

Menggunakan konsep operasi

hitung dan sifat-sifat bilangan, perbandingan, aritmetika sosial, barisan bilangan, serta penggunaannya dalam pemecahan masalah.

Menghitung hasil operasi tambah, kurang, kali dan bagi pada bilangan bulat

Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan

bilangan pecahan

Menyelesaikan masalah berkaitan dengan skala dan perbandingan

Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan jualbeli

Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan

perbankan dan koperasi

Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan barisan bilangan

2.

Memahami operasi bentuk aljabar, konsep persamaan dan pertidaksamaan linear, persamaan garis, himpunan, relasi, fungsi, sistem persamaan linear, serta menggunakannya dalam pemecahan masalah.

Mengalikan bentuk aljabar

Menghitung operasi tambah, kurang, kali, bagi atau kuadrat bentuk aljabar

Menyederhanakan bentuk aljabar dengan memfaktorkan

Menentukan penyelesaian persamaan linear satu

variabel

Menentukan irisan atau gabungan dua himpunan dan menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan irisan atau gabungan dua himpunan

Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan relasi dan fungsi

Menentukan gradien, persamaan garis dan grafiknya

Menentukan penyelesaian sistem persamaan linear dua variabel

3.

Memahami bangun datar, bangun ruang, garis sejajar, dan sudut, serta menggunakannya dalam pemecahan masalah.

Menyelesaikan soal dengan menggunakan teorema Pythagoras

Menghitung luas bangun datar

Menghitung keliling bangun datar dan penggunaan konsep keliling dalam kehidupan sehari-hari

Menghitung besar sudut pada bidang datar

Menghitung besar sudut yang terbentuk jika dua garis berpotongan atau dua garis sejajar berpotongan dengan garis lain.

Menghitung besar sudut pusat dan sudut keliling pada lingkaran

Menyelesaikan masalah dengan menggunakan konsep kesebangunan

Menyelesaikan masalah dengan menggunakan konsep kongruensi

Menentukan unsur-unsur bangun ruang sisi datar

Menentukan jaring-jaring bangun ruang

Menghitung volume bangun ruang sisi datar dan sisi lengkung

Menghitung luas permukaan bangun ruang sisi datar dan sisi lengkung

4.

Memahami konsep dalam statistika, serta menerapkannya dalam pemecahan masalah.

Menentukan ukuran pemusatan dan menggunakandalam menyelesaikan masalah sehari-hari

Menyajikan dan menafsirkan data

4. ILMU PENGETAHUAN ALAM SMP/MTs

No

STANDAR KOMPETENSI LULUSAN

KEMAMPUAN YANG DIUJI

1.

Melakukan pengukuran dasar secara teliti dengan menggunakan alat ukur yang sesuai dan sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari.kukan pengukuran dasar

Menentukan besaran fisika dan satuan yang sesuai

Membaca alat ukur

2.

Menerapkan konsep zat dan kalor serta kegunaannya dalam kehidupan sehari-hari.

Menentukan salah satu variabel dari rumus ρ =

Menjelaskan pengaruh suhu dan pemuaian dalam kehidupan sehari-hari

Menentukan salah satu variabel dari rumus kalor

3.

Menjelaskan dasar-dasar mekanika (gerak, gaya, usaha, dan energi) serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.

Membedakan jenis gerak lurus dan mengidentifikasi terjadinya gerak tersebut dalam kehidupan sehari-hari

Menentukan variabel dari rumus tekanan pada suatu zat

Menyebutkan perubahan energi pada suatu alat dalam kehidupan sehari-hari

Menentukan besaran fisika pada usaha dan energi

Mengidentifikasi jenis-jenis pesawat sederhana serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari

4.

Memahami konsep-konsep dan penerapan, getaran, gelombang, bunyi, dan optik dalam produk teknologi sehari-hari.

Menentukan salah satu besaran fisika pada getaran dan gelombang

Menjelaskan ciri dan sifat-sifat bunyi serta pemanfaatannya.

Menentukan berbagai besaran fisika jika benda

diletakkan di depan lensa atau cermin

Menentukan besaran-besaran pada alat optik dan

penggunaannya dalam kehidupan sehari-hari

5.

Memahami konsep kelistrikan dan kemagnetan serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.

Menjelaskan terjadinya gejala listrik statis serta

menentukan jenis muatan

Menentukan besaran fisika pada berbagai bentuk

rangkaian listrik

Menentukan besarnya energi dan daya listrik dalam kehidupan sehari-hari

Menjelaskan cara pembuatan magnet serta menentukan kutub-kutub yang dihasilkan

6.

Memahami sistem tata surya danproses yang terjadi didalamnya.

Menjelaskan karakteristik benda-benda langit dalam tata surya

Menjelaskan keterkaitan pasang naik dan pasang surut dengan posisi bulan

7.

Menjelaskan ciri-ciri dan

keanekaragaman makhluk hidup, komponen ekosistem serta interaksi antar makhluk hidup dalam lingkungan, pentingnya pelestarian makhluk hidup dalam kehidupan.

Mendeskripsikan ciri-ciri makhluk hidup

Mengidentifikasi ciri-ciri pada pengelompokan

makhluk hidup

Menjelaskan interaksi antar makhluk hidup dalam ekosistem

Menjelaskan usaha-usaha manusia untuk mengatasi pencemaran dan kerusakan lingkungan

Mengidentifikasi usaha manusia dalam melestarikan makhluk hidup

Memprediksi hubungan antara kepadatan populasi manusia dengan lingkungan

8.

Mengaitkan hubungan antara

struktur dan fungsi jaringan/organ-organ pada tumbuhan dan manusia.

Menentukan jenis tulang/sendi/otot pada alat gerak manusia beserta fungsinya

Menjelaskan sistem pencernaan dan enzim-enzim yang berperan pada proses pencernaan

Menjelaskan sistem peredaran darah pada manusia dan penyakit yang berhubungan dengannya

Menjelaskan proses pada sistem ekskresi (ginjal)

Menjelaskan sistem saraf pada manusia

Menjelaskan struktur dan fungsi jaringan/organ pada tumbuhan

Menjelaskan respons tumbuhan terhadap pengaruh lingkungan luar

Menjelaskan proses fotosintesis dan percobaanpercobaan tentang proses tersebut

9.

Mengaplikasikan konsep pertumbuhan dan perkembangan, kelangsungan hidup dan pewarisan sifat pada organism serta kaitannya dengan lingkungan, teknologi dan masyarakat.

Menjelaskan konsep perilaku makhluk hidup untuk mempertahankan kelangsungan hidupnya

Menginterpretasikan hasil persilangan berdasarkan hukum Mendel

Menjelaskan teknologi reproduksi yang tepat untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas organism disertai dengan contohnya

Menjelaskan pemanfaatan bioteknologi untuk

kehidupan manusia

10.

Menjelaskan bahan kimia alami dan buatan yang terdapat dalam bahan makanan dan pengaruhnya terhadap kesehatan.

Menentukan bahan kimia pada makanan yang

ditambahkan pada makanan

Mendeskripsikan pengaruh zat adiktif/psikotropika pada tubuh kita

Jika ingin mendownload PERMENDIKNAS Nomor 75 tahun 2009 tentang Ujian Nasional Sekolah Menengah Pertama/Madrasah Tsanawiyah (SMP/Mts), Sekolah Menengah Pertama Luar Biasa (SMPLB), Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah (SMA/MA), Sekolah Menengah Atas Luar Biasa (SMALB) dan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) tahun pelajaran 2009/2010 secara lengkap, silahkan klik DISINI.



6 komentar:

  1. bagus untuk un nanti

    BalasHapus
  2. kisi-kisi ini apa merupakan prediksi saja, apa sudah pasti.

    BalasHapus
  3. Sudah pasti bu, kisi-kisi/skl diatas saya salin dari Permendiknas no. 75 tahun 2009

    BalasHapus
  4. mga2 soal2nya nanti ga susah ia...

    BalasHapus
  5. apkh nie prediksi pasti... tpi aku harap ini prediksi pasti.spaya tmen2 yg lain bisa tau kisi2nya...

    BalasHapus
  6. wah salut bgt q dgn program osis kaleand,... di tahun neh,,... apakh programnya masih sama/tdk ceh.... q kpingin tw donk.....

    BalasHapus